10 Cara Melembutkan Rambut Kasar Dan Mengembang Dengan Mudah

Hair Care 10 CARA MELEMBUTKAN RAMBUT KASAR DAN MENGEMBANG DENGAN MUDAH

Untuk rambut, kondisi rambut yang lembut serta tampak cantik dan berkilau menjadi hair goals saat melakukan perawatan. Namun kondisi rambut yang kasar dan mengembang membuat Anda tak berani berharap untuk bisa mendapatkan rambut yang tergolong ideal tersebut. Tak perlu putus asa, Anda dapat memiliki hair goals tersebut dengan menerapkan cara melembutkan rambut kasar dan mengembang yang tepat.

Kondisi Rambut yang Kasar dan Mengembang

Sepuluh Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Mengembang

Rawat Rambut Kasar dan Mengembang dengan Shampo Hyaluronic Acid

Kondisi Rambut yang Kasar dan Mengembang

Coba Anda ambil sehelai rambut Anda lalu jepit di antara ibu jari dan jari telunjuk untuk merasakannya. Rambut yang kasar tak hanya terasa kasar saat disentuh, tapi juga batang rambutnya terasa tebal dan lebar, lebih tebal jika dibandingkan dengan benang jahit. Tak mengherankan, karena berbeda dengan rambut halus, rambut kasar memiliki tiga lapisan di batang rambut, yaitu korteks, kutikula, dan medula. Lapisan medula lah yang tidak ditemukan di rambut yang tipis. 

Rambut yang kasar biasanya didapatkan secara genetik. Namun jika awalnya rambut Anda tergolong normal dan lembut lalu berubah menjadi kasar, maka kemungkinan besar memiiki faktor penyebab lain, misalnya saja akibat ketidakseimbangan hormon, kekurangan asupan nutrisi berupa zat besi dan kalsium, terlalu sering terpapar ke bahan kimia yang keras atau panas yang tinggi, atau bisa juga merupakan efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu.

Rambut yang kasar ini sering dikaitkan dengan masalah rambut berupa rambut kering dan mengembang sehingga sulit untuk diatur, serta rentan untuk pecah-pecah. Umumnya batang rambut yang kasar dimiliki oleh tipe rambut ikal dan keriting, walau ada juga tipe rambut lurus yang batang rambutnya terasa kasar. 

Sepuluh Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Mengembang

Anda tak perlu khawatir karena rambut yang kasar dan mengembang bisa diubah menjadi lebih lembut dan tampak berkilau jika Anda menerapkan cara melembutkan rambut kasar dan mengembang yang tepat. Berikut ini 10 cara melembutkan rambut secara alami dan permanen untuk rambut kasar dan mengembang Anda.

1. Memilih produk shampo dan kondisioner yang sesuai

Saat ini di pasaran sudah semakin banyak produk shampo dan kondisioner yang mengakomodir berbagai kebutuhan rambut, sehingga Anda tak akan kesulitan mencari shampo dan kondisioner untuk cara melembutkan rambut kasar dan mengembang. Jika kesulitan, Anda bisa mencari produk dengan manfaat berupa melembutkan, melembapkan, dan menghidrasi rambut.

2. Keramas dengan cara yang tepat

Shampo saja tak cukup untuk diandalkan sebagai cara melembutkan rambut yang kasar. Ada perlu memakai kondisioner setelah rambut dicuci dan dibilas sampai bersih. Hindari menggunakan air panas saat membilas rambut karena akan membuat rambut semakin kering dan kasar, lebih baik gunakan air suhu ruang atau air dingin. 

3. Tambahkan pemakaian hair oil

Dalam kondisi rambut masih setengah kering setelah keramas, usapkan hair oil sebagai cara melembutkan rambut kasar dan mengembang. Anda bisa memilih hair oil dengan kandungan minyak kelapa, minyak argan, dan minyak zaitun karena terbukti efektif melembutkan rambut yang kasar dan menjinakkan rambut yang mengembang.

