Manfaat Argan Oil Untuk Rambut

Hair Care MANFAAT ARGAN OIL UNTUK RAMBUT YANG JARANG DIKETAHUI

Mungkin Anda pernah menjumpai kandungan argan oil terdapat di dalam komposisi bahan produk perawatan kulit wajah. Namun tahukah Anda kalau sebenarnya banyak manfaat yang diberikan argan oil untuk rambut?

Manfaat argan oil untuk rambut memang masih jarang diketahui orang banyak. Padahal, minyak asal Maroko ini sangat andal untuk merawat rambut agar rambut menjadi sehat, lembut, dan bercahaya.

Argan Oil: Emas Cair dari Maroko

Manfaat Argan Oil untuk Rambut

Memilih Argan Oil yang Berkualitas

Cara Menggunakan Argan Oil untuk Rambut

Argan Oil: Emas Cair dari Maroko

Perkembangan zaman dan ditambah dengan populernya penggunaan minyak tumbuhan untuk perawatan kulit dan rambut, membuat berbagai jenis minyak tumbuhan merambah pasar. Salah satunya yang populer dan banyak digemari adalah argan oil yang berasal dari Maroko. 

Argan oil diekstraksi dari biji pohon argan. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam argan oil cukup tinggi, salah satunya adalah asam lemak esensial berupa asam linoleat (omega-6) yang kandungannya mencapai 29-36 persen. Sementara itu, ada pula asam lemak oleat (omega-9) yang kandungannya 43-49 persen dari keseluruhan asam lemak di argan oil. Minyak ini juga kaya akan antioksidan, salah satunya adalah Vitamin E.

Karena memiliki begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, maka masyarakat Maroko menyebut minyak argan sebagai “emas cair”. Argan oil juga tergolong aman digunakan dan nyaris tanpa efek samping, sehingga relatif aman untuk dikonsumsi serta digunakan di tubuh bagian luar.

Manfaat Argan Oil untuk Rambut

Awalnya, argan oil lebih banyak digunakan sebagai bahan kandungan dalam produk-produk perawatan kulit wajah dan jarang digunakan untuk perawatan rambut. Namun kini, penggunaan argan oil untuk rambut semakin meningkat. Apalagi dengan semakin banyaknya penelitian yang membuktikan khasiat argan oil untuk rambut, sehingga semakin banyak yang menggunakan minyak ini untuk perawatan rambut.

Beberapa manfaat argan oil untuk rambut adalah sebagai berikut: 

  • Melembapkan dan melumasi rambut 

Kandungan asam lemak yang dominan dari argan oil, yaitu asam linoleat dan asam oleat, terbukti dapat terserap dengan baik oleh batang rambut. Karena ukuran molekulnya yang kecil, maka minyak argan dapat terserap masuk lewat kutikula yang terangkat lalu melembapkan batang rambut dari dalam. Tak hanya itu, minyak ini juga melumasi bagian luar setiap helai batang rambut, membuatnya lembut dan licin sehingga tidak mudah kusut.

  • Mencegah kerusakan akibat diwarnai

Sebuah penelitian di Brazil pada tahun 2013 telah membuktikan bahwa penggunaan produk-produk perawatan dengan kandungan satu persen argan oil untuk rambut dapat membantu mengurangi kerusakan pada rambut yang diwarnai. Penggunaan produk-produk tersebut langsung setelah proses pewarnaan rambut akan mengurangi jumlah protein yang hilang dari rambut, serta membantu menyehatkan kembali kutikula rambut yang rusak. 

  • Mengurangi dampak penggunaan alat-alat hair styling

Tak hanya mencegah kerusakan akibat cat rambut, manfaat minyak argan untuk rambut juga mencegah kerusakan akibat panas tinggi dari alat-alat hair styling. Jika diaplikasikan secara rutin, maka kandungan asam lemak dari argan oil akan membentuk semacam lapisan pelindung batang rambut. Lapisan inilah yang mencegah rambut rusak, patah, dan pecah-pecah akibat panas tinggi serta akibat menyisir rambut terlalu kasar. 

