Skin Care INI BAHAN AKTIF YANG HARUS ADA DI SUNSCREEN UNTUK KULIT KOMBINASI AGAR TIDAK BERUNTUSAN

Merawat kulit wajah jenis kombinasi menjadi tantangan tersendiri karena Anda seperti merawat dua jenis kulit yang ada di wajah, yaitu jenis kulit berminyak di area T (dahi, hidung, dan dagu) dan jenis kulit kering di area pipi. Memilih produk-produk perawatan kulit wajah, termasuk sunscreen untuk kulit kombinasi, harus dilakukan dengan cermat agar dapat memberi manfaat bagi kedua jenis kulit ini.

Agar tak lagi bingung bagaimana cara merawat kulit kombinasi, Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Kondisi Jenis Kulit Kombinasi

Rekomendasi Perawatan dan Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi

Sunscreen untuk Kulit Kombinasi L’Oréal Paris

Kondisi Jenis Kulit Kombinasi

Jika Anda bingung bagaimana bisa di dalam wajah seseorang terdapat dua jenis kulit, maka Anda tak sendiri. Para pemilik jenis kulit kombinasi pun banyak yang tak mengerti penyebabnya. Kebingungan berlanjut tentang cara merawat jenis kulit ini agar hasilnya optimal dan bukannya menyebabkan masalah kulit, misalnya bruntusan akibat penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak sesuai jenis kulit.

Jenis kulit kombinasi biasanya dimiliki oleh seseorang karena faktor genetik. Jika di keluarga Anda banyak yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi, maka bisa dipastikan bahwa Anda mendapatkannya sebagai warisan genetik dari orang tua. Kulit kombinasi Anda juga dapat dipengaruhi oleh produksi hormon, terutama kelompok hormon androgen yang dapat memicu kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak minyak. Itulah mengapa ada area di wajah yang berminyak dan ada yang kering. 

Selain kedua faktor internal ini, ada faktor eksternal yaitu cuaca. Jika Anda tinggal di daerah yang suhunya cenderung dingin dan kering, maka kemungkinan akan ada area wajah yang menunjukkan gejala-gejala kulit kering. Sementara jika Anda tinggal di daerah yang panas dan kelembabannya tinggi, maka area T biasanya akan menjadi lebih berminyak karena lebih banyak memiliki kelenjar sebasea, sehingga kulit Anda menjadi kombinasi.

Rekomendasi Perawatan dan Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi

Lalu bagaimana dengan perawatan jenis kulit wajah kombinasi, apakah mengikuti perawatan untuk kulit berminyak atau kulit kering? Jawabannya tidak dua-duanya. Untuk merawat kulit kering, langkah-langkah perawatan tetap sama dengan jenis kulit lainnya. Hal yang membedakan adalah pilihan produk skincare-nya, salah satunya sunscreen untuk kulit kombinasi. Anda mungkin harus melakukan beberapa kali percobaan untuk menemukan produk-produk skincare yang cocok dengan kulit wajah. 

Langkah-langkah berikut ini, termasuk rekomendasi produknya, bisa Anda adaptasi menjadi skincare routine sehari-hari untuk jenis kulit wajah kombinasi:

1. Membersihkan 

Pilih produk pembersih wajah yang berbahan dasar air dengan formula ringan dan lembut bagi kulit. Jenis pembersih wajah ini akan membantu membersihkan area T dengan optimal, tapi tidak membuat area pipi dan sekitar mata menjadi lebih kering. Selain itu, pilih yang memiliki pH sedikit asam sesuai dengan pH kulit, yaitu 4–5,5. 

Untuk membersihkan wajah pada malam hari, lakukan double cleansing menggunakan micellar water untuk membersihkan sisa makeup, diikuti dengan penggunaan pembersih wajah sesuai kriteria yang telah disebutkan. 

2. Eksfoliasi 

Memilih eksfolian untuk jenis kulit wajah kombinasi memang sedikit rumit. Anda bisa memilih produk eksfolian kimia dengan kandungan AHA (alpha-hydroxy acid) dan BHA (beta-hydroxy acid) dalam kadar rendah. Pakai produk eksfolian dengan kandungan AHA di area kulit yang kering saja sekali seminggu, sementara produk dengan kandungan BHA digunakan di area kulit yang berminyak saja dua kali seminggu.

3. Mengembalikan kelembaban

Setelah wajah dibersihkan, aplikasikan toner yang membuat wajah menjadi lebih segar dan kembali lembab. Hindari menggunakan toner yang memiliki kandungan alkohol karena dapat membuat area kulit yang kering menjadi iritasi. 

4. Mengatasi permasalahan

Untuk penggunaan essence dan serum, Anda bisa memilih yang mengandung bahan aktif yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Anda dapat memilih bahan aktif yang menghidrasi dan melembabkan kulit seperti hyaluronic acid dan ceramide. Anda juga bisa menggunakan essence atau serum yang mengandung Vitamin C, niacinamide, dan glycolic acid untuk mencerahkan wajah, mengatasi hiperpigmentasi, dan mendorong produksi kolagen.

5. Lembabkan

Untuk produk pelembab, Anda disarankan untuk memakai pelembab terpisah antara kulit yang berminyak dan kulit yang kering, atau bisa juga menggunakan pelembab yang cocok untuk semua jenis kulit. Untuk opsi pelembab yang cocok untuk semua jenis kulit, pastikan produknya memiliki formula dan tekstur yang ringan sehingga mudah menyerap dan menjaga kelembaban kulit wajah dengan optimal.

6. Melindungi 

Memilih sunscreen yang cocok untuk kulit kombinasi juga sedikit sulit karena sangat jarang produk sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit kombinasi. Jika Anda kesulitan menemukan sunscreen untuk kulit kombinasi, maka pilih produk sunscreen yang bisa digunakan oleh semua jenis kulit dengan kandungan bahan aktif antioksidan yang dapat mengoptimalkan perlindungan terhadap kulit wajah. 

Sunscreen untuk Kulit Kombinasi dari L’Oréal Paris

Anda tak perlu repot mencari sunscreen untuk kulit kombinasi karena L’Oréal Paris memiliki rangkaian sunscreen L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector yang memiliki empat varian untuk masing-masing jenis kulit dengan bahan aktif yang disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit. Semua produk L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector dilengkapi dengan kandungan SPF 50+ dan PA++++ untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV dari matahari dengan optimal. 

Rekomendasi sunscreen untuk kulit kombinasi adalah L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect yang memiliki kandungan bahan aktif berupa Vitamin CG. Merupakan bentuk turunan dari Vitamin C, Vitamin CG merupakan antioksidan yang membuat produk sunscreen untuk kulit kombinasi ini memiliki perlindungan ganda, karena berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Bahan aktif ini akan menetralkan radikal bebas yang terdapat sinar UV dan memapar kulit, sehingga kerusakan sel-sel kulit dapat dihindari.

Sunscreen yang cocok untuk kulit kombinasi ini dilengkapi dengan Apricot Pigment yang menyatu optimal dengan kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya serta warna kulit menjadi lebih merata. Dengan sunscreen untuk kulit kombinasi ini, Anda tak perlu khawatir kulit wajah menjadi bruntusan karena formulanya cocok untuk kulit berminyak dan kulit kering. 

Mendapatkan L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect juga tak sulit. Anda bisa langsung membeli sunscreen untuk kulit kombinasi ini di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce, atau beli langsung di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.