FUNGSI CONCEALER DAN TRIK APLIKASINYA SUPAYA RIASAN LEBIH FLAWLESS

Concealer adalah salah satu produk makeup yang wajib ada di dalam tas kosmetik Anda. Tak hanya bisa diandalkan untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, concealer juga punya banyak fungsi lainnya. Seperti arti dari namanya, fungsi concealer adalah untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan di kulit wajah, baik itu lingkaran hitam, noda, bekas luka, atau sekadar membuat warna kulit terlihat lebih rata.

Untuk riasan yang flawless, Anda harus memahami jenis-jenis concealer dan trik pengaplikasian sesuai dengan kegunaan concealer yang Anda inginkan.

Jenis-jenis Concealer

Di luar sana, ada beberapa jenis concealer yang bisa Anda temukan. Berikut penjelasan jenis-jenis concealer tersebut beserta manfaatnya.

a. Liquid concealer

Concealer ini merupakan jenis concealer paling umum. Liquid concealer cocok untukdigunakan di bagian bawah mata dan menutupi noda kemerahan untuk berbagai jenis kulit. Anda bisa memilih liquid concealer yang sesuai jenis kulit dengan hasil akhir yang berbeda-beda, seperti dewy (untuk kulit kering), matte (untuk kulit berminyak), dan satin (untuk kulit normal dan kombinasi). Sebaiknya gunakan liquid concealer sesuai jenis kulit agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

Karena concealer jenis cair umumnya buildable, maka liquid concealer bisa digunakan beberapa lapis untuk menutup noda membandel agar wajah terlihat flawless. Liquid concealer juga bisa digunakan di atas foundation karena teksturnya lebih ringan sehingga lebih mudah dibaurkan dan tidak cakey.

b. Cream concealer

Dibandingkan dengan liquid concealer, concealer berbentuk krim memiliki tekstur yang lebih pekat dan memberikan coverage yang lebih tinggi. Jenis concealer ini banyak digunakan oleh pemilik kulit wajah kering karena teksturnya yang creamy. Cream concealer bisa Anda temui dalam kemasan jar, pot, dan palet, serta bisa diaplikasikan menggunakan jari tangan langsung ataupun brush dan spons, sebelum atau sesudah penggunaan foundation sesuai kebutuhan Anda.

c. Stick concealer

Sesuai dengan namanya, concealer satu ini dikemas dalam bentuk stik. Tekturnya lebih padat dan creamy dibanding concealer lainnya dengan coverage yang lebih tinggi. Fungsi concealer ini selain untuk menutup noda juga bisa dijadikan sebagai krim contouring karena konsistensinya yang pekat dan memberi warna yang nyata. Jenis concealer ini bisa diaplikasikan sebelum atau sesudah penggunaan foundation sesuai dengan kebutuhan Anda.

d. Color corrector

Jenis dan fungsi concealer yang satu ini agak berbeda dari concealer lainnya. Jika concealer lain memiliki warna yang mendekati warna kulit, maka color corrector memiliki beberapa warna, umumnya adalah ungu, kuning, dan hijau. Fungsi dari setiap warnanya pun berbeda-beda. Warna hijau biasa digunakan untuk menetralkan kemerahan di kulit, warna kuning untuk menyamarkan noda kehitaman, sementara warna ungu untuk mencerahkan. Aplikasi color corrector biasanya dilakukan sebelum menggunakan foundation yang kemudian ditutupi lagi menggunakan concealer.

Menutupi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Urutan adalah kunci dalam fungsi concealer untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Untuk menghilangkan efek “mata panda”, akan lebih baik jika Anda menggunakan liquid concealer alih-alih stick.

Caranya:

1. Buat segitiga terbalik di bawah mata menggunakan concealer.

2. Aplikasikan concealer dengan cara ditepuk-tepuk, lalu baurkan menggunakan kuas atau spons.

3. Jangan diusap atau disapukan. Menepuk-nepuk concealer akan mencegahnya retak dan menggumpal.

Menutupi Area Kemerahan di Sekitar Hidung

Fungsi concealer lainnya adalah untuk menutupi kemerahan. Untuk area di sekitar hidung, sering kali concealer sulit membaur dengan benar. Area hidung memang tricky dan cenderung lebih kering dibanding area wajah yang lain, jadi lagi-lagi Anda sebaiknya menggunakan liquid concealer.

