WAJIB TAHU! INI KANDUNGAN SKIN CARE DAN CARA AMAN MENGGUNAKANNYA

Saat menggunakan produk skin care, apakah Anda termasuk orang yang cermat memilih kandungan bahan-bahannya atau percaya dengan klaim manfaat produk saja? Memiliki pengetahuan tentang kandungan skin care sebenarnya dapat membantu Anda untuk lebih selektif memilih produk skin care yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit wajah Anda. Ibarat buku, Anda tak melihat dari sampulnya saja, tapi juga isinya.

Mempelajari Kandungan Skin Care di Dalam Produk

Anda mungkin pernah mengalami rasa kesal saat produk skin care yang Anda gunakan tidak memberi hasil seperti yang diklaim oleh produk tersebut, padahal Anda sudah menggunakan dalam jangka waktu lama. Daripada terus-menerus kesal dan menyesal, lebih baik Anda menambah wawasan tentang kandungan skin care agar hal ini tidak terjadi lagi. Dengan memahami kandungannya, Anda bisa langsung membuktikan apakah klaim produk skin care tersebut memang nyata atau hanya untuk kepentingan penjualan saja.

Selain manfaatnya, hal yang harus Anda pahami mengenai kandungan skin care yang tertulis di kemasan produk adalah urutan penulisan bahan-bahannya. Penulisan daftar bahan ini diurutkan berdasarkan konsentrasi tertinggi sampai terendah. Kadang ada produk yang mengklaim mengandung bahan aktif A dan mempromosikan segala manfaatnya, tapi di urutan penulisan bahan-bahan ternyata terletak paling akhir. Ini berarti Anda tidak akan mendapatkan banyak manfaat dari kandungan bahan tersebut karena konsentrasinya sangat rendah dengan jumlah sedikit.

Memang, konsentrasi bahan aktif dalam sebuah produk skin care tidak harus tinggi, tapi harus mencukupi. Konsentrasi bahan aktif yang tinggi kadang tidak dibutuhkan, bahkan bisa berbahaya jika digunakan sesuka hati karena harusnya digunakan dengan pengawasan dokter kulit. Karena itu, komposisi skin care yang aman dan efektif dalam merawat kulit adalah saat bahan aktifnya memiliki konsentrasi yang cukup dan dapat ditoleransi oleh tubuh. Biasanya urutan penulisan bahan-bahan ini ada di bagian awal sampai tengah, tapi tidak di bagian akhir. 

Kandungan Skin Care yang Esensial untuk Semua Jenis Kulit

Ada banyak sekali kandungan skin care dan bahan aktifnya yang harus Anda ketahui dan pelajari. Apalagi saat ini, dengan semakin meningkatnya kesadaran melakukan skin care routine, semakin banyak pula penemuan bahan-bahan aktif baru. Anda harus lebih jeli lagi memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda. 

Berikut ini beberapa jenis bahan aktif dari produk-produk skin care yang terbagi berdasarkan jenis kulit dan masalah kulit wajah yang Anda alami.

Kulit berminyak:

  • Salicylic acid: Merupakan salah satu bentuk dari BHA (Beta-hydroxy acid), eksfoliator ini dapat membersihkan kulit wajah sampai ke pori-pori dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Tugas ini dilakukan tanpa membuat kulit menjadi kering. 
  • Clay: Terkenal dengan kemampuannya menyerap minyak di kulit wajah serta membersihkan pori-pori secara optimal. Biasa digunakan sebagai bahan pembuat masker wajah. Temukan di L'Oréal Paris Pure Clay Mask.

Kulit kering:

  • Hyaluronic acid: Molekul gula yang memiliki kemampuan menahan 1.000 kali beratnya di dalam air, sehingga dapat menghidrasi kulit wajah dengan optimal, membuatnya jadi kenyal dan lembut. Temukan di L'Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum.
  • Ceramide: Lipid yang terdapat di dalam lapisan stratum corneum atau yang merupakan bagian dari skin barrier. Ceramide membantu skin barrier melindungi kulit wajah dari agresor lingkungan serta mencegah air di lapisan kulit menguap ke udara. 

Kulit normal:

  • Glycerin: Pelembap humektan yang paling banyak digunakan dalam produk skin care. Glycerin membantu menjaga kelembapan kulit wajah dan menghidrasinya, sehingga kulit menjadi sehat dan lembut. Temukan di L'Oréal Paris Hyaluronic Acid Plumping Day Cream.
  • Niacinamide: Turunan dari Vitamin B3, senyawa ini dikenal dengan manfaat mencerahkan dan meratakan warna kulit sehingga sering digunakan dalam skin care untuk mencerahkan kulit. Juga memiliki manfaat antiinflamasi dan menenangkan kulit yang meradang. Temukan di L'Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector – Bright & Clear.

Kulit rentan berjerawat:

  • Benzoyl peroxide: Sangat efektif untuk mengobati jerawat karena kemampuannya membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Centella asiatica: Herba yang memiliki manfaat antiinflamasi tinggi sehingga dapat meredakan peradangan kulit akibat iritasi dan jerawat. Dikenal di Indonesia sebagai daun pegagan, herba ini juga membantu melindungi kulit dari agresor lingkungan. Temukan di L'Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence

Kulit menua:

  • Retinol: Merupakan turunan dari Vitamin A, retinol sangat dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan hiperpigmentasi. Retinol juga dapat digunakan untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat. Temukan di L'Oréal Paris Revitalift Night Cream.
  • Peptide: Adalah asam amino yang menjadi penyusun protein-protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga ketahanan dan kekuatan jaringan kulit. Tanpa peptide yang cukup, tanda-tanda penuaan di kulit akan dengan cepat muncul. 

Penggunaan Bahan Aktif Skin Care secara Bersamaan

Hal lain yang perlu Anda pelajari tentang kandungan skin care adalah penggunaannya yang aman. Anda perlu tahu bahwa ada kandungan skin care yang boleh dipakai bersamaan dan ada juga yang tidak. Ini beberapa di antaranya:

  • Retinol dengan glycerin. Retinol dikenal dapat membuat kulit menjadi kering dan teriritasi. Jika dipadukan dengan dengan bahan aktif yang menghidrasi dan melembapkan, seperti glycerin, maka efek samping dari retinol tersebut dapat dikurangi.
  • Vitamin C dan sunscreen. Penggunaan serum yang mengandung Vitamin C pada pagi hari sangat dianjurkan karena dapat membantu mendorong kinerja SPF di dalam sunscreen. Selain itu, Vitamin C akan membantu menetralisir radikal bebas terbentuk dari paparan sinar UV dari matahari. 
  • AHA/BHA dengan hyaluronic acid. Acid yang tergolong AHA (glycolic acid, lactic acid, mandelic acid, dan lainnya) serta BHA (glycolic acid) dapat membuat kulit dehidrasi dan iritasi. Karena itu, cocok digunakan bersama dengan hyaluronic acid yang andal menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit.
  • Niacinamide dan bahan aktif apa saja (kecuali Vitamin C). Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif yang kompatibel dengan hampir semua bahan kandungan skin care. Ini karena niacinamide bersifat antiinflamasi dan bereaksi minim saat dipadukan dengan bahan aktif lainnya. 

Setelah membaca berbagai informasi tentang kandungan skin care, diharapkan Anda menjadi lebih paham tentang cara memilih produk skin care yang tepat untuk kulit wajah Anda. Produk-produk L'Oréal Paris yang disebutkan di atas bisa Anda dapatkan secara online di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce. Anda juga bisa mendapatkan produk ini di gerai L'Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik di kota Anda.