CARA MEMBUAT WAJAH TAMPAK MUDA DENGAN RUTINITAS PERAWATAN ANTI-AGING. INI LANGKAHNYA

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa mendapatkan kulit wajah yang tampak muda dan cantik hanya merupakan impian. Padahal, cara membuat wajah tampak muda sebenarnya sederhana, yaitu dengan menerapkan skincare routine khusus anti-aging setiap hari. Tentu saja, Anda harus mempelajari langkah-langkah yang tepat dan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda.

Skincare Routine sebagai Cara Membuat Wajah Tampak Muda 

 

Umumnya, skincare routine diterapkan pada pagi dan malam hari dengan langkah-langkah yang berbeda dan produk yang berbeda pula. Menggunakan produk perawatan wajah yang tepat pada waktu yang tepat akan memberi hasil yang optimal.


Perawatan kulit wajah pada pagi hari ditujukan untuk menghidrasi dan melindungi kulit dari serangan agresor seperti sinar UV dan polusi. Langkah-langkah dan produk yang digunakan cenderung lebih sedikit dibandingkan pada malam hari. Sementara perawatan kulit wajah pada malam hari merupakan cara membuat wajah tampak muda yang ditujukan untuk meremajakan serta mengatasi masalah-masalah kulit yang muncul akibat kerusakan sel-sel kulit dan kondisi kulit yang menurun. Karena itulah, produk-produk skincare yang digunakan pada malam hari cenderung lebih kaya nutrisi dibandingkan yang digunakan pada pagi hari.


Langkah 1: Membersihkan Makeup

 

Waktu: Malam hari.

Seminim apapun makeup yang Anda gunakan pada pagi sampai sore hari, Anda harus tetap membersihkannya dengan pembersih khusus makeup. Pembersih ini berbahan dasar minyak sehingga lebih optimal dalam membersihkan sisa makeup termasuk yang waterproof.


Langkah 2: Membersihkan Wajah

 

Waktu: Pagi dan Malam hari.

Cara membuat wajah tampak muda yang mendasar adalah membersihkan wajah. Pilih pembersih wajah yang lembut di kulit dan membantu melembapkan kulit, biasanya dalam bentuk cream cleanser dan milk cleanser. Hindari yang mengandung SLS (sodium lauryl sulfate) karena berpotensi membuat kulit wajah Anda iritasi dan kering. Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah yang sama untuk pagi dan malam hari.


Langkah 3: Eksfoliasi

 

Waktu: Malam hari.

Tumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit bisa membuat wajah terlihat kusam. Untuk mempercepat proses luruhnya sel-sel kulit mati di wajah, Anda bisa melakukan eksfoliasi secara rutin. Perhatikan toleransi kulit wajah Anda terhadap produk eksfoliasi yang digunakan. Jika tidak menyebabkan iritasi, Anda bisa melakukan eksfoliasi lebih sering sampai dua hari sekali.


Langkah 4: Aplikasi toner atau essence

 

Waktu: Pagi dan malam hari.

Kedua produk ini pada dasarnya berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah yang cenderung hilang saat proses pembersihan dan mengembalikan pH alami wajah. Dengan demikian, kulit wajah menjadi lebih siap untuk menerima nutrisi dari langkah perawatan kulit selanjutnya. 


Langkah 5: Aplikasi krim mata

 

Waktu: Pagi dan malam hari.

Kondisi kulit sekitar area mata yang berbeda dari kulit wajah lainnya membutuhkan krim yang diformulasikan khusus untuk area tersebut. Krim mata membantu menghidrasi, melembapkan, dan mengencangkan kulit di area mata untuk mengatasi masalah-masalah kulit area mata seperti kerutan, lingkaran hitam, dan kantung mata.


Langkah 6: Aplikasi serum

 

Waktu: Pagi dan malam hari.

Dalam perawatan anti-aging, serum merupakan produk yang wajib Anda gunakan pada pagi dan malam hari dengan tujuan yang berbeda. Serum memiliki kandungan bahan aktif dengan konsentrasi tinggi dan ukuran molekul yang kecil sehingga dapat meresap ke dalam lapisan kulit dengan mudah. Karena itu, serum dapat bekerja dengan cepat dan efektif sebagai cara membuat wajah tampak muda.


Pada pagi hari, pilih serum dengan kandungan hyaluronic acid yang menghidrasi kulit serta antioksidan (Vitamin C, Vitamin E, resveratrol) yang dapat membantu melindungi kulit wajah dari efek buruk radikal bebas dan sinar UV. Sementara untuk malam hari, pilih serum yang dapat membantu proses pembaruan sel-sel kulit dan mendorong produksi serat alami di dalam jaringan kulit, seperti hyaluronic acid, retinol, peptide, dan pro-xylane


Langkah 7: Melembapkan kulit

 

Waktu: Pagi dan malam hari.

Krim pelembap umumnya bekerja di permukaan kulit; fungsi utamanya adalah melembapkan serta mengunci air dan nutrisi di dalam lapisan kulit agar tidak menguap. Krim pelembap juga mengandung bahan aktif yang disesuaikan dengan waktu penggunaannya, walau tentu saja kadarnya tidak setinggi yang ada di dalam serum. 


Krim pagi biasanya mengandung sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV, antioksidan, serta bahan aktif yang membantu mengontrol produksi minyak di kulit. Berbeda dari krim malam yang bahan aktifnya lebih ditujukan untuk menghidrasi permukaan kulit dan membantu proses pembaruan sel-sel kulit selama Anda tidur. 

 

Baca Juga : Ini Alasan Wajib Menggunakan Krim Malam Sebelum Tidur


Langkah 8: Melindungi kulit

 

Waktu: Pagi hari.

Langkah terakhir dalam cara membuat wajah tampak muda adalah melindungi kulit wajah dari sinar UV yang merupakan agresor pemicu munculnya tanda-tanda penuaan di kulit wajah, sehingga perlindungan terhadap sinar UV sangat penting dalam perawatan kulit anti-aging. Pilih sunscreen yang memberi perlindungan cukup terhadap sinar UVB dan UVA dalam bentuk SPF dan PA. Tetap gunakan sunscreen walau Anda berada di dalam ruangan karena sinar UVB dapat menembus kaca jendela.


Itulah langkah-langkah skincare routine pada pagi dan malam hari yang dapat Anda terapkan sebagai cara membuat wajah tampak muda. Hasilnya tentu saja tidak instan, namun penerapan rutin setiap hari akan membantu memberi hasil yang Anda harapkan dari perawatan anti-aging.

 

Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.