Kenalan Dengan Glycolic Acid Yang Atasi Permasalahan Umum Kulit

Skin Care KENALAN DENGAN GLYCOLIC ACID YANG ATASI PERMASALAHAN UMUM KULIT

Acid atau asam merupakan salah satu kandungan yang paling populer digunakan untuk berbagai produk perawatan kulit. Ada beberapa jenis asam yang umum digunakan di produk skincare, salah satunya adalah glycolic acid. Asam ini banyak digunakan sebagai bahan aktif di produk untuk kulit berjerawat, anti-aging, serta eksfoliasi.

Asam dengan Banyak Keajaiban untuk Kulit

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bisa diperoleh secara alami dari buah, susu, atau gula. AHA bermanfaat untuk membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, sehingga proses regenerasi kulit bisa terjadi lebih cepat dan optimal. Hasilnya, kulit akan tampak lebih sehat, segar, cerah, dan tekstur kulit tampak lebih baik.

Lalu, apa yang membuat jenis asam ini lebih menonjol di antara jenis AHA lainnya? Jawabannya terletak pada struktur kimianya. Asam glikolat memiliki molekul paling kecil dibanding jenis AHA lainnya, sehingga lebih mudah untuk menembus sampai ke lapisan kulit terdalam dan memberikan manfaat secara efektif.

Manfaat Glycolic Acid untuk Atasi Permasalahan Umum Kulit

Karena kelebihannya, glycolic acid banyak dijadikan bahan aktif di produk skincare untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Berikut deretan manfaat glycolic acid yang perlu Anda ketahui:

1. Melawan tanda penuaan 

Jika Anda ingin memulai perawatan kulit dengan fokus anti-aging untuk mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan sejak dini, maka produk skincare dengan kandungan glycolic acid bisa menjadi pilihan. Pasalnya, asam ini memiliki manfaat sebagai eksfoliator yang efektif di lapisan atas kulit sehingga mengurangi tampilan garis-garis halus serta kerutan. 

Proses eksfoliasi ini memicu regenerasi sel-sel kulit baru, serta meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Tak hanya itu, asam AHA ini membantu meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga tekstur kulit terasa halus dan lembut.

2. Meratakan warna kulit

Asam glikolat juga dapat mengatasi permasalahan warna kulit yang tidak rata atau hiperpigmentasi, seperti noda bekas jerawat, noda hitam akibat sinar matahari, dan melasma. Prosesnya tidak jauh berbeda seperti saat melawan tanda penuaan kulit, yaitu dengan melemahkan ikatan sel-sel kulit mati di lapisan atas kulit sehingga mudah luruh. Dengan penggunaan yang konsisten, proses ini secara efektif akan memudarkan hiperpigmentasi dan menghasilkan tampilan warna kulit yang merata.

3. Mengatasi jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang meradang akibat pori-pori yang tersumbat dan terpapar bakteri. Sebagai eksfoliator, asam glikolat tak hanya mampu meluruhkan tumpukan sel-sel kulit mati dari kulit wajah, tapi juga membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Dengan mengatasi penyebabnya, maka jerawat juga menjadi lebih cepat teratasi.

4. Mengecilkan pori-pori kulit wajah

Tampilan pori-pori kulit wajah yang besar umum ditemui di kulit yang berminyak dan kulit menua. Jika Anda memiliki permasalahan kulit ini, Anda perlu menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan glycolic acid secara rutin. Pasalnya, asam ini mampu membersihkan pori-pori dari kotoran hingga ukuran pori-pori menyusut dan tampak lebih kecil.

5. Menghidrasi kulit

Meski memiliki fungsi utama sebagai eksfoliator, asam glikolat juga dapat diandalkan untuk menghidrasi kulit. Hal ini dikarenakan asam ini bersifat humektan, yaitu secara kimiawi dapat menarik molekul air dari udara atau dari dalam tubuh untuk menghidrasi kulit. 

Glycolic Acid dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Secara umum, asam glikolat merupakan jenis asam yang ringan dan aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, pemilik kulit sensitif atau kulit dengan kondisi tertentu, seperti eksim atau rosacea, tentunya perlu berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak menyebabkan iritasi. 

Anda dapat memperhatikan empat hal di bawah ini sebelum memasukkan asam glikolat ke dalam rutinitas perawatan kulit wajah Anda:

  • Memulai dengan konsentrasi rendah

Cara menggunakan glycolic acid yang benar adalah memulai dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu, yaitu di bawah 10%. Anda juga bisa menggunakan produk dengan kandungan asam ini yang dapat dibilas untuk penggunaan awal, seperti sabun pencuci wajah. Jika kulit Anda telah terbiasa, Anda bisa menggunakan exfoliating toner, exfoliating serum, hingga peeling pads.

  • Lakukan patch test

Jangan lupa untuk selalu melakukan patch test sebelum mengaplikasikan produk skincare dengan kandungan asam glikolat. Untuk memulainya, Anda dapat mengoleskan sedikit produk di area dahi Anda pada malam hari. Jika Anda tidak mengalami iritasi atau terjadi iritasi ringan dalam waktu 24 jam, maka produk aman untuk digunakan.

Namun, jika Anda mengalami iritasi parah dalam waktu 24 jam, seperti kulit kemerahan dan mengelupas, maka Anda perlu memilih produk dengan kandungan asam glikolat yang lebih rendah. Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan asam AHA lainnya yang lebih lembut, seperti lactic acid (asam laktat).

  • Waktu penggunaannya

Perlu diingat bahwa asam ini memiliki fungsi sebagai eksfoliator, sehingga sebaiknya tidak digunakan untuk perawatan kulit sehari-hari. Sebagai permulaan, Anda dapat melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali seminggu, lalu saat kulit sudah terbiasa, tingkatkan penggunaan hingga 4-5 kali seminggu.

Setelah menggunakan produk eksfoliasi, jangan lupa untuk mengaplikasikan moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit. Jika menggunakannya pada pagi hari, aplikasikan sunscreen secara merata karena kulit yang baru di eksfoliasi akan menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Ulangi aplikasi sunscreen setiap dua jam untuk memastikan kulit wajah terlindungi optimal.

  • Kombinasi penggunaannya

Glycolic acid dapat digunakan bersamaan dengan eksfoliator lainnya yang bersifat lembut dari jenis asam BHA dan PHA. Namun, penggunaan glycolic acid tidak boleh dicampur dengan eksfoliator yang lebih keras, seperti scrub wajah, benzoyl peroxide, atau retinol. Hal ini bisa menyebabkan kulit Anda menjadi sangat sensitif, sehingga lebih mudah mengalami iritasi atau breakout.

Secara keseluruhan, glycolic acid aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit dan dapat membantu mengatasi permasalahan kulit yang umum. Kunci untuk mendapatkan manfaat yang optimal adalah dengan menggunakannya secara bertahap. Dengan penggunaan yang tepat, kulit wajah Anda menjadi sehat, bersih, cerah, serta bebas jerawat dan tanda-tanda penuaan dini.