Skin Care

INI CARA MENGECEK BPOM UNTUK MENGETAHUI KOSMETIK ASLI ATAU PALSU

Belakangan banyak ditemukan produk make up dan skincare yang mengandung bahan berbahaya tapi dijual bebas di pasaran. Walaupun terlihat memiliki nomor BPOM, tapi nyatanya banyak penjual nakal yang mencantumkan nomor BPOM palsu untuk menarik minat pembeli. Hal ini tentu bisa menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan produk yang Anda beli dan pakai. Agar bebas dari kekhawatiran, ada baiknya Anda cek dulu keaslian nomor BPOM yang tertulis di kemasan produk tersebut. Berikut ini cara mengecek BPOM yang bisa Anda lakukan.

 

Intip rangkaian Make-Up L'Oreal Paris yang cocok untuk Anda dengan Makeup Try-On

Coba Sekarang

Apa itu BPOM?

3 Cara Mengecek BPOM dan Langkah Pengecekannya

Semua Produk Serum Wajah L'Oréal Paris Telah Diuji oleh BPOM

Apa itu BPOM?

BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Lembaga ini mirip dengan European Medicines Agency (EMA) di Eropa dan Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, dengan tugas utamanya mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan yang ada di seluruh wilayah Indonesia.  

Tujuan dilakukannya pengawasan terhadap obat-obatan dan makanan adalah untuk memastikan seluruh produk sudah aman untuk dikonsumsi, tidak mengandung bahan berbahaya, atau dosisnya tidak sesuai aturan dan tidak merugikan konsumen. Hal ini juga berlaku pada produk make up dan skincare Anda. Karena kadang ada beberapa kandungan bahan di produk skincare yang perlu diawasi dosis pemakaiannya, berapa persentase kandungan bahan yang aman, dan bahan berbahaya yang sebaiknya tidak digunakan sama sekali.  

Dengan memastikan bahwa produk yang Anda gunakan memiliki nomor BPOM yang asli dan telah terdaftar, ini menandakan produk tersebut aman karena sudah melewati tes dan pengawasan dari BPOM.

3 Cara Mengecek BPOM dan Langkah Pengecekannya

Cara mengecek BPOM untuk memastikan produk yang Anda gunakan sudah aman dan terdaftar tidak sulit. Saat ini, pengecekan produk yang sudah memiliki nomor BPOM dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni secara manual serta daring melalui situs resmi dan aplikasi Cek BPOM. 

  1. Secara Manual

Cara mengecek BPOM yang pertama adalah dengan mengecek langsung nomor BPOM yang tertera di kemasan produk, biasanya terletak di bagian belakang atau di bawah kemasan. Nomor BPOM umumnya terdiri dari dua huruf yang diikuti 11 angka. Apabila jumlahnya lebih atau kurang, Anda harus curiga terhadap keaslian nomor BPOM tersebut. Ini merupakan langkah awal yang sederhana, tapi perlu dilakukan karena saat ini banyak penjual nakal yang berani memalsukan nomor BPOM dan membuatnya secara sembarang. 

  1. Kunjungi Situs Resmi BPOM

Setelah melakukan pengecekan manual, Anda bisa mengunjungi situs resmi untuk memeriksa keaslian nomor di kemasan produk. Cara mengecek BPOM lewat situs resmi adalah dengan membuka cekbpom.pom.go.id di browser internet. Setelah itu, lakukan cara mengecek BPOM berikut ini: 

1. Lakukan Pencarian Produk 

Di halaman awal, Anda akan menemukan pilihan untuk melakukan pencarian produk berdasarkan berbagai kriteria seperti nomor registrasi, nama produk, merk, bentuk sediaan, komposisi, dan nama pendaftar. 

2. Masukkan Nomor Registrasi 

Pilih opsi "nomor registrasi" dan masukkan nomor yang tertera di kemasan produk Anda ke dalam kolom yang tersedia. 

3. Klik Tombol "Cari" 

Setelah memasukkan nomor registrasi, klik tombol "Cari" untuk melanjutkan proses pencarian. 

4. Periksa Hasil Pencarian 

Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, informasi tentang produk akan muncul, termasuk nomor registrasi, nama produk, dan perusahaan yang mendaftarkannya. 

5. Verifikasi Informasi Produk 

Pastikan semua informasi yang ditampilkan sesuai dengan data produk yang Anda miliki untuk memverifikasi keaslian produk tersebut. 

