Bukan Hanya Kurang Tidur Ini 12 Penyebab Kantung Mata Hitam Yang Perlu Diketahui

Skin Care BUKAN HANYA KURANG TIDUR! INI 12 PENYEBAB KANTUNG MATA HITAM YANG PERLU DIKETAHUI

Salah satu masalah kulit di area mata yang sering dijumpai adalah kantung mata yang tak hanya bengkak tapi juga terlihat hitam. Biasanya penyebab kantung mata hitam muncul adalah Anda kurang tidur pada malam hari. Awalnya, akan terbentuk kantung mata yang bengkak terlebih dahulu, dan jika kurang tidur terus berlanjut maka warnanya akan menggelap dan kemudian menjadi hitam. Karena bisa sangat mengganggu penampilan, Anda tentu ingin agar masalah ini bisa segera diatasi dengan cara yang tepat.

Selusin Penyebab Kantung Mata Hitam

Serum Mata dari Loreal Paris untuk Bantu Atasi Kantung Mata Hitam

Selusin Penyebab Kantung Mata Hitam

Anda mungkin heran kenapa tetap muncul kantung mata hitam di bawah mata padahal sudah memperbaiki tidur malam menjadi 7-9 jam. Bisa jadi, penyebab bawah mata hitam yang Anda alami bukanlah kurang tidur. Anda bisa melihat daftar 12 penyebab kantung mata hitam berikut ini karena kemungkinan penyebabnya ada di situ. 

1. Usia yang bertambah

Pertambahan usia membuat jaringan kulit dan otot di area mata secara bertahap akan melemah dan mengendur. Karena kulit tak lagi kencang, maka lemak dengan mudah bergeser ke area bawah mata dan membuat kantung mata bengkak. Tak hanya lemak, cairan juga bisa tertahan di kantung bawah mata ini. Kondisi masih ditambah dengan kulit yang semakin menipis, membuat pembuluh darah terlihat samar-samar sehingga kantung mata seakan-akan menggelap dan menghitam.

2. Faktor genetis

Walau penyebab lingkar mata hitam banyak berasal dari lingkungan, tapi Anda tak bisa menghindari faktor keturunan atau genetis. Berbagai penelitian telah membuktikan hal ini. Karena itu, jika di keluarga Anda banyak yang memiliki kantung mata hitam, maka potensi Anda memilikinya akan sangat besar.

3. Alergi

Salah satu bentuk dari reaksi alergi adalah mata yang berair, merah, dan terasa gatal. Jika Anda mengucek mata karena gatal, maka dapat terjadi iritasi dan pembengkakan di kelopak dan bawah mata. Kondisi ini juga jadi penyebab kelopak mata hitam dan area di bawah mata terlihat hitam. 

4. Konsumsi garam tinggi

Penyebab kantung mata hitam salah satunya adalah tingginya kadar garam di dalam tubuh akibat konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi. Garam dikenal dapat menahan cairan di dalam tubuh, termasuk di area wajah. Inilah yang membuat area bawah mata menjadi bengkak dan menggelap. 

5. Iritasi

Karena kulit di area mata memang cenderung tipis, maka rentan mengalami iritasi akibat pemakaian produk skincare dan makeup. Ini dapat membuat jaringan di area mata membengkak, termasuk di bawah mata. Iritasi juga dapat memicu kulit area mata menjadi menggelap.

6. Stres

Saat Anda stres, tak hanya mental Anda yang terganggu tapi juga fisik. Salah satunya adalah area mata. Saat stres melanda, kulit di bawah mata menjadi lemah dan terjadi penumpukan cairan sehingga terbentuk kantung mata hitam.

7. PMS

Pernahkah Anda memperhatikan kalau tubuh Anda seperti membengkak saat sedang menstruasi? Penyebabnya adalah perubahan hormon yang membuat tubuh Anda menahan cairan. Cairan tubuh sudah mulai tertahan sejak PMS, termasuk di area wajah. Ini menjadi penyebab kantung mata hitam muncul. 

8. Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab hitam di bawah mata dan area ini menjadi cekung. Akibatnya, bantalan lemak yang ada di bawah mata terlihat seakan-akan menonjol, sehingga membentuk kantung mata hitam.

9. Gejala penyakit 

Orang dengan gangguan tiroid tertentu dapat memiliki kantung mata hitam karena batalan lemak di area mata menebal sehingga menjadi bengkak. Selain gangguan tiroid, penyakit lain dengan gejala kantung mata hitam di antaranya adalah lupus, dermatomyositis, dan anemia defisiensi besi. 

10. Merokok dan konsumsi alkohol

Kedua bentuk gaya hidup tak sehat ini dapat membuat tubuh dehidrasi dan berkurangnya jumlah oksigen di tubuh. Akibatnya bisa muncul kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata; paduan keduanya adalah kantung mata hitam.

11. Sangat sedikit bergerak

Perilaku sedentari yang membuat Anda jadi sangat sedikit bergerak dapat membuat cairan banyak tertahan di dalam tubuh. Apalagi jika Anda banyak rebahan, maka cairan akan berkumpul di wajah termasuk di area bawah mata. Tak heran jika kemudian cairan yang tertahan di bawah mata membentuk kantung mata hitam.

12. Pilek

Pilek bisa jadi penyebab kantung mata hitam muncul sementara. Saat pilek, biasanya mata akan terlihat membengkak karena rongga yang mengalirkan cairan di wajah tersumbat sehingga cairan pun tertahan di area mata, termasuk di bawah mata. 

Serum Mata dari L'Oréal Paris untuk Bantu Atasi Kantung Mata Hitam 

Cara mengatasi kantung mata hitam sebenarnya tidak sulit, karena Anda harus mengatasi penyebab kantung mata hitam baru setelah kantung mata hitam akan perlahan menghilang. Kecuali untuk kantung mata hitam yang disebabkan oleh faktor genetis, yang mungkin memerlukan prosedur di klinik kecantikan sesuai dengan arahan dokter kulit untuk menghilangkannya.

Sambil berusaha mengatasi penyebabnya, Anda dapat merawat kulit area mata dan kantung mata hitam dengan pemakaian serum mata secara rutin. Serum mata lebih efektif dalam mengatasi masalah di kulit area mata karena mengandung konsentrasi bahan aktif yang tinggi dan tekstur yang cair sehingga mudah terserap ke dalam kulit. Seperti serum mata terbaru dari L'Oréal Paris, yaitu L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum

Serum mata ini memiliki kandungan 1,5% hyaluronic acid yang membantu menghidrasi, mengenyalkan, dan menyamarkan garis halus di kulit area mata, serta 1% pure caffeine yang menyegarkan kulit, menyamarkan tampilan lingkaran hitam, dan mengempiskan kantung mata. Setelah pemakaian dua minggu, area mata Anda tampak lebih segar, kencang, dan kenyal, serta garis halus dan kerutan tersamarkan. Setelah pemakaian enam minggu, kantung mata hitam akan tampak tersamarkan. Anda pun jadi terlihat lima tahun lebih muda!

Keunggulan lain dari L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum yang inovatif adalah triple roller applicator yang terdiri dari tiga buah roller ball dari baja. Aplikator ini dapat memberi efek sejuk di area mata seketika, menstimulasi kulit area mata lewat pijatan, serta membantu mengempiskan mata bengkak dan kantung mata. 

Mengatasi penyebab kantung mata hitam ditambah pemakaian L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum secara rutin akan membantu Anda terbebas dari masalah kantung mata hitam. Segera saja Anda dapatkan serum mata ini di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.