  • Menjaga kesehatan kulit kepala

Kandungan antioksidan yang tinggi dan anti-inflamasi di argan oil dapat membantu menjaga kondisi kulit kepala agar sehat dan terhindar dari peradangan. Jika Anda memiliki kulit kepala dengan psoriasis, maka minyak ini dapat membantu peradangan tersebut. Kandungan antibakteri di argan oil juga dapat membantu mengatasi infeksi bakteri di kulit kepala yang dapat menyebabkan munculnya ketombe dan gatal-gatal.

  • Mengatasi efek buruk sinar matahari

Menemukan produk untuk melindungi kulit kepala dan rambut dari efek buruk sinar matahari cukup sulit untuk ditemukan. Anda bisa mencontoh cara yang dilakukan para perempuan Maroko yang menggunakan argan oil untuk rambut yang menunjukkan tanda-tanda rusak akibat paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan yang tinggi di argan oil akan membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel rambut, sehingga rambut kembali sehat.

Memilih Argan Oil yang Berkualitas

Membaca berbagai manfaat argan oil untuk rambut ini, mungkin Anda ingin bergegas untuk membelinya dan menjadikannya bagian dari perawatan rambut Anda. Namun sebelum langsung melakukannya, pelajari dulu cara memilih argan oil yang berkualitas, yaitu: 

  • Pilih produk yang mengandung 100 persen argan oil murni tanpa campuran apapun.
  • Produk argan oil yang dibuat dengan metode cold pressed akan lebih baik karena tidak banyak nutrisi yang hilang saat pengolahannya.
  • Pilih produk yang ditujukan untuk penggunaan kosmetik (cosmetic grade) dan bukan untuk konsumsi (food grade). Argan oil jenis cosmetic grade umumnya tidak berbau, sementara jenis food grade umumnya berbau seperti kacang. Jika minyak berbau tengik dan menusuk, maka berarti minyak tersebut berkualitas  rendah atau sudah rusak.
  • Untuk mencegah kerusakan, maka produk argan oil biasanya dikemas menggunakan botol kaca berwarna gelap. Hindari membelinya jika kemasan produk menggunakan plastik dan/atau berwarna bening. 

Cara Menggunakan Argan Oil untuk Rambut

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat argan oil di atas, Anda bisa menggunakannya dengan dua cara, yaitu aplikasi di kulit kepala dan di rambut. Anda dapat melakukan cara berikut untuk aplikasi argan oil, baik untuk merawat kulit kepala maupun rambut.

Argan oil untuk rambut dapat Anda gunakan sebagai leave-in conditioner atau sebagai pelindung rambut sebelum penggunaan alat-alat hair styling. Langkah-langkah aplikasinya serupa, hanya waktu penggunaaanya berbeda. Jika ingin digunakan sebagai leave-in conditioner, maka aplikasikan di rambut yang basah setelah keramas. Sedangkan jika untuk pelindung rambut, maka gunakan beberapa saat sebelum 

  1. Keluarkan 2-3 tetes argan oil ke telapak tangan, ratakan sampai terasa hangat. 
  2. Aplikasikan minyak ini di rambut secara merata. Hindari mengaplikasikannya di kulit kepala. Tunggu sampai menyerap.
  3. Anda bisa mengulang langkah 1 dan 2 jika dirasa kurang, misalnya karena rambut Anda panjang dan tebal.
  4. Anda bisa langsung menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang basah atau menata rambut dengan alat hair styling

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan argan oil untuk perawatan kulit kepala, maka angkah-langkah aplikasinya adalah:

  1. Teteskan 2-3 tetes argan oil ke kulit kepala, bisa lebih jika dirasa kurang.
  2. Ratakan minyak di kulit kepala sambil dipijat lembut. Lanjutkan pemijatan sampai selama lima menit setelah minyak diaplikasikan merata.
  3. Bungkus kepala dengan handuk hangat, lalu diamkan selama satu jam agar minyak menyerap dengan baik di kulit kepala.
  4. Setelahnya, keramas menggunakan shampoo sampai bersih dan tidak ada minyak tersisa di kulit kepala.

Itulah berbagai info yang bisa Anda pelajari untuk mendapatkan manfaat argan oil untuk rambut. Selamat mencoba!