Make Up KENALAN DENGAN APLIKATOR MAKE UP DARI BEAUTY BLENDER HINGGA BRUSH

Riasan tidak hanya tergantung dari produk makeup yang diaplikasikan, tapi juga pilihan aplikator makeup yang digunakan. Ada perempuan yang lebih memilih menggunakan brush untuk hasil riasan terbaik; ada juga yang lebih percaya diri menggunakan jari atau memilih menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan dan membaurkan produk makeup saat merias wajah.

Pentingnya Mengenal Aplikator Makeup 

Maraknya vlog mengenai beauty tutorial yang dibuat oleh selebriti, vlogger, ataupun ahli kecantikan, bisa saja memudahkan Anda mendapatkan banyak tips kecantikan yang dibutuhkan. Namun, banjirnya informasi ini juga dapat membuat Anda bingung, tips merias wajah yang mana yang perlu Anda ikuti.

Selain produk makeup dan gaya riasan, ada baiknya Anda juga mengenal jenis aplikator makeup terlebih dahulu. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis aplikator serta cara penggunaan yang tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil riasan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Pada dasarnya, perbedaan antara brush (kuas), spons, atau penggunaan jari tangan terletak pada produk makeup yang akan Anda aplikasikan. Walau begitu, selera, kebutuhan, dan kenyamanan biasanya ikut menentukan aplikator seperti apa yang akhirnya digunakan.

Berbagai Aplikator Makeup dan Fungsinya

Anda mungkin takjub melihat betapa banyaknya alat makeup yang dimiliki oleh seorang makeup artist. Kuas saja bisa ada puluhan dengan bentuk yang beragam. Masing-masing alat makeup tersebut memiliki fungsinya sendiri, yang berguna untuk mengaplikasikan produk makeup atau mengoptimalkan hasil riasan. 

Anda tidak perlu memiliki alat makeup selengkap makeup artist profesional untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, tak ada salahnya Anda mencari informasi dan memahami tentang aplikator makeup beserta fungsinya.

  • Brush

Kuas merupakan aplikator makeup yang penting untuk Anda miliki, terutama satu set kuas dasar. Kuas merupakan aplikator yang ideal untuk mengaplikasikan bayangan (shadow) dan mengaplikasikan bedak agar menempel dengan lebih halus dan merata di kulit wajah. Untuk kebutuhan sehari-hari, Anda hanya perlu memiliki kuas untuk aplikasi foundation, bedak, blush on, makeup alis, serta 2-3 jenis kuas untuk aplikasi eyeshadow

  • Spons

Spons sangat ideal untuk mengaplikasikan foundation dengan hasil yang alami dan flawless. Spons membuat foundation merata di kulit dan membuat riasan bertahan sepanjang hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari spons, selalu basahi spons sebelum digunakan. Saat ini, spons yang banyak digunakan untuk aplikasi makeup adalah beauty blender.

  • Puff

Aplikator makeup ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan bedak dalam bentuk powder dan pressed powder. Namun saat ini ada puff berjenis air cushion puff yang dapat digunakan mengaplikasikan complexion makeup dalam bentuk cair, seperti cushion dan foundation

  • Jari

Mungkin Anda termasuk salah satu yang senang menggunakan jari untuk mengaplikasikan dan membaurkan riasan. Jari memang sangat bagus untuk aplikasi produk seperti eyeshadow, concealer, dan foundation. Menggunakan jari untuk mengaplikasikan makeup juga membuat pigmentasi produk makeup menjadi lebih pekat dan lebih cepat membaur. 

Riasan juga akan lebih tahan lama saat Anda mengaplikasikan makeup menggunakan jari tangan. Jika Anda memilih untuk menggunakan jari, selalu ketuk produk makeup dan jangan pernah menggosok atau mencongkelnya. Agar terhindar dari jerawat, Anda juga harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mulai merias wajah. 

Berbagai Keunggulan Beauty Blender

Beauty blender adalah spons makeup dengan berbagai bentuk dan fungsi. Pada awalnya, bentuknya lonjong mirip telur dengan bahan yang super lembut, tapi kini hadir berbagai beauty blender dalam bentuk yang bervariasi.  Spons makeup ini memiliki pori-pori yang halus yang membuat hasil akhir makeup tampak natural. Bila spons makeup klasik menggunakan bahan lateks, maka beauty blender terbuat dari busa antimikroba non-lateks.

