Make Up APA SAJA FUNGSI PRIMER MAKE UP? CARI TAHU DI SINI!

Complexion make up memiliki peranan sangat penting dalam merias wajah karena menjadi dasar dari keseluruhan hasilnya. Aplikasi dengan cara yang tepat dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit akan memastikan Anda terhindar dari masalah-masalah make up. Salah satu langkah yang tak bisa Anda lewatkan adalah aplikasi primer make up yang biasanya dilakukan paling awal. Apa saja fungsi primer make up dan kenapa diaplikasikan paling awal? Anda bisa temukan informasinya di bawah ini.

Primer Make Up, Tak Hanya untuk Kulit Wajah

Fungsi Primer Make Up untuk Wajah Berdasarkan Jenis dan Kondisi Kulit

Fungsi Primer Make Up yang Optimal dari L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer

Primer Make Up, Tak Hanya untuk Kulit Wajah

Anda mungkin selama ini sudah mendengar tentang saran untuk memakai primer make up sebagai bagian dari make up routine sehari-hari. Primer make up merupakan produk make up yang baru populer akhir-akhir ini dan banyak yang menganggap bahwa fungsi primer make up hampir sama dengan produk skincare. Karena itu, aplikasi produk ini sering dilewatkan. Padahal, jika tahu mendetail kegunaan primer make up, maka aplikasinya pasti tak akan dilewatkan lagi. 

Primer make up adalah produk yang digunakan untuk membuat aplikasi produk make up yang dilakukan setelahnya menjadi lebih optimal. Misalnya saja face primer, dapat membuat aplikasi foundation menjadi lebih mudah dan hasilnya pun flawless. Sedangkan eye primer dapat membuat warna-warna eyeshadow yang Anda pulaskan di kelopak mata menjadi lebih intens dan tahan lama. 

Primer make up sebenarnya tidak hanya untuk kulit wajah, tapi juga ada untuk bagian-bagian wajah yang lain. Namun memang, jika menyebut primer make up, maka kebanyakan orang akan mengacu ke face primer, yaitu primer untuk kulit wajah. Primer ini akan membuat kulit wajah Anda menjadi kanvas yang ideal untuk aplikasi produk-produk make up setelahnya, terutama foundation. Fungsi base make up pun menjadi lebih optimal. 

Hal ini dikarenakan face primer membentuk semacam lapisan di permukaan kulit wajah, sehingga tekstur kulit wajah menjadi lebih halus dan foundation jadi mudah diaplikasikan. Tak hanya itu, foundation dan produk-produk make up yang diaplikasikan juga akan menempel dengan baik di kulit wajah sehingga tahan lebih lama. Anda pun akan terbebas dari masalah -masalah make up, seperti sliding (bergeser atau longsor), piling (menggumpal), cracking (pecah), dan creasing (masuk ke garis-garis kerutan atau ke mulut pori-pori).

Selain face primer, Anda juga perlu mengenal produk-produk primer make up berikut:

  • Eye primer, yaitu produk primer yang diaplikasikan di area sekitar mata, terutama kelopak mata. Fungsi primer make up ini adalah meratakan warna kulit sekaligus menghaluskan tekstur di kulit area mata yang biasanya banyak kerutan. Warna-warna eyeshadow yang Anda butuhkan di sini pun terlihat lebih intens tanpa perlu aplikasi berulang-ulang.
  • Lash primer, yaitu produk primer yang diaplikasikan di bulu mata. Manfaat primer yang diaplikasikan sebelum maskara ini adalah membuat bulu mata terlihat tebal dan bervolume serta tak mudah luntur. Lash primer juga membantu menjaga agar bulu mata tidak mudah patah dan kering karena di formulanya terkandung pelembap. 
  • Lip primer, yaitu produk primer yang diaplikasikan di bibir untuk membuat menjadi halus, lembut, dan menyamarkan warna bibir yang gelap. Kondisi bibir ini membuat polesan lipstik, lip cream, dan produk make up bibir lainnya jadi tahan lama dan tidak bergeser ke luar garis bibir.

Fungsi Primer Make Up untuk Wajah Berdasarkan Jenis dan Kondisi Kulit

Face primer, sebagai primer make up yang paling banyak digunakan, punya banyak fungsi untuk kulit wajah. Beberapa fungsi umum dari face primer sudah dijelaskan di atas. Namun Anda bisa mendapatkan tambahan fungsi dan kegunaan primer wajah berdasarkan jenis primer apa yang Anda pakai. 

Face primer punya berbagai macam untuk mengakomodasi kebutuhan berbagai jenis kulit dan masalah kulit wajah. Setiap jenisnya menawarkan fungsi primer make up yang berbeda-beda. Anda tinggal memilih jenis face primer yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda. 

  • Kulit wajah berminyak

Pilih face primer yang bebas minyak dan berbahan dasar air dengan hasil akhir matte yang tahan lama. Mattifying primer menjadi pilihan yang tepat karena di dalam formulanya terkandung bahan yang dapat mengontrol minyak.

  • Kulit wajah kering

Anda bisa memilih hydrating primer karena mengandung bahan-bahan yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit wajah. Anda akan terhindar dari masalah make up di kulit kering seperti cracking dan patchy (tidak rata).

  • Kulit wajah normal

Karena jenis kulit ini tidak memiliki masalah produksi minyak, maka bisa menggunakan produk face primer aja saja. Jika ingin terlihat glowing, Anda bisa memakai illuminating primer. Fungsi primer make up ini adalah membantu wajah tampak bercahaya karena memiliki partikel-partikel halus yang shimmering.

  • Kulit wajah kombinasi

Karena memiliki dua jenis kulit berbeda di satu wajah, maka Anda dapat memakai mattifying primer di area wajah yang berminyak dan hydrating primer di area wajah yang kering.

  • Kulit wajah bertekstur

Kondisi kulit wajah ini dengan tekstur kulit wajah yang terlihat jelas, mulai dari kerutan, bopeng bekas jerawat, sampai pori-pori besar. Untuk kondisi kulit seperti ini, Anda bisa memilih blurring primer. Fungsi primer make up ini adalah membantu menyamarkan tekstur kulit wajah karena formulanya mengandung silikon.

  • Kulit wajah dengan masalah hiperpigmentasi

Noda jerawat, lentigo, melasma, area hitam di bawah mata, sampai ruam kemerahan di kulit wajah bisa ditutup menggunakan color correcting primer. Fungsi primer adalah menetralkan warna noda di kulit dengan menggunakan warna yang tepat sehingga noda menjadi tersamarkan.

Fungsi Primer Make Up yang Optimal dari L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer

Anda yang membutuhkan mattifying primer yang dapat menghidrasi kulit wajah dan menyamarkan tampilan pori, bisa mencoba face primer terbaru dari L'Oréal Paris, yaitu L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer. Face primer ini dapat membantu Anda mendapatkan riasan wajah yang bertahan sepanjang hari dengan hasil akhir matte tanpa mengorbankan kenyamanan kulit wajah. 

Hal ini dimungkinkan dengan formula berbasis serum yang membantu menghidrasi kulit wajah, sehingga kulit tetap terasa lembap dan nyaman walaupun Anda memakai make up seharian. Keunggulan lain dari L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer adalah kandungan bahan-bahan yang menyamarkan tampilan pori-pori dan tekstur kulit, sehingga wajah Anda tampak halus. Kulit wajah Anda akan tampak segar, halus, dan bebas kilap sepanjang hari. 

Dengan memahami berbagai fungsi primer make up, Anda akan bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin mendapatkan L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer, Anda bisa langsung mengakses website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama yang ada di kota Anda.