SERUPA TAPI TAK SAMA, INI LOH PERBEDAAN MOISTURIZER DAN PELEMBAB

Ada begitu banyak produk skin care di pasaran, mungkin Anda bingung harus memilih yang mana. Untuk produk pelembab misalnya, ada day cream, night cream, moisturizer, moisturizing gel, moisturizing cream, dan lainnya. Untuk memilih produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit wajah, selain harus mengenali jenis kulit wajah terlebih dahulu, Anda juga harus memahami perbedaan moisturizer dan pelembab.

Mungkin Anda selama ini menganggap moisturizer dan pelembab adalah produk yang sama, tapi hanya penyebutannya menggunakan moisturizer untuk bahasa Inggris dan pelembab untuk bahasa Indonesia. Baik moisturizer dan pelembab memang sama-sama ditujukan untuk membantu melembabkan kulit wajah, sehingga kulit wajah Anda terasa lebih lembut dan tidak kering. Keduanya juga memiliki bentuk yang serupa, bisa dalam bentuk krim, losion, dan gel. Namun ada beberapa perbedaan moisturizer dan pelembab yang sebenarnya sangat jelas, di antaranya adalah manfaat dan bahan kandungannya. 

Perbedaan Moisturizer dan Pelembab dari Segi Manfaat

Manfaat merupakan perbedaan moisturizer dan pelembab yang sangat jelas. Moisturizer umumnya bekerja dengan cara menghidrasi kulit agar lembab dan menjaga kelembaban tersebut agar tidak mudah hilang dengan menahan kandungan air di dalam lapisan kulit. Karena itu, manfaat moisturizer akan lebih dirasakan oleh pemilik kulit wajah yang sedang dehidrasi, karena kulit yang dehidrasi membutuhkan produk yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit pada saat yang bersamaan.

Berbeda dengan pelembab yang ditujukan untuk menjaga kelembaban alami kulit yang sudah ada. Fungsi pelembab wajah sebenarnya mirip dengan skin barrier yang melindungi kulit dari agresor lingkungan dan mencegah kandungan air di dalam lapisan kulit menguap lewat pori-pori. Caranya adalah dengan membentuk lapisan di permukaan kulit wajah yang berfungsi sebagai pelindung dan pencegah air menguap. Lapisan ini juga mengisi celah dan retakan di lapisan sel-sel kulit, sehingga tekstur kulit menjadi halus dan lembut, serta mengurangi rasa gatal di kulit.

Perbedaan moisturizer dan pelembab lainnya dari segi manfaat adalah pelembab dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti mencerahkan, menghilangkan noda, menyamarkan kerutan, mengatasi jerawat, dan lainnya, sehingga kondisi kulit wajah menjadi ideal seperti yang Anda harapkan. Ini yang tidak dimiliki moisturizer yang lebih fokus menghidrasi dan melembabkan kulit wajah.

Beda Manfaat, Beda Pula Bahan Kandungannya

Karena memiliki perbedaan dari segi manfaat, maka bahan kandungannya juga pasti berbeda. Dengan manfaatnya untuk menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit, maka moisturizer umumnya memiliki bahan-bahan humektan yang dapat menarik molekul-molekul air dari udara untuk menghidrasi permukaan kulit wajah, atau jika berada di dalam lapisan kulit, maka molekul-molekul air ini akan ditarik dari dalam tubuh. Tak hanya itu, air yang sudah ditarik ini akan ditahan di kulit agar tidak menguap ke udara. 

Karena itulah, maka moisturizer kebanyakan mengandung glycerin, glycerol, berbagai bentuk hyaluronic acid, lidah buaya, madu, lactic acid, urea, dan PCA. Bahan-bahan ini ada juga yang terkandung di dalam produk pelembab tapi bukan merupakan yang utama.

Bahan-bahan kandungan dalam pelembab biasanya lebih bersifat emolien yang mengisi celah-celah di lapisan sel-sel kulit dengan membuat lapisan di permukaan kulit yang juga memperbaiki skin barrier. Bahan-bahan emolien ini di antaranya adalah lipid, ceramide, asam lemak, minyak, dan butter

Selain bahan-bahan emolien, pelembab juga memiliki bahan-bahan kandungan kosmetik yang membantu mengatasi masalah kulit wajah, seperti niacinamide yang digunakan untuk mencerahkan, Vitamin C dan turunannya yang memudarkan noda hitam, dan retinol yang dapat mengatasi jerawat dan mengatasi kerutan. Mengenali bahan-bahan aktif ini dapat membantu Anda menentukan produk pelembab yang cocok untuk masalah kulit wajah Anda.

Perbedaan Waktu Pemakaian Moisturizer dan Pelembab

Perbedaan moisturizer dan pelembab selanjutnya adalah waktu pemakaiannya. Mungkin Anda sudah familiar dengan produk pelembab pagi dan pelembab malam. Sesuai dengan namanya ini, maka waktu yang tepat untuk memakai pelembab adalah pada pagi hari sebelum beraktivitas dan pada malam hari sebelum tidur.

Pelembab pagi biasanya mengandung sunscreen untuk membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV dari matahari. Sementara pelembab malam biasanya mengandung bahan aktif yang membantu menutrisi kulit wajah saat sedang melakukan regenerasi ketika tidur malam hari. 

Berbeda dengan pelembab yang memiliki waktu khusus untuk pemakaiannya, moisturizer dapat Anda gunakan kapan saja saat kulit wajah terasa kering dan dehidrasi. Tekstur moisturizer biasanya lebih ringan dibanding pelembab, karena itu lebih cepat menyerap ke dalam kulit wajah dan langsung bekerja menghidrasi dan melembabkannya. 

Karena ada perbedaan moisturizer dan pelembab, maka Anda dapat menggunakan moisturizer sebelum menggunakan pelembab jika merasa kulit sedang sangat kering atau dehidrasi. Jadi kedua produk ini bisa saling melengkapi untuk membantu melembabkan kulit wajah.

Pelembab Pagi yang Mencerahkan Kulit Wajah

L’Oréal Paris memiliki berbagai varian produk pelembab yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah dan pada saat bersamaan membantu Anda mendapatkan kulit wajah idaman. 

Untuk Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang tampak cerah merona, maka pilihan pelembab pagi yang tepat untuk Anda adalah L’Oréal Paris White Perfect Day Cream SPF 17 PA++. Krim pencerah wajah sekaligus pelembab ini mengandung Melanin-Vanish yang membantu mencerahkan wajah 50X lebih kuat dibandingkan satu tetes Melanin-Block, sehingga membuat kulit wajah tampak cerah merata. Dilengkapi pula dengan kandungan Tourmaline Gemstone yang membantu membuat wajah tak hanya cerah tapi juga merona.

Untuk perlindungan terhadap sinar UV yang dapat membuat kulit wajah menggelap, pelembab pagi ini dilengkapi dengan sunscreen dengan kadar SPF 17 dan PA++. Pemakaian secara rutin akan membantu menyamarkan noda hitam serta membuat wajah tampak cerah merona.

Agar kulit wajah idaman Anda bisa segera didapatkan, lengkapi penggunaan L’Oréal Paris White Perfect Day Cream SPF 17 PA++ dengan pelembab malam L’Oréal Paris White Perfect Night Cream. Krim ini memiliki tekstur ringan yang membantu menyamarkan noda hitam dan membuat kulit wajah cerah merona dengan kandungan bahan-bahan berupa Vitamin C, Tourmaline Gemstone, dan Vitamin E. 

Setelah memahami perbedaan moisturizer dan pelembab, Anda akan dapat menentukan produk mana yang dapat menjawab kebutuhan kulit Anda. Seperti L’Oréal Paris White Perfect Day Cream SPF 17 PA++ yang menjawab kebutuhan Anda akan kulit wajah yang cerah merona. Beli segera pelembab pagi ini secara online di website resmi L'Oréal Paris Indonesia  atau di official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce. Anda bisa juga membelinya secara langsung di gerai-gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.