  1. Melalui Aplikasi Cek BPOM

Selain melakukan pengecekan lewat situs, cara mengecek BPOM lainnya adalah melalui aplikasi Cek BPOM yang tersedia di App Store dan Play Store ponsel Anda. Cara mengecek BPOM via aplikasi, yakni: 

1. Unduh Aplikasi Cek BPOM 

Pasang aplikasi Cek BPOM yang tersedia di App Store untuk iOS atau Play Store untuk Android. 

2. Buka Aplikasi 

Setelah instalasi selesai, buka aplikasi di ponsel Anda. 

3. Pilih Opsi Pencarian 

Di layar utama aplikasi, Anda akan menemukan beberapa opsi pencarian seperti nomor registrasi, nama produk/nama dagang, atau nama produsen/importir. 

4. Masukkan Kata Kunci 

Ketikkan kata kunci yang sesuai di kolom Kata Kunci Pencarian untuk memulai pencarian produk yang diinginkan. 

5. Periksa Hasil Pencarian 

Setelah pencarian berhasil, aplikasi akan menampilkan detail produk, termasuk Nomor registrasi, Nama produk, Pendaftar, dan Tempat produk dibuat. 

6. Verifikasi Informasi 

Pastikan semua informasi yang ditampilkan sesuai dengan data pada produk Anda untuk mengonfirmasi keaslian produk tersebut. 

Pentingnya Memastikan Produk Skincare Terdaftar di BPOM

Produk skincare yang saat ini dijual di pasaran sangat banyak. Dilihat dari data BPOM saja, saat ini ada 404.293 produk kosmetik yang terdaftar di BPOM, belum lagi jumlah produk yang penjualannya ilegal. Dengan memilih produk yang sudah melalui cek BPOM skincare, Anda sudah mengambil langkah awal untuk memastikan bahwa kualitas produk dan keamanannya sudah memenuhi ketentuan dari BPOM.  

Produk-produk skincare yang tidak terdaftar di BPOM dan tidak melalui scan cek BPOM sebaiknya Anda hindari pemakaiannya karena kandungan bahan-bahan serta dosisnya tidak bisa dipastikan aman untuk kulit wajah. Informasi yang terdapat di kemasan produk ataupun klaim dari produsen tidak terjamin kebenarannya karena tidak ada pihak yang menguji sebelum dipasarkan dan mengawasi peredarannya agar tidak menyalahi aturan. Itulah mengapa sangat penting untuk tahu dan paham cara mengecek BPOM dari produk kecantikan Anda, termasuk produk skincare, agar Anda terhindar dari masalah yang tidak diinginkan saat melakukan perawatan kulit. 

Menurut laporan BPOM, bahan berbahaya yang ditemukan di produk kosmetika ilegal di antaranya adalah merkuri, yang banyak disalahgunakan untuk memutihkan kulit padahal bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan mengakibatkan cacat pada janin. Ada pula hydroquinone yang juga banyak disalahgunakan untuk memutihkan kulit, padahal potensi untuk membuat kulit iritasi sangat besar jika digunakan tanpa pengawasan dokter kulit. Pemakaian produk dengan kandungan hydroquinone sampai lebih dari enam bulan akan membuat kulit menghitam (ochronosis) dan kemungkinan besar tidak bisa dapat dipulihkan.

Semua Produk Serum Wajah L'Oréal Paris Telah Diuji oleh BPOM

Jika Anda pengguna produk-produk kosmetik dari L'Oréal Paris maka tidak perlu khawatir karena bisa dipastikan semua produknya telah teruji oleh BPOM secara resmi dan memiliki nomor registrasi di setiap kemasannya. Ini termasuk semua produk serum yang membantu Anda mengatasi masalah kulit wajah; semua merupakan produk kosmetik yang terdaftar di BPOM. Dengan demikian, produk-produk ini terjamin kualitas dan aman untuk Anda pakai. 

Produk-produk serum wajah pilihan dari L'Oréal Paris memiliki kandungan bahan aktif dengan konsentrasi tertinggi untuk merawat wajah Anda, sehingga efektif untuk memberi hasil berupa wajah yang tampak muda dan bercahaya. Produk-produk tersebut adalah: 

Pentingnya mengetahui cara mengecek BPOM akan memastikan keamanan dan kenyaman dalam memakai produk skincare Anda. Untuk mendapatkan produk serum wajah dari L'Oréal Paris yang sesuai kebutuhan, Anda bisa berkunjung ke website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko produk kecantikan terdekat. 

