Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dengan Mudah Di Rumah

Hair Care CARA MELURUSKAN RAMBUT SECARA ALAMI DENGAN MUDAH DI RUMAH

Walau Anda mencintai rambut Anda dengan segala kelebihan dan kekurangannya, tapi tak ada salahnya jika Anda sesekali ingin tampil dengan gaya berbeda dari tipe rambut asli Anda. Jika tipe rambut Anda ikal atau keriting, tampil dengan rambut yang lurus dan sleek bisa Anda lakukan sebagai variasi penampilan. Tak perlu ke salon, Anda bisa mendapatkan tampilan rambut tersebut dengan menerapkan cara meluruskan rambut secara alami di rumah.

Tipe-Tipe Rambut dan Penjelasannya

5 Cara Meluruskan Rambut secara Alami yang Mudah Dilakukan

Perawatan dengan L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture agar Rambut Tampak Lurus

Tipe-Tipe Rambut dan Penjelasannya

Di dunia ini, ada empat tipe rambut yang menjadi acuan para penata rambut. Masing-masing dari tipe rambut ini kemudian diturunkan menjadi bentuk dan tekstur yang sesuai. Keempat tipe rambut tersebut adalah:

  • Tipe lurus. Tipe ini terbagi menjadi rambut lurus dan halus, rambut lurus dengan sedikit gelombang, dan rambut lurus dengan struktur kasar.
  • Tipe bergelombang. Tipe ini terbagi menjadi rambut bergelombang dan halus, rambut bergelombang dengan sedikit bentuk S, dan rambut bergelombang dengan bentuk S yang terdefinisi dengan baik.
  • Tipe ikal. Tipe ini terbagi menjadi ikal longgar, ikal ketat dengan bentuk seperti per, dan ikal berbentuk Z atau S yang kembali ke bentuk semula jika rambut ditarik.
  • Tipe keriting. Tipe ini terbagi menjadi keriting longgar, keriting berbentuk zigzag, dan keriting ketat.

Selain jenis rambut, memahami tipe dan bentuk rambut akan mempermudah Anda dalam menentukan perawatan dan penataan rambut yang tepat. Misalnya, terlalu sering menyisir dan menyikat rambut tipe ikal dapat merusak bentuk ikalnya. Atau, rambut lurus cenderung lebih lembap dibandingkan tipe rambut lainnya, karena minyak alami dari kulit kepala lebih mudah tersebar di rambut. Namun kondisi ini juga membuat rambut lurus lebih cepat berminyak dibanding tipe rambut lainnya.

5 Cara Meluruskan Rambut secara Alami yang Mudah Dilakukan

Jika Anda ingin rambut tampak lurus dan lembut, maka bisa mencoba cara meluruskan rambut secara alami berikut. Harus Anda pahami bahwa tidak semua tipe rambut dapat menerapkan cara meluruskan rambut yang direkomendasikan ini. Jika Anda yang memiliki rambut tipe ikal dan keriting, maka proses pelurusan rambut sebaiknya dilakukan di salon oleh ahlinya agar hasilnya sesuai dengan harapan.

1. Memakai rol rambut

Cara luruskan rambut yang paling disarankan para hairstylist jika ingin tanpa penggunakan alat-alat penata rambut dengan panas tinggi adalah memakai rol rambut ukuran besar. 

Cara pemakaiannya sangat mudah. Di rambut yang masih setengah basah setelah keramas, aplikasikan krim smoothing dengan merata. Setelah itu, mulai bagi rambut untuk memasang rol. Jumlah rol tergantung dari tipe dan volume rambut Anda, sekitar 6-8 rol besar. Gulung rambut sampai sedekat mungkin dengan akar rambut, lalu jepit rol rambut agar tidak copot. Biarkan sampai rambut benar-benar kering baru lepaskan rol rambut. 

2. Masker rambut dengan minyak tumbuhan

Memakai masker rambut dari beberapa bahan alami dipercaya sebagai cara agar rambut lurus. Campuran minyak kelapa dan minyak castor yang dihangatkan dipercaya dapat merawat kulit kepala sekaligus membantu melembutkan rambut sehingga tampak lurus. Usapkan campuran minyak yang sudah dihangatkan ke seluruh rambut dan kulit kepala, lalu pijat kulit kepala selama 10 menit. Diamkan masker minyak ini selama 30 menit, lalu Anda bisa mencuci rambut menggunakan shampo dan air hangat.

3. Flat wrap

Cara ini banyak digunakan oleh perempuan zaman dahulu sebagai cara meluruskan rambut secara alami dalam 1 hari. Tak hanya tampak lurus, rambut juga terlihat rapi. Untuk menerapkan cara meluruskan rambut secara alami ini, Anda butuh jepit rambut hitam ukuran besar sebanyak 5-10 buah dan scarf berbahan satin.

Pertama-tama, bagi rambut menjadi beberapa bagian. Ambil satu bagian rambut, sisir sampai rapi, lalu lilitkan rambut untuk membungkus kepala. Lakukan dengan sedikit ditarik agar rambut tetap rapi dan lurus. Sematkan jepit rambut di beberapa tempat agar rambut yang sudah dililit tidak bergeser. Lakukan cara ini di semua bagian rambut. Setelah itu, bungkus kepala dengan scarf sehingga tetap rapi saat Anda tidur. 

4. Disikat terus-menerus

Agar rambut yang bergelombang bisa lurus dan lembut, maka cara meluruskan rambut secara alaminya adalah dengan menyikat rambut terus- menerus sampai kering. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan sikat rambut khusus untuk rambut basah sehingga dapat mengurai rambut yang kusut tanpa membuat rontok.

Di rambut yang masih setengah basah, aplikasikan leave-in conditioner lalu bagi rambut menjadi beberapa bagian. Ambil satu bagian, lalu sikat lurus rambut selama beberapa menit. Setelah itu, diamkan rambut selama 5-10 menit, kemudian sikat lagi rambut. Lanjutkan di seluruh rambut dengan cara yang sama. 

5. Memakai produk perawatan rambut yang melembapkan dan melembutkan rambut

Rambut yang lembut, lemas, dan jatuh akan cenderung terlihat lebih lurus dibandingkan rambut yang kering dan dehidrasi. Untuk mendapatkannya, Anda bisa terapkan cara meluruskan rambut secara alami dengan mengganti produk-produk perawatan rambut di rumah dengan yang memberi manfaat melembapkan dan melembutkan rambut. 

Perawatan dengan L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture agar Rambut Tampak Lurus

Terinspirasi dari produk skincare yang menggunakan kandungan hyaluronic acid, rangkaian L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture hadir untuk membantu Anda merawat rambut agar lembap dan terurai indah. Rangkaian ini terdiri dari shampo, kondisioner, dan hair night cream dengan formula hyaluronic acid yang pertama di Indonesia. 

Hyaluronic acid dikenal dapat menahan air lebih dari beratnya sendiri hingga 1000x, karena itu dapat membantu menghidrasi dan menjaga kelembapan rambut. Inovasi ini terbukti dapat mengunci kelembapan di rambut sampai 72 jam sehingga rambut menjadi lebih lembut dan terurai indah tanpa lepek. Pemakaian rangkaian L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture secara teratur menjadi cara meluruskan rambut secara alami yang mudah.

Untuk menerapkan cara meluruskan rambut secara alami di rumah, Anda bisa dapatkan rangkaian L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture terlebih dahulu. Bisa secara online di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace terkemuka, atau membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.

 

Foto oleh Freestocks