CARI TAHU DI SINI PERBEDAAN ANTARA GARIS HALUS DAN KERUTAN WAJAH

Kulit wajah bisa dibilang merupakan area yang paling rentan mengalami masalah. Garis halus dan kerutan wajah adalah masalah yang paling umum muncul, bisa karena proses penuaan kulit secara alami atau akibat faktor eksternal. Untuk membantu Anda mengatasi dua permasalahan ini, ketahui perbedaan antara garis halus dan kerutan terlebih dahulu.

Garis Halus dan Penyebabnya

 

Garis halus adalah garis seperti retakan di kulit wajah yang muncul di area-area paling rentan seperti di area sudut, baik sudut mata dan sudut luar bibir. Kemunculan garis halus bisa dipicu oleh faktor eksternal dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti:

  1. Dehidrasi. Ketika cairan dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka sel-sel tubuh mengalami dehidrasi. Sel- sel kulit yang dehidrasi akan mengganggu kondisi ideal kulit.
  2. Sinar UV. Paparan sinar UV langsung di kulit dalam jangka waktu lama dapat merusak kesehatan kulit. Kulit akan kehilangan kekenyalannya, menjadi kering dan kusam, lalu memicu munculnya garis-garis halus.
  3. Merokok. Zat-zat berbahaya di dalam rokok bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Kontraksi otot-otot mulut saat mengisap rokok juga memicu kehadiran garis-garis halus di sekitar mulut.

Seiring waktu, kemampuan kulit untuk menahan cairan di dalamnya akan memudar. Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda minum air putih yang mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari. Minumlah air lebih banyak saat Anda banyak beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan matahari dalam waktu lama.  Garis halus di wajah juga bisa disamarkan dengan menggunakan produk perawatan dengan bahan aktif yang membantu menghidrasi dan melembapkan kulit, seperti hyaluronic acid, lactic acid, dan gula. 

 

Baca Juga : Cara Membuat Wajah Tampak Muda Dengan Perawatan Anti-Aging


Kerutan Wajah dan Penyebabnya

 

Kerutan di wajah biasanya pertama muncul pada usia 25-30 tahun. Seperti garis halus, kemunculannya juga di area-area yang rentan, seperti sudut mata. Seiring waktu, kerutan wajah akan muncul di area lainnya, mulai dari kerutan halus dan lama-kelamaan menjadi dalam dan terlihat jelas. 


Struktur kulit wajah ditopang oleh serat, kolagen, dan elastin yang bertugas untuk mempertahankan agar kulit tetap kenyal, elastis, dan teksturnya halus. Pertambahan usia membuat tiga penopang struktur kulit ini semakin sedikit diproduksi oleh tubuh dan menurun kemampuannya. Kecepatan sel-sel kulit dalam beregenerasi juga semakin melambat.

 

Faktor eksternal juga bisa memicu munculnya kerutan wajah. Radikal bebas dari lingkungan dapat menyerang serat di lapisan kulit. Sinar UV juga berperan dalam merusak kondisi ideal kulit, baik di dalam lapisan kulit maupun di permukaan kulit. Akibatnya, kerutan pada wajah menjadi semakin dalam dan jelas.


Melawan Hadirnya Kerutan Wajah

 

Seperti garis halus, kerutan di area wajah juga bisa ditunda dengan cukup minum air putih, mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, serta olahraga teratur yang akan membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit dan mempertahankan kemudaannya. Jangan lupa juga untuk selalu cukup tidur pada malam hari.


Untuk perawatannya, pilih skincare khusus untuk anti-aging yang membantu menyamarkan kerutan. Pilihlah produk-produk yang mengandung bahan aktif retinol, hyaluronic acid, Vitamin C, pro-xylane, dan glycolic acid. Sesuaikan kandungan produk dengan tingkat kedalaman kerutan. Selain itu, biasakan untuk selalu menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.