YUK, ATASI 7 MASALAH KULIT YANG MENJADI TANDA-TANDA PENUAAN DI USIA 40-AN

Penyair Oscar Wilde pernah berkata, “With age comes wisdom.” Saat usia bertambah, maka manusia juga makin bijaksana. Sebenarnya, tak hanya kebijaksanaan yang datang ketika usia bertambah, tapi juga berbagai masalah kulit wajah yang merupakan tanda-tanda penuaan. Saat masih usia 30-an, tanda-tanda penuaan tak terlalu tampak, namun langsung tampak jelas dan nyata di usia 40-an.

Perubahan kulit wajah ini merupakan hal yang alami sehingga Anda tak perlu cemas berlebihan dalam menghadapinya. Apalagi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi tentang kecantikan sudah sangat berkembang sehingga masalah-masalah ini dapat Anda atasi dengan skincare routine menggunakan produk-produk anti-aging. Berikut ini penjabaran tentang tujuh tanda-tanda penuaan yang umum muncul di wajah berikut cara mengatasinya. 


Masalah Kulit 1: Kulit Tampak Kusam

 

Sebagai salah satu tanda penuaan awal yang terlihat di kulit wajah, kulit wajah tampak kusam karena kehilangan cahaya alaminya. Penyebabnya adalah saat usia bertambah, proses pergantian sel-sel kulit secara alami akan melambat, membuat sel-sel kulit mati menumpuk di wajah. Kulit kusam juga dapat disebabkan oleh ketidakdisplinan dalam menggunakan pelembap pada pagi dan malam hari.


Lakukan ini: Untuk mengatasi kulit kusam, gunakan produk-produk skincare yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit wajah, sehingga kulit terhidrasi, lembap, kenyal, dan bercahaya. Pilih serum dan pelembap yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin yang dapat menghidrasi kulit secara optimal dan menjaga kelembapan kulit wajah. Lakukan juga eksfoliasi kulit wajah secara rutin menggunakan AHA dan/atau BHA. 


Masalah Kulit 2: Lingkaran Hitam di Area Mata

 

Sebenarnya lingkaran hitam di area mata dapat muncul sebelum usia 40, bahkan saat usia Anda masih remaja. Selain karena faktor genetis, lingkaran hitam dapat muncul akibat kurang tidur, kulit yang dehidrasi, dan penuaan kulit yang menyebabkan kulit di bawah mata menjadi lebih tipis. Kulit yang tipis membuat pembuluh-pembuluh darah terlihat lebih jelas dan ini memberi ilusi berupa bayangan gelap di bawah mata.


Lakukan ini: Sejak usia 20-an, biasakan untuk menggunakan krim mata sebelum tidur. Krim mata untuk usia 20-an lebih ditujukan untuk menjaga kelembapan kulit sekitar mata. Lanjutkan terus kebiasaan ini sampai usia 40-an, namun dengan krim mata khusus anti-aging yang membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti lingkaran hitam, bengkak, kantung mata, crow’s feet, dan kulit rapuh. 


Masalah Kulit 3: Kulit Kering dan Dehidrasi

 

Kulit wajah yang kering terjadi karena produksi minyak alami kulit menurun sehingga tak dapat melembapkan permukaan kulit dengan optimal. Berbeda dengan kulit yang dehidrasi; penyebabnya adalah kurangnya jumlah air di dalam lapisan kulit sehingga mengganggu kondisi jaringan kulit. Kedua kondisi ini akan memicu munculnya tanda-tanda penuaan, di antaranya adalah kerutan yang lebih dalam, kulit yang kendur, dan kulit tampak kusam.   


Lakukan ini: Penuhi kebutuhan kulit wajah Anda dengan penggunaan produk-produk skincare yang mengandung hyaluronic acid yang secara bersamaan dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Kandungan ceramide dan niacinamide juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dengan menjaga kondisi permukaan kulit. 


