PAKAI SUNSCREEN TAPI TAKUT KULIT WAJAH BERMINYAK? IKUTI LANGKAH BERIKUT AGAR WAJAH TAMPAK TANPA KILAP!

Perubahan iklim secara global membuat cuaca semakin panas dan sinar matahari yang sampai ke Bumi semakin terik. Untuk kita yang tinggal di negara tropis, di satu sisi hal ini membuat kita memiliki warna kulit tubuh yang indah dan eksotis. Namun, di sisi lain, paparan terik matahari yang terus-menerus mengharuskan kita bersahabat dengan sunscreen.

Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit wajah agar hasilnya optimal. Sunscreen untuk kulit berminyak, misalnya, menjadi jawaban bagi wanita pemilik kulit jenis berminyak yang khawatir wajahnya tampak mengilap atau justru menimbulkan banyak jerawat akibat menggunakan tabir surya. Selain jenis kulit, ada hal-hal lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih sunscreen. Berikut penjelasannya.

Faktor-Faktor Pertimbangan dalam Memilih Sunscreen

Pada dasarnya, semua produk sunscreen mengklaim dapat menghalangi paparan sinar UVA dan UVB dari matahari ke atas kulit. Hanya saja, untuk memilih produk yang tepat, Anda pun harus lebih selektif. Bukan hanya manfaat ini yang harus Anda perhitungkan sebelum menentukan sunscreen pilihan, tapi juga faktor-faktor lain seperti aktivitas yang biasa Anda lakukan, warna kulit, sampai ke jenis kulit wajah Anda.

1. Perhatikan aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan pada jam matahari bersinar terik, Anda membutuhkan sunscreen dengan perlindungan menyeluruh serta kadar SPF dan PA lebih tinggi. Namun jika Anda lebih sering beraktivitas di dalam ruangan, bisa menggunakan sunscreen dengan kadar SPF dan PA lebih rendah.

2. Warna kulit ikut menentukan pilihan sunscreen. Semakin terang dan putih kulit Anda, maka semakin tinggi kadar SPF dan PA dalam sunscreen yang Anda butuhkan. Sementara kulit yang gelap lebih terlindungi dari sinar UV karena kulit lebih banyak mengandung melanin, zat pigmen kulit yang juga berfungsi sebagai pelindung kulit.

3. Jenis kulit. Pasalnya, beda jenis kulit, beda pula sunscreen yang digunakan. Misalnya saja, kulit kering butuh kelembapan ekstra, sehingga penggunaan produk dengan kandungan bahan aktif yang melembapkan dan berbahan dasar minyak sangat membantu kulit tetap lembap. Sementara pilihan sunscreen untuk wajah berminyak sebaiknya berbahan dasar air. Hal ini agar sunscreen mampu menyerap dengan baik ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Untuk kulit wajah berminyak, pilihlah sunscreen yang bisa meresap dengan baik. Tekstur yang cair seperti lotion biasanya sangat ringan dan meresap dengan baik di kulit. Jika formula seperti ini masih terasa berat untuk kulit Anda, beralihlah ke sunscreen dengan tekstur gel. Jenis ini akan segera meresap di kulit tanpa meninggalkan jejak. Sunscreen untuk kulit berminyak biasanya juga mengandung formula yang memberi hasil akhir matte sehingga kulit tidak tampak seperti kilang minyak.

Salah satu produk sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak yang dapat Anda coba adalah L’ORÉAL UV Perfect Matte & Fresh*. Diperkaya dengan Mexoryl XL Filters yang dikombinasikan dengan Long UVA Filters untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, dilengkapi pula dengan Detoxyl yang membantu melindungi kulit wajah dari partikel polusi.

Sunscreen untuk kulit berminyak ini mengandung Mattifying Pure Clays yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih untuk hasil akhir matte (tampak tak mengilap). Pemakaian L’ORÉAL UV Perfect Matte & Fresh secara teratur membantu kulit wajah Anda melawan tanda-tanda penuaan, membantu menyamarkan noda hitam, dan merawat elastisitas kulit dengan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Sunscreen Wajah Untuk Si Kulit Berminyak dan Berjerawat

Alternatif: Pelembap yang Mengandung Sunscreen

Jika Anda bukan orang yang aktif di luar ruangan, pelembap pagi dengan sunscreen bisa menjadi alternatif sebagai sunscreen untuk kulit berminyak. Setelah menggunakan pelembap pagi yang sudah dilengkapi dengan sunscreen, maka Anda tak perlu lagi menggunakan tambahan sunscreen yang juga memperkecil kemungkinan wajah terlihat mengilap.

Namun, perlu diingat bahwa pelembap dengan sunscreen tidak memberi perlindungan penuh untuk Anda yang beraktivitas di bawah terik matahari terlalu lama. Untuk kebutuhan ini, sebaiknya aplikasikan sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak sebagai benteng perlindungan dari sinar matahari.

pelembap yang mengandung sunscreen, pastikan Anda memilih L’ORÉAL White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA+++. Pelembap dari rangkaian L’Oréal Paris White Perfect Clinical ini sudah dilengkapi perlindungan menyeluruh terhadap sinar UVB dan UVA berupa SPF 19 dan PA+++. Formulanya juga membantu menyamarkan noda hitam.

Dukung dengan Skincare untuk Kulit Berminyak

Menggunakan sunscreen merupakan langkah terakhir dalam skincare routine setiap pagi. Karena itu, jika Anda ingin menggunakan sunscreen untuk wajah berminyak tanpa membuat wajah terlihat mengilap, pastikan Anda juga menggunakan produk skincare lainnya untuk kulit berminyak.

Anda bisa memulai rutinitas perawatan wajah pagi hari dengan menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar air atau gel yang bersahabat dengan kulit berminyak. Setelah itu, Anda bisa lanjutkan dengan menggunakan scrub untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Sesudahnya, tepuk-tepuk kulit dengan handuk untuk menyerap air, langsung aplikasikan toner untuk menyeimbangkan pH kulit diikuti dengan aplikasi essence untuk melembapkan kulit.

Wajah Anda perlu dinutrisi menggunakan serum yang umumnya memiliki formula mudah meresap. Pilih serum yang sesuai untuk kulit berminyak, misalnya pore minimizing serum. Penggunaan serum diikuti dengan pelembap pagi. Pilih yang formulanya ringan, oil-free, dan non-comedogenic sehingga dapat melembapkan tapi tidak membuat kulit mengilap dan menyumbat pori. Terakhir, aplikasikan sunscreen untuk kulit berminyak untuk melindungi kulit dan mendukung tampilan tak mengilap.

Itu tadi beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak. Agar mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa menggunakan produk rekomendasi L’ORÉAL UV Perfect Matte & Fresh. Dapatkan sunscreen ini secara online di situs resmi L’Oréal Indonesia dan e-commerce, atau beli langsung di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka di kota Anda.

*Baca cara penggunaan dan peringatan.

16a PAKAI SUNSCREEN TAPI TAKUT KULIT WAJAH BERMINYAK IKUTI LANGKAH BERIKUT AGAR WAJAH TAMPAK TANPA K
Skip the slider: Body Care Articles

Temukan Tips & Trik Lainnya

Buat kulit kamu happy!

Skip the slider: Full Range

Improve look kamu!

Beri perawatan lebih untuk penampilanmu!