Melanin Adalah Zat Pewarna Alami Di Kulit Intip Cara Menguranginya

Skin Care MELANIN ADALAH ZAT PEWARNA ALAMI DI KULIT, INTIP CARA MENGURANGINYA

Mungkin Anda pernah mendengar kata melanin disebutkan saat membahas tentang hiperpigmentasi. Melanin adalah pigmen yang memberi warna alami bagi kulit, rambut, dan mata. Semakin gelap warna ketiganya, maka berarti jumlah melaninnya tergolong tinggi. Produksi melanin yang tinggi dan berlebih juga terjadi saat kulit wajah Anda mengalami hiperpigmentasi, karena itu produksinya harus dihambat agar jumlah melanin tak bertambah banyak.

Hubungan Melanin dan Hiperpigmentasi

Cara Mengurangi Produksi Melanin dan Jumlahnya di Kulit Wajah

Mengatasi Hiperpigmentasi dengan Rangkaian Glycolic Bright

Hubungan Melanin dan Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan penyebab munculnya noda gelap atau hitam di kulit. Saat hiperpigmentasi terjadi, maka sel-sel melanosit di kulit telah memproduksi melanin dalam jumlah besar akibat terpicu oleh faktor-faktor penyebabnya. Ini membuat area kulit tempat terdapatnya sel-sel tersebut menjadi lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya. Lapisan kulit yang mengandung pigmen melanin adalah epidermis, karena sel-sel melanosit terdapat di epidermis bagian bawah yang berbatasan dengan dermis. 

Ada banyak penyebab hiperpigmentasi, tapi beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan peningkatan produksi melanin adalah:

  • Paparan sinar matahari berlebih

Di dalam sinar matahari terdapat sinar UVA dan UVB yang jika memapar kulit dengan intensitas tinggi dan dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan. Sinar UVA yang memiliki gelombang lebih panjang akan masuk ke dalam lapisan kulit dan merusak sel-sel dan jaringan kulit. Saat itulah, sel-sel melanosit akan memproduksi melanin dalam jumlah besar, karena peran melanin adalah menyerap sinar UV sebelum merusak sel-sel kulit. Hiperpigmentasi ini disebut dengan lentigo. 

  • Peradangan 

Peran lain melanin kulit adalah sebagai antioksidan yang menetralkan kerusakan yang terjadi pada sel-sel kulit akibat radikal bebas. Karena itulah, saat tubuh mengalami peradangan, melanin langsung diproduksi dalam jumlah besar. Hiperpigmentasi yang terjadi akibat peradangan sering disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH), salah satu bentuknya adalah noda hitam bekas jerawat.

  • Fluktuasi hormon

Saat produksi hormon di tubuh perempuan sedang tidak seimbang, dalam artian ada hormon-hormon yang diproduksi dalam jumlah lebih besar dari yang lain, maka dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang disebut dengan melasma. Ibu hamil umum memiliki melasma di wajah, begitu juga dengan perempuan yang mengalami menopause dan mengonsumsi pil kontrasepsi. Melasma akan hilang dengan sendirinya jika hormon sudah stabil.

  • Konsumsi obat-obatan

Penyebab lain meningkatnya jumlah melanin adalah konsumsi beberapa jenis obat-obatan, seperti obat anti-inflamasi non-steroid, anti-malaria, anti-depresan, dan obat kemoterapi. Seperti melasma, noda hitam yang terbentuk juga akan hilang setelah konsumsi obat-obatan berhenti.

Cara Mengurangi Produksi Melanin dan Jumlahnya di Kulit Wajah

Walau sangat bisa mengurangi jumlah melanin berlebihan yang menyebabkan terbentuknya noda hitam, tapi prosesnya butuh waktu dan tidak bisa instan. Bahkan jika Anda melakukan prosedur di klinik kecantikan, seperti chemical peeling, mikrodermabrasi, atau terapi laser, noda hitam akan memudar secara bertahap karena jumlah melanin tak lagi bertambah dan/atau telah dikurangi.

Selain prosedur di klinik kecantikan, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi jumlah melanin adalah memakai produk-produk skincare untuk mencerahkan wajah secara rutin. Cara ini memang butuh waktu lebih lama sampai hiperpigmentasi benar-benar teratasi, bahkan sampai berbulan-bulan, tapi jika Anda disiplin melakukannya, maka hasilnya nyata. Umumnya, bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam produk skincare bekerja dengan cara mencegah produksi melanin sehingga noda hitam bisa lebih cepat dihilangkan, tapi ada juga yang bekerja dengan cara mengurangi melanin di kulit. 