Masalah Kulit 4: Garis-garis dan Kerutan

 

Ada berbagai penyebab munculnya garis-garis wajah dan kerutan, yaitu keturunan, aktif berekspresi di wajah, penuaan kulit, serta serangan dari agresor lingkungan seperti sinar UV, polutan, dan asap rokok. Walau kemunculannya tidak bisa dicegah, namun bisa diperlambat dengan rutinitas perawatan kulit wajah yang tepat. Pada usia 40-an, tampilan garis-garis dan kerutan pun dapat disamarkan. 


Lakukan ini: Penggunaan serum dan krim pelembap yang memiliki formula anti-aging dengan kandungan bahan yang efektif dalam membantu menyamarkan kerutan. Hyaluronic acid, retinol, dan peptide membantu mengatasi masalah kerutan dari dalam jaringan kulit dengan membuat kulit wajah terhidrasi, lembap, kenyal, terasa halus, dan kencang. Kandungan antioksidan membantu menetralkan dampak buruk dari agresor lingkungan untuk membantu menyamarkan garis-garis dan kerutan. 


Masalah Kulit 5: Crow’s Feet

 

Crow’s feet adalah nama yang digunakan untuk kerutan yang terbentuk di ujung luar mata. Saat usia masih muda, kerutan ini muncul akibat pergerakan otot-otot wajah saat Anda tersenyum atau tertawa, namun kemudian menghilang. Dengan pertambahan usia, kulit sekitar mata menipis dan kerutan ini menetap lalu menjadi semakin dalam. Penggunaan krim mata sejak usia 20-an akan membantu memperlambat proses ini.


Lakukan ini: Penggunaan krim mata khusus anti-aging secara rutin setiap pagi dan malam hari dapat membantu menyamarkan tampilan crow’s feet. Pilih yang memiliki kandungan hyaluronic acid dan niacinamide yang membantu menghidrasi dan melembapkan kulit, ditambah dengan retinol dan arginine untuk mendorong produksi kolagen di jaringan kulit, sehingga crow’s feet menjadi tampak samar. 

 

Masalah Kulit 6: Elevens

 

Sebagai bagian dari kerutan di dahi, elevens adalah sebutan untuk dua garis vertikal yang terbentuk di antara alis, mirip dengan angka 11. Seperti crow’s feet, kerutan ini juga terbentuk secara alami akibat pergerakan otot wajah saat Anda mengernyit atau cemberut. Walau tak terhindar, namun elevens dapat disamarkan tampilannya dengan perawatan anti-aging menggunakan krim pelembap dan serum. 


Lakukan ini: Langkah dasar adalah penggunaan krim pelembap yang membantu menghidrasi dan melembapkan kulit wajah setiap pagi dan malam hari. Tambahkan dengan penggunaan serum yang mendorong produksi serat kolagen dan elastin sehingga kulit wajah menjad lebih kenyal, elastis, dan kencang. Dalam beberapa minggu, tampilan elevens dan kerutan di dahi akan tersamarkan. 

Masalah Kulit 7: Noda Hitam

 

Salah satu tanda penuaan yang umum adalah terbentuknya noda hitam. Paparan sinar UV dari matahari di kulit wajah yang tak terlindungi sunscreen, ditambah dengan penuaan kulit, akan secara perlahan membentuk noda hitam. Noda hitam juga dapat terbentuk akibat jerawat.


Lakukan ini: Karena paparan sinar UV sangat berpengaruh dalam terbentuknya noda hitam di kulit wajah, maka penggunaan sunscreen dengan spektrum luas menjadi solusi utama untuk mencegah terbentuknya noda hitam baru. Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 dan PA minimal ++. Sementara untuk menyamarkan tampilan noda hitam yang telah terbentuk, lakukan eksfoliasi wajah secara rutin dan gunakan krim pelembap atau serum dengan kandungan Vitamin C yang efektif mengatasi noda hitam.


Selain mengikuti saran yang diberikan untuk melawan tujuh tanda-tanda penuaan ini, terapkan juga skincare routine khusus anti-aging setiap pagi dan malam untuk mengatasi masalah kulit wajah Anda. 
Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.

 

Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: