Make Up CARA MEMILIH MASKARA YANG BAGUS UNTUK BULU MATA

Memilih produk makeup yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda memang tidak mudah. Kadang butuh mendengarkan banyak rekomendasi dan menyeleksi yang dirasa paling sesuai; itu pun harus trial dahulu untuk benar-benar memastikan cocok atau tidaknya. Begitu pula dengan mencari maskara yang bagus, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Jika pilihan tepat, maka maskara akan membuat mata Anda terlihat bulat, besar, dan menonjol. Intip cara mudah memilih maskara yang bagus berikut ini!

Beda Kondisi Bulu Mata, Beda Kebutuhannya

Pilihan Formula dan Bentuk Sikat Maskara sesuai Bulu Mata

Pertimbangkan Aktivitas Saat Memilih Maskara yang Bagus

Jangan Lupa dengan Sensitivitas Mata

Ketahui Warna Rambut dan Alis 

Sesuaikan dengan Budget

1. Beda Kondisi Bulu Mata, Beda Kebutuhannya

Sama seperti rambut, bulu mata juga memiliki folikel yang berbeda-beda pada setiap orang. Ini yang membuat paduan antara tekstur (halus, normal, atau kasar), lengkungan (lentik atau lurus), dan panjang (panjang atau pendek) bulu mata menjadi berbeda-beda. 

Saat ingin mencari maskara terbaik, Anda terlebih dahulu harus mengetahui seperti apa kondisi bulu mata Anda. Ada bulu mata yang panjang tapi helaiannya cenderung halus sehingga butuh maskara yang dapat menebalkan dan melentikkan, ada pula bulu mata yang tebal dan panjang tapi tumbuh lurus sehingga butuh maskara yang melentikkan. 

Anda tak perlu khawatir, apapun kondisi bulu mata Anda, akan ada produk maskara yang bagus yang dapat membantu membuatnya tampak lebih tebal, lentik, dan panjang. Andaikan tidak dapat ditemukan satu produk maskara yang pas, Anda bisa menggunakan dua jenis maskara yang memberi manfaat berbeda sehingga bentuk bulu mata idaman bisa Anda dapatkan.

2. Pilihan Formula dan Bentuk Sikat Maskara sesuai Bulu Mata

Hal yang menentukan dari maskara untuk membantu bulu mata Anda menjadi tampak lebih tebal, lentik, dan panjang adalah paduan bentuk sikat dengan formulanya. Berikut ini beberapa saran dari para ahli mengenai paduan sikat dan formula maskara yang bagus sesuai dengan kondisi bulu mata Anda:

- Bulu mata panjang tapi tumbuh lurus

 Pilih maskara yang memiliki formula melentikkan (curling) dengan bentuk sikat yang melengkung sehingga dapat mengangkat bulu mata dan membuatnya tampak lebih lentik. Anda bisa terlebih dahulu menjepit bulu mata sebelum aplikasi maskara agar lentiknya semakin terlihat.

- Bulu mata pendek dengan tekstur halus

Pilih maskara yang bagus dengan formula mengandung fiber sehingga dapat membuat bulu mata menjadi lebih tebal dan lebih panjang. Untuk aplikasinya, biasanya sikat maskara memiliki tongkat yang langsing namun sikatnya padat sehingga dapat melapisi setiap helai bulu mata dengan maskara secara merata dari pangkal sampai ujung.

- Bulu mata halus dan jarang

 Maskara yang memberi volume (volumizing) paling tepat untuk digunakan bagi kondisi bulu mata ini karena dapat memberi kesan bulu mata yang lebat dan helaiannya tebal. Aplikasinya menggunakan sikat yang padat dan tebal karena dapat membuat setiap bulu mata lebih bervolume.

- Bulu mata yang lebat dan tebal

Kondisi bulu mata seperti ini tetap butuh aplikasi maskara untuk membuat bulu mata terdefinisi (lash defining) dan tampak rapi. Maskara dengan tongkat sikat yang langsing dan bulu sikat yang seperti berduri akan membantu mendapatkan hasil ini.

3. Pertimbangkan Aktivitas Saat Memilih Maskara yang Bagus

Aktivitas sangat berpengaruh dengan jenis atau tipe maskara. Jika Anda akan sangat sibuk beraktivitas sehingga tak punya waktu untuk touch up riasan wajah, maka pilih maskara yang dapat bertahan lama. Akan lebih baik jika merupakan maskara anti air atau waterproof serta smudge-proof sehingga tidak mencoreng. Jika banyak beraktivitas di luar ruangan, pilih yang bersifat sweat-proof atau sweat resistant agar tak luntur saat terkena keringat. 

4. Jangan Lupa dengan Sensitivitas Mata

Bagi pemilih mata yang sensitif atau mengenakan lensa kontak, bisa memilih maskara dengan sifat hypoallergenic dan dibuat di bawah pengawasan ophthalmologist. Selain itu, pilih maskara waterproof terbaik yang mudah dibersihkan sehingga tidak membuat mata iritasi dan bulu mata rontok saat membersihkannya.

5. Ketahui Warna Rambut dan Alis 

Anda bisa menyesuaikan warna maskara yang digunakan dengan warna rambut dan alis. Jika rambut dan alis Anda berwarna gelap, maka maskara dengan warna hitam cocok untuk Anda. Namun jika warnanya lebih terang karena diwarnai, maka penggunaan maskara warna cokelat akan membuatnya lebih natural untuk sehari-hari.

6. Sesuaikan dengan Budget

Anda tentu ingin mendapatkan maskara yang berkualitas tapi dengan harga yang terjangkau. Apalagi jika Anda menggunakan maskara sehari-hari sehingga budget untuk pembelian produk make up mata ini bisa membengkak. Anda harus bisa lebih selektif memilih maskara yang bagus dan murah sehingga bersahabat dengan kantong. 

Rekomendasi Maskara yang Bagus untuk Memberi Volume 

Jika maskara yang volumizing menjadi pilihan Anda, maka tak perlu repot mencari maskara yang bagus karena telah hadir L'Oréal Paris Air Volume Mega Mascara Easy Waterproof. Maskara ini membantu membuat bulu mata memiliki mega volume tapi terasa seringan udara saat dipakai. Air-injected formula dengan whipped melting waxes memberi efek menebalkan bulu mata tapi tetap terasa ringan. Formula ini juga yang mengunci volume di bulu mata sehingga terlihat lebat dan tebal sampai 48 jam.

L'Oréal Paris Air Volume Mega Mascara Easy Waterproof memiliki sikat double-bristle dengan cushion yang unik sehingga dapat menjangkau, memisahkan, dan menebalkan bulu mata dari akar hingga ujung. Sikat ini membuat setiap helai bulu mata terlapisi dengan sempurna untuk memberi hasil bulu mata yang bervolume dan lentik. Formulanya yang waterproof serta smudge, flake, dan sweat resistant membuat maskara tidak akan mencoreng, menggumpal, dan rontok setelah diaplikasikan.

Keunggulan lain dari maskara L'Oréal ini adalah cara membersihkannya yang sangat mudah, hanya menggunakan air hangat saja. Anda cukup basahi kapas atau cotton pad menggunakan air hangat, kompres sebentar di mata, lalu bersihkan sisa maskara di bulu mata. Maskara ini aman digunakan oleh mata yang sensitif karena telah diuji hypoallergenic dan lembut di mata. 

L'Oréal Paris Air Volume Mega Mascara Easy Waterproof dapat menjadi pilihan maskara yang bagus jika Anda ingin memiliki bulu mata dengan volume yang ekstra. Anda bisa mendapatkan maskara ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai E-commerce ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.