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/cara-mengecek-bpom-untuk-mengetahui-kosmetik-asli-atau-palsu" }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "Thing", "subjectOf": { "@type": "ItemList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/5-cara-mencerahkan-kulit-wajah-secara-alami", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/5 cara mencerahkan kulit wajah secara alami", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-18T11.04.18+00:00", "dateModified": "2023-10-18T11.05.22+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Tinggal di negara tropis, terik matahari berisiko membuat kulit menjadi kusam, terutama di area wajah. Tak heran, banyak wanita Indonesia terus berusaha menemukan cara mencerahkan kulit wajah, kalau bisa secara alami." } }, { "@type":"ListItem", "position": 2, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/cara-mencerahkan-wajah-dan-merawatnya-dengan-sheet-mask", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/cara mencerahkan wajah dan merawatnya dengan sheet mask", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-20T17.12.59+00:00", "dateModified": "2023-10-20T17.13.34+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Dalam beberapa tahun terakhir, sheet mask telah menjadi andalan para wanita di dunia sebagai cara mencerahkan wajah dan melembapkan kulit dengan instan^. Cukup memakai sheet mask 15-20 menit saja lalu dilanjutkan dengan memijat wajah untuk penyerapan sisa serum, kulit wajah yang kusam langsung terlihat cerah dan berkilau juga terasa lembap dan lembut. " } }, { "@type":"ListItem", "position": 3, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/3-manfaat-masker-untuk-mencerahkan-wajah-kusam", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/3 manfaat masker untuk mencerahkan wajah kusam", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-11-20T03.41.54+00:00", "dateModified": "2023-11-20T03.42.32+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat wajah terlihat kusam, langsung gunakan saja masker untuk mencerahkan wajah kusam dan dapatkan berbagai manfaatnya." } }, { "@type":"ListItem", "position": 4, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/selain-mencerahkan-ini-5-manfaat-niacinamide-lainnya", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/selain mencerahkan ini 5 manfaat niacinamide lainnya", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2022-06-21T09.50.32+00:00", "dateModified": "2023-10-19T04.14.52+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Inovasi di dunia kecantikan dan perawatan kulit tak pernah berhenti. Pada setiap masa, selalu ada bahan-bahan aktif yang menjadi tren karena terbukti efektivitasnya dalam merawat kulit wajah. Sejak tahun lalu, niacinamide menjadi salah satunya. Berbagai manfaat niacinamide yang memberi hasil nyata saat dijadikan kandungan produk perawatan kulit wajah membuatnya menjadi bahan aktif favorit yang banyak dicari." } }, { "@type":"ListItem", "position": 5, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/selain-mencerahkan-ini-5-manfaat-niacinamide-lainnya", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/selain mencerahkan ini 5 manfaat niacinamide lainnya", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2021-11-01T12.07.11+00:00", "dateModified": "2022-01-06T15.00.48+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Inovasi di dunia kecantikan dan perawatan kulit tak pernah berhenti. Pada setiap masa, selalu ada bahan-bahan aktif yang menjadi tren karena terbukti efektivitasnya dalam merawat kulit wajah. Sejak tahun lalu, niacinamide menjadi salah satunya. Berbagai manfaat niacinamide yang memberi hasil nyata saat dijadikan kandungan produk perawatan kulit wajah membuatnya menjadi bahan aktif favorit yang banyak dicari." } }, { "@type":"ListItem", "position": 6, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/rahasia-skincare-untuk-mencerahkan-wajah", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/rahasia skincare untuk mencerahkan wajah", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-20T18.02.02+00:00", "dateModified": "2023-10-20T18.03.04+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat kulit wajah terlihat kusam, wajar jika Anda merasa kurang percaya diri. Untungnya, membuat wajah tampak cerah bisa dilakukan dengan cepat menggunakan produk skincare mencerahkan wajah. Masukkan perawatan ini dalam ritual harian kecantikan Anda setiap hari untuk hasil yang optimal, diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Lantas, seperti apa cara kerja skincare mencerahkan wajah dan menghilangkan kusam?" } } ] } }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "item": { "@id": "/", "name": "Home" } } , { "@type":"ListItem", "position": 2, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine", "name": "Beauty Magazine" } } , { "@type":"ListItem", "position": 3, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/skin-care", "name": "Beauty Magazine Skin Care" } } , { "@type":"ListItem", "position": 4, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/cara-mengecek-bpom-untuk-mengetahui-kosmetik-asli-atau-palsu", "name": "beauty magazine/cara mengecek BPOM untuk mengetahui kosmetik asli atau palsu" } } ] }