Saat area ini sedang kering-keringnya, jangan lupa untuk menggunakan pelembap dan face primer sebelum mengaplikasikan liquid concealer. Dan untuk hasil yang lebih baik, gunakan setting powder atau setting spray setelah selesai mengaplikasikan keseluruhan makeup.

Menutupi Jerawat

Selain menutupi lingkaran hitam, salah satu fungsi concealer yang paling umum adalah untuk menyamarkan jerawat. Khusus untuk jerawat, pilihlah concealer dengan coverage tinggi. Sebelum mengaplikasikan concealer, totolkan dulu obat di jerawat lalu tunggu sampai meresap, atau bersihkan jerawat terlebih dahulu dengan hand sanitizer. Setelahnya, baru Anda boleh mengaplikasikan concealer.

 

Menutupi Bekas Luka

Fungsi concealer yang lain adalah menutupi bekas luka. Pilihan concealer harus disesuaikan dengan jenis bekas luka yang akan ditutupi. Jika bekas luka Anda terlihat menonjol, gunakanlah liquid concealer yang ringan dan creamy, sedangkan untuk bekas luka yang rata dengan kulit gunakan concealer dengan formula yang lebih kental dan hasil akhir matte.

Concealer Penjawab Tantangan

Untuk berbagai fungsi concealer di atas, Anda bisa memilih L’Oréal Paris Infallible More than Concealer, liquid concealer yang emberi coverage tinggi untuk menutupi ketidaksempurnaan wajah Anda, seperti bekas jerawat, lingkaran hitam, dan warna kulit yang tidak merata. Formula ringan, ultra-blendable, dan waterproof memungkinkan liquid concealer ini untuk menjawab semua tantangan. Aplikatornya yang besar membuat concealer ini mudah digunakan. L’Oréal Paris Infallible More than Concealer tersedia dalam enam shade yang sesuai untuk kulit wanita Indonesia, sekaligus membantu menjaga riasan Anda tetap flawless seharian.

 

Mencegah Concealer Cakey dan Creasing

Tantangan menggunakan concealer di area bawah mata yang paling umum adalah hasilnya yang lama-kelamaan terlihat cakey (menumpuk seperti dempul) dan creasing (menggumpal di kerutan atau lipatan kulit). Agar fungsi concealer maksimal dan Anda terhindar dari masalah ini, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

a. Pastikan kulit area mata Anda bersih dan lembap sebelum aplikasi concealer. Kulit yang lembap membantu mencegah concealer menjadi cakey. Oleskan eye cream favorit dan biarkan meresap terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan primer untuk menghaluskan tekstur kulit, terutama kerutan di sekitar mata, sehingga concealer tidak creasing.

b. Pilih jenis concealer yang sesuai dengan jenis kulit. Jenis dan tekstur concealer yang tepat akan memberi coverage yang baik dan tahan lama.

c. Gunakan produk secukupnya. Jangan tergoda untuk mengaplikasikan concealer sampai berlapis-lapis untuk menutupi noda. Jika harus mengaplikasikan concealer berlapis-lapis untuk menutupi noda membandel, mulailah dengan lapisan yang tipis baru setelahnya ditumpuk dengan concealer dengan coverage tinggi.

d. Set menggunakan bedak. Gunakan bedak translusen untuk mengunci concealer Anda. Teknik yang disebut dengan baking ini bisa membuat concealer tahan lama dan menutup sempurna sepanjang hari.

Fungsi concealer sebagai penutup noda dan ketidaksempurnaan di kulit wajah bisa didapatkan dengan penggunaan yang tepat. Jangan lupa, pilih concealer dengan formula terbaik yang sesuai dengan jenis kulit wajah untuk hasil yang flawless, seperti L’Oréal Paris Infallible More than Concealer. Anda bisa membelinya di website L’Oréal Indonesia atau membeli langsung di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan dan toko kosmetik terkemuka.

34a FUNGSI CONCEALER DAN TRIK APLIKASINYA SUPAYA RIASAN LEBIH FLAWLESS
Skip the slider: Body Care Articles

Temukan Tips & Trik Lainnya

Buat kulit kamu happy!

Skip the slider: Full Range

Improve look kamu!

Beri perawatan lebih untuk penampilanmu!