Tahapan Membersihkan Wajah Untuk Jaga Kondisi Kulit

Skin Care PELAJARI TAHAPAN MEMBERSIHKAN WAJAH YANG TEPAT UNTUK JAGA KONDISI KULIT

Membersihkan wajah merupakan tahap awal yang penting dilakukan dalam rutinitas perawatan wajah Anda, baik pada pagi dan malam hari. Jika dilakukan dengan tepat, maka segala kotoran, minyak berlebih, sisa makeup, sisa sunscreen, dan lainnya, akan terangkat dengan sempurna, membuat wajah Anda bersih, segar, dan terhindar dari potensi munculnya jerawat. Kulit wajah juga akan menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Mengapa Membersihkan Wajah Harus Rutin Dilakukan?

Sehari-hari, mungkin Anda kadang lupa membersihkan wajah, apalagi saat Anda sedang work from home. Wajah yang terasa dan terlihat tidak kotor membuat Anda merasa belum perlu untuk membersihkannya. Padahal, bisa jadi pori-pori Anda sudah tersumbat oleh sel-sel kulit mati, partikel polusi, dan minyak berlebih, sehingga begitu terpapar bakteri, langsung muncul jerawat.

Manfaat membersihkan wajah yang utama adalah untuk mengangkat semua kotoran yang menempel di wajah. Jika dilakukan secara rutin, maka langkah perawatan wajah ini memiliki manfaat yang yang lebih besar, yaitu membantu menjaga agar kondisi kulit wajah Anda sehat dan bebas masalah. Selain itu, kulit wajah yang bersih juga membuat produk perawatan kulit wajah yang diaplikasikan setelahnya efektif bekerja di kulit. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membersihkan wajah. Tak hanya caranya, tapi juga waktu, frekuensi, dan pilihan produk pembersih kulit wajah. Pertimbangan ini tidak sama pada setiap orang karena tergantung dari aktivitas sehari-hari serta kondisi kulit wajah. Misalnya, Anda yang terbiasa menggunakan produk makeup tentu memiliki tahapan membersihkan wajah yang berbeda dengan yang hanya menggunakan produk skincare saja.

Pilih Produk Pembersih Wajah sesuai Kondisi Kulit

Apakah produk pembersih kulit wajah yang saat ini Anda gunakan sudah sesuai dengan kondisi kulit Anda? Untuk memastikannya, Anda harus harus mengetahui hal-hal ini terlebih dahulu:

  • Jenis kulit. Sebaiknya sesuaikan produk pembersih Anda dengan jenis kulit wajah. Anda juga bisa menggunakan produk pembersih yang ditujukan untuk semua jenis kulit karena biasanya sudah terbukti aman untuk semua jenis kulit. 
  • Masalah kulit. Jika kulit wajah Anda berjerawat, mengalami masalah pigmentasi, kulit kusam, atau masalah lainnya, maka carilah produk pembersih wajah yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.
  • Tujuan perawatan kulit secara keseluruhan. Pastikan apa tujuan perawatan kulit wajah Anda, misalnya: wajah tampak awet muda atau wajah tampak cerah dan glowing. Pastikan produk-produk perawatan kulit wajah yang Anda gunakan mendukung tercapainya tujuan tersebut, termasuk pembersih wajah.

Pembersih yang Membersihkan Wajah tanpa Membuat Kulit Kering

Jika Anda membutuhkan pembersih wajah yang dapat membantu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit wajah, maka Anda bisa menggunakan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua-Gel Wash. Pembersih ini memiliki tekstur gel sehingga dapat membantu membersihkan wajah dengan lembut. Tak hanya itu, kandungan hyaluronic acid di dalamnya efektif untuk menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi lembap dan kenyal. Dengan pemakaian rutin, kulit wajah Anda menjadi bersih, terhidrasi, elastis, dan tampak muda bercahaya.