Spons ini paling sempurna untuk mengaplikasikan produk dengan tekstur krim dibandingkan menggunakan brush. Produk makeup akan menempel dan membaur dengan baik di kulit, menghasilkan tampilan yang flawless dan merata dibandingkan menggunakan brush. Aplikasi menggunakan beauty blender juga lebih baik daripada spons makeup biasa, sehingga Anda hanya perlu menggunakan lebih sedikit foundation dan hemat waktu merias.

Bentuk dan jenis beauty blender sendiri bervariasi dan memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi beauty blender sesuai bentuk di antaranya adalah:

  • Bentuk oval yang biasanya digunakan untuk mengaplikasikan foundation, concealer, dan blush on.
  • Bentuk pir digunakan untuk aplikasi makeup di area yang sulit dijangkau seperti mata dan hidung, 
  • Bentuk rata digunakan untuk aplikasi foundation di dahi dan pipi. Bagian yang rata juga biasa digunakan untuk mengaplikasikan bronzer atau bedak agar riasan bisa tahan lama.

Walau merupakan favorit, tapi penggunaan beauty blender yang perlu dibasahi terlebih dahulu mungkin akan merepotkan bagi Anda bila sedang berada dalam perjalanan. Spons ini juga perlu dibersihkan setelah digunakan agar tidak menjadi tempat bersarangnya kuman penyebab jerawat.

Aplikasi Complexion Makeup dari L'Oreal Paris

Setelah mengetahui tentang berbagai jenis aplikator makeup, Anda akan lebih paham cara mengaplikasikan complexion makeup. Berikut ini pilihan complexion makeup dari rangkaian L’Oréal Paris Infallible berikut cara aplikasinya:

  • L’Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation.

    Foundation cair ini memiliki high coverage dengan hasil akhir matte yang dapat bertahan sampai 24 jam. Formula 24H Oil-Control, 24H Shine-Control menyerap minyak secara instan dan menjaga makeup tetap matte seharian. Foundation ini memiliki tekstur ringan serta bersifat transferproof, waterproof, dan sweatproof sehingga makeup tidak akan luntur atau berpindah ke masker. 

Cara aplikasi: Keluarkan foundation secukupnya lalu aplikasikan di beberapa bagian wajah seperti pipi, hidung, dagu, dan dahi menggunakan jari. Anda bisa meratakan dan membaurkan foundation menggunakan jari, brush, dan beauty blender

  • L’Oréal Paris Infallible More Than Concealer.

    Berfungsi menyamarkan noda hitam, kantung mata, dan bekas jerawat di kulit wajah, concealer cair ini memiliki high coverage tapi dengan hasil akhir natural yang dapat bertahan sampai 24 jam. 

Cara aplikasi: Aplikasikan concealer menggunakan aplikatornya di area bawah mata dan di noda-noda yang ingin ditutupi. Kemudian, baurkan dan ratakan menggunakan beauty blender.  

  • L’Oréal Paris Infallible 24H Oil Killer High Coverage Powder.

    Bedak ini memiliki high coverage dengan hasil matte yang natural. Anda akan mendapat tampilan kulit wajah yang terlihat halus dan bebas minyak yang bertahan sampai 24 jam. Teksturnya ringan sehingga dapat menyatu dengan kulit, tidak cakey, dan tidak membuat kulit wajah kering. Bedak ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan sensitif.

Cara aplikasi: Anda bisa menggunakan spons makeup yang terdapat di dalam kemasan bedak dan mengaplikasikan bedak dengan cara ditepuk-tepuk atau menggunakan powder brush

Penggunaan aplikator makeup yang tepat, dari beauty blender hingga brush, dapat membantu complexion makeup di atas teraplikasikan dan membaur dengan sempurna. Dapatkan ketiga produk L’Oréal Paris Infallible ini di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris di e-commerce/marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko kosmetik terdekat.