4. Kurangi pemakaian alat pengering dan penata rambut

Umumnya, alat-alat ini memiliki panas yang tinggi sehingga berpotensi untuk membuat rambut rusak. Karena itu, sebaiknya rambut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan saja setelah selesai keramas. Jika butuh untuk ditata, maka jangan lupa untuk mengoleskan hair serum atau hair oil untuk melindungi batang rambut dari kerusakan. 

5. Pemakaian krim perawatan rambut secara berkala

Anda dapat menambahkan produk krim perawatan rambut, baik berupa masker rambut, leave-in conditioner, atau produk leave-in hair treatment lainnya, untuk dipakai secara berkala 1-2 kali dalam seminggu. Produk-produk ini akan memberi ekstra kelembapan, hidrasi yang mendalam, dan tambahan nutrisi untuk rambut Anda, sehingga lebih lembut, mudah diatur, dan berkilau sehat. 

6. Keramas hanya saat dibutuhkan saja

Terlalu sering keramas tidak bagus efeknya baik rambut kasar dan mengembang yang biasanya cenderung kering. Untuk cara melembutkan rambut kasar dan mengembang, sebaiknya kurangi frekuensi keramas menjadi 1-2 kali saja dalam seminggu atau saat rambut dan kulit kepala sudah kotor. 

7. Hindari terlalu sering mewarnai dan meluruskan rambut

Rambut yang tampak gaya dan keren setelah diwarnai atau diluruskan memang bisa menjadi candu. Namun hati-hati karena kedua produk ini memiliki kandungan bahan yang cenderung keras untuk rambut sehingga dapat membuat rambut kering dan rusak jika terlalu sering dipakai. Sebaiknya beri jeda minimal enam minggu antara waktu pemakaian.

8. Memperhatikan asupan nutrisi

Nutrisi yang tepat akan memastikan rambut Anda tumbuh dengan sehat. Anda bisa memperbanyak konsumsi Vitamin A, C, D, E, biotin, niacin, dan zat besi karena merupakan nutrisi yang penting untuk Kesehatan rambut. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk rambut yang kandungan nutrisi sudah dipilih khusus untuk rambut sehat. 

9. Pilih sarung bantal dari kain sutera

Cara melembutkan rambut kasar dan mengembang ini memang unik tapi efektif untuk rambut yang kasar dan mengembang. Kain sutera yang licin akan membuat rambut tidak saling bergesekan saat Anda bergerak, sehingga terhindar dari kusut dan kerusakan. Jenis kain ini juga tidak menyerap kelembapan dari rambut, sehingga rambut tetap lembap saat Anda bangun tidur.

10. Trim rambut secara rutin

Apa pun gaya rambut Anda, memotong bagian ujung bawah rambut secara rutin akan mengurangi risiko rambut pecah, serta membantu mengempiskan rambut yang mengembang. Sebaiknya Anda trim rambut setiap 8-10 minggu. 

Rawat Rambut Kasar dan Mengembang dengan Shampo Hyaluronic Acid

L'Oréal Paris menghadirkan rangkaian produk perawatan rambut terbarunya, L'Oréal Paris Hyaluron Moisture, yang ditujukan untuk merawat rambut yang kering dan dehidrasi. Semua produknya mengandung bahan aktif hyaluronic acid yang terdapat secara alami di tubuh dan dikenal dengan kemampuannya mengikat sampai 1.000 kali beratnya di dalam air, sehingga dapat menghidrasi rambut dan kulit kepala dengan optimal.

L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo akan memastikan rambut dan kulit kepala Anda terjaga kelembapannya dan terhidrasi dengan baik sampai 72 jam tanpa terasa berat. Rambut Anda akan tampak lebih sehat dan berkilau indah. Untuk perawatan lengkap, Anda bisa menambahkan pemakaian L’Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Sealing Conditioner setelah keramas dan L’Oréal Paris Hyaluron Moisture Hydra Filling Night Cream sebagai leave-in hair treatment

Memahami cara melembutkan rambut kasar dan mengembang akan membantu Anda memilih produk perawatan terbaik dan sesuai dengan rambut Anda. Jika ingin mencoba L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo, dapatkan langsung produknya di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace favorit. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama di kota Anda.