5 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

Skin Care 5 PENYEBAB FLEK HITAM DI WAJAH DAN CARA MENGATASINYA

Pada musim kemarau, matahari yang bersinar lebih terik berisiko untuk membuat kulit wajah mengalami hiperpigmentasi penyebab munculnya flek-flek hitam. Ditambah lagi dengan polusi di beberapa kota besar di Indonesia yang saat ini kadarnya sangat tinggi, membuat risiko hiperpigmentasi semakin besar untuk terjadi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya, terutama dalam kondisi seperti ini.

Proses Terbentuknya Flek Hitam Di Wajah

Lima Penyebab Hiperpigmentasi Pemicu Flek Hitam di Wajah

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Flek Hitam

Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright untuk Bantu Atasi Flek Hitam

Proses Terbentuknya Flek Hitam di Wajah

Flek hitam muncul di wajah saat Anda mengalami hiperpigmentasi, yaitu kondisi saat sel-sel melanosit di kulit memproduksi melanin (zat pigmen di wajah dan rambut) dalam jumlah yang besar. Hiperpigmentasi bisa dipicu oleh beberapa faktor, yang paling utama adalah sinar matahari. 

Produksi melanin yang meningkat ini wajar terjadi saat kulit terancam mengalami kerusakan. Misalnya saja, akibat paparan sinar UV dari matahari serta partikel polusi yang dapat merusak sel-sel dan DNA, serta saat kulit mengalami peradangan. Hiperpigmentasi awalnya berupa bintik-bintik hitam, lalu ada yang membentuk satu kelompok sehingga menjadi lebih besar dan membentuk flek hitam. 

Semua warna kulit dapat mengalami hiperpigmentasi, tak memandang etnis dan jenis kelamin. Namun orang-orang yang memiliki warna kulit gelap, termasuk sawo matang, lebih rentan mengalami hiperpigmentasi karena pada dasarnya sudah memiliki kandungan melanin yang tinggi di kulitnya. Pada orang-orang dengan kulit gelap, flek hitam di wajah dan cara mengatasinya harus lebih diperhatikan karena umumnya flek-flek ini sulit dihilangkan sehingga harus memilih cara yang tepat untuk mengatasinya.

Lima Penyebab Hiperpigmentasi Pemicu Flek Hitam di Wajah

Ada berbagai penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya. Berikut ini lima penyebab hiperpigmentasi yang memunculkan flek hitam di wajah yang harus Anda waspadai.

  • Paparan sinar UV dari matahari

Sinar UV, terutama yang berasal dari matahari, dapat memicu munculnya bintik hitam di wajah yang disebut dengan lentigo. Ini terjadi saat sinar UVA masuk ke lapisan kulit dan memicu sel-sel melanosit untuk memproduksi melanin lebih banyak. Jika paparan sinar matahari berlangsung dalam jangka panjang dan terus-menerus di kulit yang tidak terlindungi, maka hiperpigmentasi akan berlangsung tanpa henti. Ini bisa menyebabkan lentigo sangat sulit untuk dihilangkan.

  • Peradangan pada kulit wajah

Hiperpigmentasi yang diakibatkan oleh peradangan sering disebut juga dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), biasanya berupa noda bekas jerawat. Peradangan akibat iritasi, luka, gigitan serangga, serta kondisi kulit macam eksim, rosacea, dan alergi juga dapat menyebabkan munculnya noda hitam di wajah. 

  • Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi pada perempuan saat hamil dapat menyebabkan munculnya melasma atau topeng kehamilan, yaitu flek-flek hitam yang muncul di area-area tertentu di wajah sehingga terlihat seperti membentuk topeng. Melasma akan hilang dengan sendirinya saat kehamilan usai dan hormon kembali normal. 

  • Polusi udara

Penelitian menyebutkan bahwa polusi udara yang akut dapat memicu munculnya flek hitam di wajah. Partikel polusi PM 2,5 berukuran sangat kecil sehingga dapat masuk kelapisan kulit melalui pori-pori dan menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Hal ini memicu sel- sel melanosit untuk banyak memproduksi melanin untuk mencegah kerusakan, sehingga terjadilah hiperpigmentasi penyebab flek hitam.

  • Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan kulit mengalami reaksi fotosensitivitas sehingga dengan muncul flek-flek hitam di wajah saat Anda mengonsumsinya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan obat dan solusi terhadap fotosensitivitas ini.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Flek Hitam

Setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa menentukan cara mencegah terbentuknya flek hitam di wajah dan cara mengatasinya. Sebagai pencegahan, tentunya yang harus Anda lakukan adalah memakai sunscreen dengan disiplin setiap jam sembilan pagi sampai tiga sore karena merupakan saat matahari bersinar dengan intensitas tinggi. Aplikasikan sunscreen sebanyak dua jari penuh, kemudian aplikasikan ulang setiap dua jam sekali atau saat sunscreen luntur karena keringat dan air. 

Sedangkan untuk cara penghilang flek hitam, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Rutin melakukan eksfoliasi sebagai perawatan tambahan dari perawatan kulit wajah sehari-hari. Eksfoliasi kimia menggunakan zat asam dari kelompok AHA dan BHA dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan rusak. Pilih asam berupa glycolic acid dan salicylic acid yang dapat masuk ke pori-pori dan membersihkan segala kotoran dan partikel polusi di dalamnya.

2. Memilih produk-produk perawatan kulit wajah yang mengandung antioksidan karena dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas, seperti Vitamin C, A, dan E, resveratrol, serta teh hijau. Anda juga bisa memilih bahan aktif yang dapat membantu mencerahkan flek hitam, di antaranya adalah niacinamide, alpha arbutin, tranexamic acid, dan yang terbaru adalah symwhite 377.

3. Melakukan prosedur medis di klinik kecantikan sangat efektif dan cepat untuk memudarkan flek hitam di wajah dan cara mengatasinya, termasuk cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Tergantung dari rekomendasi dokter kulit, prosedur-prosedur tersebut adalah terapi laser, chemical peeling, mikrodermabrasi, dan cryosurgery.

Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright untuk Bantu Atasi Flek Hitam

Memahami penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya akan membantu Anda menemukan produk perawatan yang tepat, seperti rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright yang dikembangkan terinspirasi dari prosedur peeling. L'Oréal Paris Glycolic Bright dapat membantu menyamarkan flek hitam hingga -57% dengan hasil mulai terlihat dalam waktu dua minggu. Hasil ini didapatkan berkat kandungan bahan aktif berupa brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite.

Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright terdiri dari:

  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam yang membantu mengeksfoliasi untuk menyamarkan flek hitam dan kulit tampak glowing merata. 
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum yang memiliki konsentrasi 1% brightening glycolic acid untuk menyamarkan 57% flek hitam dalam empat minggu karena mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi bintik hitam hingga ke akarnya.
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17 yang membantu mencerahkan dan menyamarkan flek hitam. Terbukti secara klinis dapat meningkatkan perlindungan kulit melawan sinar UV dari matahari penyebab flek hitam.
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream yang dilengkapi antioksidan Vitamin E sehingga dalam semalam membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencerahkannya. 
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask yang secara intens menutrisi dan meratakan warna kulit dalam pemakaian selama 15 menit.

Setelah mengetahui penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya, Anda tentu tak ragu untuk memilih rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright. Langsung saja dapatkan rangkaian ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di berbagai e-commerce ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama yang ada di kota Anda.