Beberapa bahan aktif dalam produk skincare yang dapat mempengaruhi jumlah melanin adalah:

  • Hydroquinone

Jika Anda berkonsultasi ke dokter kulit mengenai masalah hiperpigmentasi, maka kemungkinan besar Anda akan diberi obat oles yang mengandung hydroquinone karena memang efektif untuk mencegah produksi melanin dengan cara mengurangi jumlah sel-sel melanosit di kulit. Namun karena hydroquinone tergolong bahan yang keras di kulit, maka di Indonesia, pemakaiannya harus di bawah pengawasan dokter kulit dan tidak dijual bebas. 

  • Vitamin C

Juga merupakan bahan aktif yang populer dalam mengatasi hiperpigmentasi, karena Vitamin C dapat menghambat kerja enzim tirosinase yang penting dalam produksi melanin. Vitamin C juga dapat membantu mencerahkan noda hitam yang terbentuk, terutama lentigo.

  • Glycolic acid

Zat asam yang masuk kelompok alpha-hydroxy acid (AHA) ini akan membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit dan mendorong terjadinya regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih cepat sehingga jumlah sel-sel kulit yang menggelap pun berkurang. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa glycolic acid dan lactic acid, zat asam dari kelompok AHA lainnya, dapat mempengaruhi kerja enzim tirosinase dalam memproduksi melanin. 

  • Niacinamide 

Merupakan bahan aktif yang disebut sangat efektif dalam mengatasi hiperpigmentasi. Berbeda dari bahan aktif lainnya, cara niacinamide mengurangi jumlah melanin adalah dengan mencegah perpindahan melanin dari sel-sel melanosit ke sel-sel kulit lainnya. Produk skincare dengan kandungan niacinamide, termasuk serum yang mengandung niacinamide, juga efektif dalam mencerahkan noda hitam. 

  • Symwhite 377

Bahan aktif yang sedang trending ini dapat membantu mengatasi wajah yang kusam sehingga tampak bercahaya dan cerah merata. Symwhite 377 disebutkan juga memiliki kemampuan mencegah produksi melanin serta merupakan antioksidan sehingga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Mengatasi Hiperpigmentasi dengan Rangkaian Glycolic Bright

Jika Anda mengalami masalah hiperpigmentasi, maka perawatan kulit memakai rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright dapat menjadi solusinya. Rangkaian ini memiliki kandungan bahan aktif yang terbukti dapat mengatasi hiperpigmentasi, yaitu brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite. Dikembangkan terinspirasi dari prosedur peeling, L'Oréal Paris Glycolic Bright dapat membantu menyamarkan noda hitam hingga -57% dengan hasil mulai terlihat dalam waktu dua minggu. 

Rangkaian L’Oréal Paris Glycolic Bright dirancang secara khusus untuk kulit perempuan Asia dan memiliki empat manfaat untuk mengurangi masalah kulit wajah berupa noda hitam, kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan teksturnya terasa kasar. Produk-produknya terdiri dari:

  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam yang membantu mengeksfoliasi dan mengurangi tampilan kulit kusam untuk kulit tampak glowing merata. 
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum yang memiliki konsentrasi 1% brightening glycolic acid untuk menyamarkan -57% noda hitam dalam empat minggu, Glycolic acid serum ini dapat mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi noda hitam hingga ke akarnya.
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17 yang membantu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam untuk kulit glowing merata. Terbukti secara klinis dapat meningkatkan perlindungan kulit melawan sinar UV dari matahari penyebab noda hitam.
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream yang diformulasikan dengan brightening glycolic acid dan antioksidan Vitamin E sehingga dalam semalam membantu mencerahkan dan menjadikan kulit tampak bercahaya. 
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask yang mengandung konsentrasi tertinggi brightening active untuk secara intens menutrisi dan meratakan warna kulit dalam pemakaian selama 15 menit.

Cara efektif untuk mengurangi jumlah melanin adalah dengan melakukan perawatan kulit wajah dengan produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif yang tepat, seperti rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright. Langsung saja dapatkan rangkaian ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace favorit. Anda juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.