Karena semua kulit wajah membutuhkan hidrasi untuk mempertahankan kelembapan kulit, maka L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua-Gel Wash dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama oleh kulit berjenis kering. Anda tak perlu khawatir pembersih wajah ini akan membuat kulit menjadi lebih kering, karena busanya yang lembut dan halus akan berkerja membersihkan dari segala bentuk kotoran serta mengangkat sisa makeup (non-waterproof) tanpa membuat kulit kering.

Anda yang tertarik menggunakan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua-Gel Wash untuk membersihkan wajah, bisa segera mendapatkan produk ini secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Cara Membersihkan Wajah yang Tepat dan Efektif

Proses membersihkan wajah tidak sekadar membasahi wajah dengan air lalu menggunakan produk pembersih wajah. Ada beberapa hal yang Anda harus terapkan saat melakukannya agar kulit wajah tak hanya bersih tapi juga terawat. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Cuci tangan Anda terlebih dahulu menggunakan sabun agar kotoran dari tangan tidak pindah ke wajah.
  2. Basahi wajah menggunakan air hangat. Hindari menggunakan air panas dengan tujuan “membuka” pori-pori karena hal itu merupakan mitos belaka. 
  3. Keluarkan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua-Gel Wash ke telapak tangan, gosokkan di kedua telapak tangan sampai berbusa, lalu usapkan di seluruh wajah sampai leher.
  4. Sambil meratakan busa dari pembersih wajah, pijat-pijat wajah dengan lembut menggunakan jari-jari tangan. Ini akan membantu mendorong kotoran di pori-pori untuk keluar. Lakukan langkah ini selama 60 detik di semua area wajah dan leher. 
  5. Bilas wajah menggunakan air hangat, lalu serap sisa air di wajah menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk.

Dalam kondisi wajah masih setengah basah, segera aplikasikan produk perawatan kulit selanjutnya. Produk perawatan kulit akan menyerap lebih cepat saat kulit masih setengah basah dibandingkan kulit yang sudah kering.

Tahapan Double Cleansing untuk yang Rutin Ber-Makeup

Dalam rutinitas perawatan kulit, menggunakan produk pembersih wajah merupakan tahap paling awal yang dilakukan. Jika Anda rutin menggunakan makeup, terutama makeup bersifat waterproof, maka tahap awalnya adalah mengangkat sisa makeup baru dilanjutkan ke tahap membersihkan kulit wajah. Tahapan membersihkan wajah dua kali ini disebut dengan double cleansing

Double cleansing dilakukan sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah pada malam hari. Sebagai pembersih makeup, Anda bisa menggunakan L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water yang dapat mengangkat sisa makeup yang waterproof. Micellar water ini juga dapat membersihkan pori-pori secara menyeluruh mulai dari mengangkat sel kulit mati hingga sebum.

Formula L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water ini juga sangat aman digunakan oleh Anda yang memiliki kulit berminyak dan sensitif. Terlebih untuk Anda yang memiliki masalah pada pori-pori, penggunaan rutin  L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water ini dapat membuat ukuran pori mengecil dan membuat kulit wajah sebening kristal.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  1. Tuangkan L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water ke kapas secukupnya, lalu usapkan di seluruh wajah dan leher.
  2. Untuk membersihkan make up waterproof di area mata dan bibir, kompres terlebih dahulu area tersebut dengan kapas yang sudah dibasahi micellar water selama kira-kira satu menit, setelah itu baru usapkan kapasnya untuk mengangkat make up
  3. Jika kapas sudah kotor, ulangi kembali langkah 1 beberapa kali sampai kapas terlihat bersih.

Setelah wajah bersih dari sisa makeup, maka Anda bisa lanjutkan ke tahap pembersihan wajah yang kedua menggunakan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua-Gel Wash. Wajah yang bersih dari semua kotoran, minyak berlebih, partikel polusi, dan sisa makeup akan Anda dapatkan tanpa membuat kulit kering.