8 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Hair Care 8 CARA MENGATASI RAMBUT KERING SECARA ALAMI

Apa pun jenis dan tipe rambut Anda, jika tidak dirawat dengan baik, maka potensi untuk bermasalah akan selalu muncul. Pada jenis rambut yang kering, masalah yang dapat timbul di antaranya adalah rambut kusam, rapuh, teksturnya kasar, mudah kusut, serta mengembang. Jika tidak segera diatasi, maka rambut kering bisa mengalami kerontokan akibat patah dan rambut pecah-pecah.

Tentu saja, ada cara mengatasi rambut kering yang bisa Anda terapkan agar rambut menjadi lembap, terhidrasi dengan baik, lembut, mudah diatur, dan berkilau sehat.

Rambut Kering dan Berbagai Penyebabnya

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Memakasi Shampo Hyaluronic Acid sebagai Cara Mengatasi Rambut Kering

Rambut Kering dan Berbagai Penyebabnya

Sebelum membahas cara mengatasi rambut kering, Anda sebaiknya paham lebih dahulu tentang kondisi rambut kering. Pada dasarnya, rambut yang kering adalah rambut yang tidak memiliki kemampuan untuk menyerap dan menyimpan kelembapan yang cukup. 

Ini biasanya terjadi akibat kutikula rambut, yaitu lapisan terluar yang melindungi batang rambut, kondisinya rusak dan terbuka, sehingga air dan minyak yang terdapat di dalam lapisan medula dan korteks rambut dapat menguap dengan cepat. Pada rambut yang normal, lapisan yang bentuknya seperti tumpukan sisik ini akan rebah dan menutup sehingga cairan dari dalam tidak dapat menguap keluar, tapi cairan dari luar dapat masuk ke dalam lapisan rambut untuk menghidrasinya.

Ada berbagai penyebab rambut kering, beberapa yang utama adalah:

  • Faktor genetik.
  • Jenis kulit kepala yang kering sehingga kelenjar sebasea hanya memproduksi sedikit sekali minyak alami. Ini membuat hampir tidak ada minyak yang dapat digunakan untuk melembapkan helaian rambut.
  • Pertambahan usia membuat produksi minyak alami di kelenjar sebasea kulit kepala semakin berkurang.
  • Faktor lingkungan, yaitu terlalu sering terpapar angin kering, kelembapan udara yang rendah, cuaca panas, dan suhu tinggi dari sinar matahari yang intens dapat menyerap kelembapan dari kulit kepala dan rambut, membuatnya menjadi dehidrasi dan kering.
  • Perlakuan dan perawatan rambut sehari-hari yang kurang tepat, mulai dari pemakaian alat-alat penata rambut dengan panas tinggi yang terlalu sering, memakai shampo dan kondisioner yang tidak sesuai jenis rambut kering, pemakaian handuk yang tidak tepat saat mengeringkan rambut, serta terlalu sering menyisir rambut dan mengikat rambut. 
  • Gangguan kesehatan, seperti gangguan makan dan masalah hormon. 
  • Faktor gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol.

Cara Mengatasi Rambut Kering secara Alami

Rambut yang kering memang bisa sangat mengganggu penampilan secara keseluruhan, apalagi rambut kering cenderung sulit diatur. Jika ingin masalah rambut kering segera teratasi, Anda bisa menerapkan delapan cara mengatasi rambut kering secara alami berikut ini.

1. Gunakan shampo dan kondisioner yang melembapkan

Beralih ke produk shampo dan kondisioner yang dapat melembapkan dan menghidrasi. Rambut yang kering tak hanya butuh dilembapkan, tapi juga dihidrasi. Anda bisa memilih produk yang mengandung bahan yang dapat menghidrasi rambut dan kulit kepala, salah satunya adalah hyaluronic acid

2. Tambahkan produk leave-in

Lakukan juga perawatan berkala dengan menggunakan produk leave-in. Bisa berupa leave-in conditioner atau leave-in hair treatment, perawatan berkala ini akan memberi kelembapan, hidrasi, dan nutrisi ekstra bagi rambut kering. Lakukan perawatan tambahan ini saat dibutuhkan sebagai cara mengatasi rambut kering.

3. Menghindari keramas terlalu sering

Rambut kering cenderung tidak mudah kotor karena hanya memiliki sedikit minyak alami. Karena itu, sebagai cara mengatasi rambut kering, sebaiknya Anda mengurangi frekuensi keramas agar rambut tidak semakin kering, cukup 1-2 kali saja dalam seminggu.

4. Trim rambut secara teratur setiap 8-10 minggu

Trim atau memotong sedikit rambut di bagian ujung akan membuang bagian rambut yang cenderung kering atau bahkan pecah-pecah, sehingga rambut terlihat lebih segar. Selain itu, trim secara teratur juga akan membantu rambut tumbuh lebih kuat dan sehat. 

5. Membatasi pemakaian alat-alat penata dan pengering rambut dengan panas tinggi

Pemakaian alat-alat ini akan membuat rambut semakin kering dan rapuh. Karena itu, sebagai cara agar rambut tidak kering, Anda bisa mengeringkan rambut yang basah setelah keramas dengan diangin-anginkan. Jika harus menata rambut, maka lindungi rambut dengan pemakaian hair serum dan hair oil terlebih dahulu. 

6. Pakai masker rambut dari bahan-bahan alami

Anda bisa memilih bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak argan, minyak zaitun, pisang, alpukat, yoghurt, telur, madu, dan lidah buaya yang dapat Anda jadikan masker cara mengatasi rambut kering. Resepnya bisa dengan mudah Anda temukan di internet. Pakai masker ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

7. Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan nutrisi yang seimbang akan membantu rambut kering Anda menjadi lebih sehat. Perbanyak konsumsi makanan yang merupakan sumber asam lemak, antioksidan, dan vitamin. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari dengan minum air putih minimal dua liter agar tubuh tidak dehidrasi.

8. Memakai sunscreen untuk rambut

Paparan sinar matahari yang intens dan dalam jangka waktu panjang dapat membuat rambut menjadi semakin kering. Karena itu, tak ada salahnya Anda melindungi rambut Anda dengan pemakaian sunscreen rambut. Jika produknya sulit ditemukan, maka Anda dapat memakai sunscreen spray dan disemprotkan ke rambut dan kulit kepala secara merata. 

Memakai Shampo Hyaluronic Acid sebagai Cara Mengatasi Rambut Kering

Anda tak perlu repot mencari shampo yang cocok untuk jenis rambut kering, karena L'Oréal Paris menghadirkan produk terbarunya, yaitu L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo yang membuat rambut lembap dan terhidrasi sampai 72 jam tanpa terasa berat.

Shampo ini merupakan bagian dari rangkaian L'Oréal Paris Hyaluron Moisture, yang mengandung senyawa hyaluronic acid yang terdapat secara alami di tubuh. Hyaluronic acid dikenal dengan kemampuannya mengikat sampai 1.000 kali beratnya di dalam air. Kandungan bahan aktif ini membuat L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo dapat membuat helaian rambut menjadi 10 kali lebih terhidrasi. 

Untuk perawatan lengkap, Anda bisa menambahkan pemakaian L’Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Sealing Conditioner setelah keramas dan L’Oréal Paris Hyaluron Moisture Hydra Filling Night Cream sebagai leave-in hair treatment saat rambut terasa kering.

Cara mengatasi rambut kering menjadi lebih mudah dengan hadirnya L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo dan rangkaian produk L'Oréal Paris Hyaluron Moisture lainnya. Anda bisa mendapatkan produknya secara online di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace favorit. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama di kota Anda.