5 Cara Merawat Area Mata Dengan Skin Care Yang Mengandung Hyaluronic Acid

Skin Care 5 CARA MERAWAT AREA MATA DENGAN SKIN CARE YANG MENGANDUNG HYALURONIC ACID

Hingga kini, skin care yang mengandung hyaluronic acid (HA) masih menjadi favorit di kalangan beauty enthusiast. Bahan aktif ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, yang utama adalah menghidrasi kulit dengan baik. HA juga minim efek samping sehingga aman untuk semua jenis kulit.

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah

Pentingnya Merawat Kulit di Area Mata

Skin Care yang Mengandung Hyaluronic Acid untuk Rawat Kulit Area Mata

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah

HA merupakan salah satu senyawa yang secara alami terdapat dan diproduksi secara alami di tubuh manusia, dengan konsentrasi terbesar berada di kulit. Namun, produksinya dapat berkurang karena berbagai faktor, di antaranya akibat bertambahnya usia dan rusaknya skin barrier. Kabar baiknya, HA dapat Anda tambahkan lewat penggunaan produk skin care atau konsumsi suplemen dengan kandungan HA. 

Beberapa manfaat menggunakan produk skin care hyaluronic acid di antaranya adalah: 

1. Menghidrasi kulit

Semua jenis kulit bisa mengalami dehidrasi. Namun, hal ini dapat diatasi menggunakan produk skin care yang mengandung hyaluronic acid secara rutin. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa satu gram HA memiliki kemampuan untuk mengikat 6 liter air di bawah lapisan kulit. Tentunya, hal ini membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

2. Membuat kulit kenyal

Komponen air dalam lapisan kulit berfungsi untuk mengisi jaringan kulit yang sehingga membuat kulit wajah menjadi kenyal. Jika kulit mengalami dehidrasi, maka kulit akan menjadi kendur. Karena itulah, rutin menggunakan produk skin care yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu menjaga atau membuat kulit kembali kenyal.

3. Menjaga skin barrier

Skin barrier memiliki peran yang penting sebagai lapisan penghalang antara kulit dengan lingkungan. Namun, pertambahan usia hingga paparan sinar UV dari matahari bisa menurunkan fungsinya. Salah satu cara udah yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi skin barrier adalah dengan memakai skin care yang mengandung hyaluronic acid agar kandungan airnya terjaga. 

4. Menyamarkan kerutan dan garis halus

Skin care yang mengandung hyaluronic acid juga dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan dan garis halus. Saat kulit terhidrasi dengan baik dan terjaga kekenyalannya, maka tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan dan tekstur kulit menjadi lebih halus. Karena itu, HA banyak ditemukan di produk-produk skin care untuk anti-aging.

5. Mencerahkan kulit

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Penggunaan skin care yang mengandung hyaluronic acid akan membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, hyaluronic acid fungsi lainnya adalah membantu menyamarkan tampilan noda hitam di wajah.

Pentingnya Merawat Kulit di Area Mata

Jika mengamati lebih teliti perubahan kulit dari waktu ke waktu, Anda akan mendapati jika kulit di bagian mata biasanya lebih rentan mengalami tanda-tanda penuaan. Hal itu bukan tanpa sebab, ada beberapa alasan yang membuat kondisinya seperti itu, antara lain:

1. Kulit di area mata lebih tipis. Jika dibandingkan dengan bagian wajah lainnya, kulit di area mata memiliki lapisan yang lebih tipis. Ini membuat kulit area mata lebih rentan mengalami permasalahan kulit, mulai dari garis-garis halus, kerutan, mata panda, dan kulit yang kendur.

2. Minimnya produksi sebum. Setiap area kulit memiliki jaringan kelenjar sebasea yang memproduksi minyak alam untuk melembapkan kulit. Sayangnya, kulit area mata hanya memiliki sedikit kelenjar sebasea sehingga produksi minyak yang dihasilkan minim dan membuat kulit area tersebut menjadi lebih mudah kering.

3. Elastisitas kulit area mata sangat kurang. Kulit di area mata juga tidak memiliki cukup kolagen untuk menjaga kekencangan dan elastisitasnya. Apalagi, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen cenderung berkurang. Hal itulah yang menyebabkan kulit di area mata menjadi lebih mudah kendur, muncul keriput, dan lingkaran hitam. 

4. Mata bekerja dengan keras seharian, termasuk otot-ototnya, dan ini mempengaruhi kondisi kulit di sekitarnya. Jika Anda sering tersenyum dan tertawa, maka kulit di ujung luar mata akan lebih cepat berkerut. Saat Anda terus-menerus menatap layar, otot mata Anda akan terus menerus tegang dan lama-kelamaan menjadi lelah. Ini juga berpengaruh ke kondisi kulit. 

Setelah mengetahui kondisi kulit area mata, Anda bisa jadi akan tergugah untuk mulai merawatnya dengan produk perawatan khusus kulit area mata. Namun, mengingat kulit di bagian tersebut lebih sensitif, maka Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk dan kandungan bahannya.

HA menjadi salah satu bahan aktif yang relatif aman untuk kulit sensitif sehingga minim risiko iritasi. Apalagi, skin care yang mengandung hyaluronic acid memiliki beragam manfaat, mulai dari melembapkan, menjaga kekenyalan, hingga mencerahkan kulit.

Skin Care yang Mengandung Hyaluronic Acid untuk Rawat Kulit Area Mata

Salah satu produk yang direkomendasikan untuk merawat kulit di area mata adalah L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum. Serum khusus mata ini memiliki kandungan 1,5% HA makro dan mikro untuk membantu menghidrasi dan menjaga elastisitas kulit area mata. Diperkaya pula dengan kandungan 1% kafein untuk merevitalisasi kulit, mengurangi tampilan lingkaran hitam, serta mengurangi tampilan kantung mata. 

L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum juga memiliki inovasi Instant Cooling Effect, dengan aplikator yang dipatenkan berupa tiga buah cooling stainless ball yang dapat bergerak 360 derajat untuk menstimulasi proses penyerapan bahan aktif lewat pijatan. Aplikator ini juga dapat memberi pijatan secara menyeluruh di area mata karena dapat mengikuti kontur mata, sehingga memberikan efek menenangkan kulit di area mata seketika.

Berikut lima cara merawat area mata Anda dengan produk skin care yang mengandung hyaluronic acid ini:

  1. Pastikan kulit area mata Anda sudah bersih dari kotoran dan sisa makeup dengan membersihkannya dengan makeup remover khusus untuk mata. 
  2. Keluarkan aplikator dari botol, lalu pijatkan dengan gerakan memutar di bawah mata ke arah pelipis. Ulangi empat kali.
  3. Pindahkan aplikator ke atas mata, lalu ratakan serum ke seluruh area kelopak mata. 
  4. Jika ada ekses serum, tepuk-tepuk kulit area mata menggunakan jari manis sampai serum menyerap sempurna.
  5. Lakukan perawatan pada pagi dan malam hari. Aplikasi serum mata ini dilakukan setelah aplikasi serum wajah dan sebelum aplikasi pelembap wajah.

Pemakaian serum secara teratur selama 2 minggu akan menghasilkan tampilan kulit di sekitar area mata yang tampak 5 tahun lebih muda karena kulit area mata menjadi lebih cerah, serta garis halus di area mata tersamarkan.

Anda bisa segera dapatkan produk skin care yang mengandung hyaluronic acid L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace terkemuka. Anda pun bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama di kota Anda.