MENGATASI KULIT KUSAM AGAR WAJAH TAMPAK LEBIH MUDA DAN GLOWING DI USIA MATANG

Tanda-tanda penuaan di wajah tak hanya berupa garis-garis halus, kerutan, pigmentasi, dan kulit yang kendur saja. Kulit yang tampak kering dan kusam juga merupakan salah satu tanda penuaan kulit yang harus dilawan. Ada berbagai cara mengatasi kulit kusam yang bisa Anda lakukan, namun sebelumnya Anda harus perhatikan dulu penyebab kulit menjadi kusam agar tahu cara mengatasinya dengan tepat.

Kulit Wajah Kusam akibat Pertambahan Usia

 

Kulit wajah yang tampak kusam bisa dialami oleh pemilik jenis kulit apapun, karena penyebab utamanya adalah penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Tumpukan ini menghambat terbentuk sel-sel kulit baru yang segar di permukaan kulit dan membuat kulit wajah terlihat kusam, kering, dan terasa kasar. Secara alami, sel-sel kulit mati ini akan gugur dengan sendirinya, namun Anda bisa membantu prosesnya berjalan lancar dengan perawatan kulit yang tepat. 


Saat usia terus bertambah dan kulit ikut menua secara alami, kulit wajah jadi lebih mudah terlihat kusam. Pada usia 40-an, proses pergantian sel- sel kulit mulai melambat, ditambah lagi kulit mudah menjadi kering dan dehidrasi, sehingga kulit cenderung kehilangan kelembapan dan rona sehatnya. Ini yang membuat kulit jadi terlihat kusam dan tidak bercahaya.

 

Baca Juga : Cara Memilih Produk Anti Aging Berdasarkan Jenis & Masalah Kulit Wajah


Skincare Routine untuk Mengatasi Kulit Kusam

 

Saat mencapai usia matang, Anda harus semakin sadar dan paham akan kebutuhan kulit wajah Anda. Dengan demikian, Anda bisa memilih langkah perawatan dan nutrisi yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Tentu saja, Anda sudah harus beralih ke perawatan kulit khusus untuk anti-aging yang membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit, termasuk mengatasi kulit kusam,agar wajah tampak lebih muda.


Lakukan penyesuaian dalam skincare routine Anda dengan lebih mengutamakan produk-produk skincare yang membantu menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Pilih yang memiliki formula lembut sehingga tidak merusak skin barrier dan memicu iritasi. Pastikan kandungan bahan-bahan aktif dalam produk skincare Anda dapat membantu menghidrasi kulit, mendorong terbentuknya kolagen, mendorong proses pembaruan sel-sel kulit, mencerahkan kulit, dan memperbaiki skin barrier, seperti hyaluronic acid, retinol, Vitamin C, niacinamide (Vitamin B3),dan resveratrol.


Untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati, tambahkan langkah eksfoliasi dalam rutinitas skincare Anda, dimulai dari dua kali seminggu lalu lakukan lebih sering saat kulit wajah sudah terbiasa. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di tempat yang terpapar sinar matahari, karena sinar UV dari matahari dapat membuat kulit kering, kasar, dan terlihat kusam.


Perhatikan Juga Hal-Hal Ini

 

Suhu air. Hindari mandi dan membasuh wajah menggunakan air panas, karena dapat mengikis kelembapan alami kulit sehingga kulit wajah menjadi kering dan iritasi.

AC di dalam ruangan. Udara di dalam ruangan yang ber-AC cenderung sangat kering dan menarik kelembapan dari kulit. Gunakan air humidifier memberi suplai air ke udara sehingga kulit wajah Anda terjaga kelembapannya.

Gaya hidup. Merokok dapat memicu kulit menua lebih awal, begitu juga dengan kurang tidur. Kulit wajah pun mudah terlihat kusam dan lelah. Untuk mengatasi kulit kusam, ubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.