Make Up CARA AGAR BIBIR TIDAK KERING DI CUACA PANAS

Masuk musim kemarau, tubuh cenderung mudah mengalami dehidrasi. Salah satu dampaknya adalah kulit menjadi kering termasuk bibir Anda. Tampil dengan bibir yang kering dan pecah-pecah tentu akan sangat tidak nyaman dan mengganggu. Untuk itu, Anda butuh cara agar bibir tidak kering di cuaca panas.

Mengenal Penyebab Bibir Kering

Pilihan Lip Gloss Untuk Bibir Kering

Cegah Bibir Kering dengan Cara Ini

Tips Perawatan dan Cara Agar Bibir Tidak Kering

Mengenal Penyebab Bibir Kering

Masalah bibir kering memang terdengar sepele, namun ini bisa sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman Bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya, membuatnya lebih rentan kering dan pecah-pecah.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Cuaca panas yang ekstrem diketahui bisa menyebabkan bibir pecah-pecah karena kulit Anda mengalami dehidrasi akibat banyaknya keringat yang keluar. Penyebab umum lain dari bibir pecah-pecah adalah kebiasaan menjilati bibir. Air liur dapat menghilangkan kelembapan bibir, menyebabkan bibir menjadi lebih kering dan akhirnya mengalami pecah-pecah.

Beberapa kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, seperti kurang nutrisi, bibir mengalami iritasi, dan efek samping obat-obatan. Kondisi tersebut bisa semakin memburuk jika bibir tidak dirawat dengan baik. Anda harus waspada saat gejala-gejala bibir pecah-pecah muncul, seperti bibir terasa kering bahkan sampai mengelupas, kulit bibir terasa bersisik, serta terdapat luka yang membuat bibir bengkak dan berdarah.

Pilihan Lip Gloss Untuk Bibir Kering

Memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah tentu saja membuat rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Bahkan kondisi ini juga menyebabkan Anda tidak bisa mengaplikasikan produk make up bibir dengan baik. Ada beberapa cara mengatasi bibir kering yang dapat Anda terapkan, salah satunya adalah menggunakan lipstik untuk bibir kering. Formula lipstik yang bisa Anda pilih adalah yang mengandung bahan yang bisa merawat bibir yang kering. 

Selain menggunakan lipstik, Anda juga bisa menggunakan lip gloss untuk bibir kering sebagai pilihan produk make up bibir Anda. Pilih lip gloss yang memiliki kandungan bahan yang melembapkan seperti yang biasa Anda temukan dalam produk skincare, misalnya hyaluronic acid, glycerin, dan sunflower oil. Produk lip gloss ini dapat berfungsi ganda sebagai produk make up sekaligus sebagai cara agar bibir tidak kering. 

Satu produk make up bibir yang harus Anda pertimbangkan adalah L’Oréal Paris Brilliant Signature Plump-in-Gloss. Produk ini dapat membantu membuat bibir Anda berkilau dengan intens tapi tidak berlebihan sehingga bibir tampak bervolume dan segar, membuat keseluruhan make up wajah tampak lebih anggun. 

L’Oréal Paris Brilliant Signature Plump in-Gloss merupakan lip gloss pertama dari L’Oréal Paris yang diperkaya dengan hyaluronic acid dan collagen complex yang membantu menghidrasi seketika dan merawat bibir sehingga bibir tampak lebih lembut, memiliki tekstur yang halus, dan tampak kenyal. Efek jangka panjang penggunaan lip gloss ini sangat baik sebagai cara agar bibir tidak kering karena dapat membantu memperbaiki kondisi bibir menjadi lebih lembap. 

Formula yang ringan dan tidak lengket akan terasa nyaman saat diaplikasikan di bibir dan menempel seharian, sehingga cocok sebagai cara agar bibir tidak kering sekaligus mempercantik bibir Anda. Bentuk aplikatornya yang unik membuat Anda dengan mudah mengaplikasikan lip gloss tanpa berlebihan. L’Oréal Paris Brilliant Signature Plump-in-Gloss tersedia dalam delapan varian warna, terdiri dari tujuh pilihan warna dan satu bening yang bisa Anda aplikasikan di atas lipstik atau langsung di bibir.

Cegah Bibir Kering dengan Cara Ini

Setelah memahami berbagai penyebab kenapa bibir kering, sekarang saatnya Anda mengetahui cara mengatasi bibir kering dan mengelupas serta pencegahannya. Jika Anda khawatir mengalami bibir kering dan pecah-pecah, sebelum hal ini terjadi sebaiknya Anda melakukan pencegahan seperti berikut ini.

- Jangan menjilati bibir Anda. Tindakan ini hanya akan membuat bibir semakin kering. Karena air liur menguap dengan cepat, bibir Anda malah akan jadi lebih kering daripada sebelumnya.

- Lindungi bibir dengan kandungan sunscreen. Jika Anda berencana untuk banyak beraktivitas di luar rumah, maka jangan lupa untuk memakai lip balm dengan kandungan sunscreen. Ini akan membantu menjaga bibir Anda agar tetap lembap dan tidak terbakar sinar matahari. Aplikasikan lip balm paling tidak setiap dua jam sekali dan setiap Anda selesai makan dan minum.

- Menggunakan masker saat beraktivitas di luar. Di wilayah ketinggian, suhu yang panas sering kali dibarengi dengan angin yang dingin sehingga dapat menjadikan bibir Anda kering. Menutupi mulut menggunakan masker ketika Anda di luar ruangan merupakan cara agar bibir tidak kering dan terlindungi yang tepat.

- Hindari paparan iritan. Anda mungkin memiliki bibir sensitif yang rentan iritasi saat bersentuhan dengan parfum, pewarna, atau pengawet. Jadi, hindari menggunakan produk kosmetik dan produk lainnya yang mengandung ketiga bahan ini untuk mencegah bibir kering.

- Jaga hidrasi tubuh dengan baik. Cuaca panas bisa membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi. Pastikan untuk minum banyak air untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit dan bibir kering. Anda juga dapat menggunakan humidifier yang membuat udara di rumah Anda menjadi lebih lembap. 

Tips Perawatan dan Cara Agar Bibir Tidak Kering

Jika Anda sudah terlanjur mengalami bibir kering dan pecah-pecah, maka Anda bisa terapkan cara agar bibir tidak kering berikut ini agar tidak semakin parah. Lakukan perawatan dengan tepat agar bibir Anda kembali sehat dan lembap. 

- Eksfoliasi dengan lembut

Saat bibir Anda pecah-pecah, bibir menjadi kasar dan mengelupas. Hindari menarik-narik kulit bibir yang mengelupas karena dapat menyebabkan bibir berdarah, apalagi jika Anda melakukannya saat bibir dalam kondisi kering. Anda bisa menggunakan eksfolian berupa scrub bibir yang bertekstur lembut untuk mengelupas kulit bibir yang sudah kering ini. Pastikan untuk melanjutkan perawatan  dengan memakai lip balm.

- Melembapkan bibir

Gunakan lip balm atau lip butter yang memiliki kandungan lilin lebah, minyak kelapa, dan cocoa butter sebagai cara melembapkan bibir kering. Oleskan lebih banyak di malam hari sebelum Anda tidur. Anda juga dapat mengoleskan petroleum jelly di bibir sebagai alternatif.

Memadukan tips pencegahan dan perawatan bibir kering merupakan penerapan cara agar bibir tidak kering yang efektif. Jika Anda ingin mendapatkan L’Oréal Paris Brilliant Signature Plump-in-Gloss yang bagus untuk bibir kering dan memberikan efek glossy, Anda bisa membelinya secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store LOréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama di kota Anda.