5 TIPS PERAWATAN WAJAH USIA 30 TAHUN KE ATAS YANG MEMPERLAMBAT MUNCULNYA TANDA PENUAAN

Di usia 30-an, Anda menjadi lebih dewasa dan tanggung jawab semakin bertambah. Anda mendapat promosi jabatan di kantor, membeli rumah sendiri, memutuskan menikah atau membentuk keluarga, dan yang lainnya. Selain itu, ada perubahan lain yang terjadi secara alami, yaitu munculnya tanda-tanda penuaan di kulit wajah. Tak perlu cemas, dengan perawatan wajah usia 30 tahun ke atas, Anda dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan tersebut.

Beda Perawatan Wajah Usia 30 Tahun ke Atas dengan Usia 20-an

 

Saat usia 20-an, kulit wajah sedang dalam kondisi prima. Produksi serat kolagen dan elastin serta hyaluronic acid di dalam tubuh berlangsung normal, membuat kulit wajah terjaga kelembapannya, terasa kenyal dan kencang. Masalah kulit yang sering muncul adalah jerawat. Karena itu, pada usia ini perawatan kulit wajah fokus kepada mempertahankan dan menjaga kulit tetap dalam kondisi prima dengan melakukan eksfoliasi seminggu sekali, menghidrasi dan melembapkan kulit, serta melindungi kulit wajah dari sinar UV dan radikal bebas yang berpotensi merusak serat kolagen, elastin, dan sel-sel kulit. 


Kondisi prima ini mulai menurun saat memasuki usia 30. Kulit mulai terasa kering karena hyaluronic acid alami di dalam tubuh berkurang produksinya dan kulit mudah dehidrasi. Produksi kolagen dan elastin juga ikut menurun, kualitasnya pun berkurang karena terpapar sinar UV dan radikal bebas. Akibatnya, garis-garis halus dan kerutan pun muncul walau belum tampak jelas. 


Tanda-tanda penuaan ini memang baru tahap awal, namun pertambahan usia akan membuat kondisinya menjadi semakin jelas dan nyata, apalagi saat memasuki usia 40-an. Perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang lebih lengkap dan fokus ke anti-aging dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan yang ada dan memperlambat kemunculan yang baru.  


1. Saatnya Beralih ke Perawatan Anti-Aging

 

Kondisi: Garis-garis dan kerutan mulai terbentuk dan memutuskan untuk menetap di kulit wajah Anda, dimulai dari area mata dalam bentuk crow’s feet. Penuaan juga mulai berdampak ke kondisi di dalam lapisan kulit. Anda butuh perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang membantu memperlambat proses penuaan kulit ini. 


Solusi: Melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti tidur delapan jam sehari, berhenti merokok, minum air putih yang cukup, dan pola makan seimbang, dapat membantu mencegah kerusakan kulit lebih jauh. Ini menjadi saatnya juga bagi Anda untuk beralih ke penggunaan produk-produk skincare untuk anti-aging. Sebagai langkah awal, Anda bisa menggunakan produk multifungsi yang membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti mencerahkan wajah, menetralkan radikal bebas, menghidrasi kulit, dan memudarkan keriput.


2. Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam

 

Kondisi: Pada usia 30-an, sirkulasi di kulit wajah mulai melambat dan kulit menjadi kesulitan untuk membuang racun dan meluruhkan tumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Paparan sinar UV di kulit wajah yang tanpa perlindungan, radikal bebas dari polusi, ditambah dengan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan kurang tidur, dapat mempengaruhi produksi melanin sehingga kulit wajah menjadi belang.  


Solusi: Meningkatkan frekuensi melakukan eksfoliasi, dari sekali seminggu menjadi 2-3 kali seminggu, dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah tampak cerah dan glowing. Untuk meratakan warna kulit, Anda dapat menggunakan pelembap atau serum yang mengandung bahan yang mencerahkan kulit, serta antioksidan yang membantu memperbaiki efek buruk radikal bebas dan sinar UV.   


3. Aplikasi Sunscreen yang Tak Boleh Terlewatkan

 

Kondisi: Ada fakta yang mengejutkan bahwa 75 persen orang yang berusia 15-25 tahun tidak mau repot untuk mengaplikasikan sunscreen di wajah mereka untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari tak hanya berlangsung di permukaan kulit namun juga di dalam lapisan kulit karena sinar UVA dapat masuk sampai ke lapisan dermis dan membuat kerusakan di sana, termasuk merusak sel-sel kulit dan serat kolagen. Efek kerusakan ini tidak muncul secara instan, namun perlahan akan muncul tanda-tanda penuaan.


Solusi: Aplikasi sunscreen merupakan sebuah kewajiban dalam rutinitas Perawatan wajah usia 30 tahun ke atas, apalagi jika banyak beraktivitas di luar ruangan. Bahkan saat berada di dalam ruangan, Anda sebaiknya tetap menggunakan sunscreen karena sinar UVB dapat menembus kaca jendela. Pilih sunscreen dengan spektrum luas berupa SPF dan PA yang melindungi dari sinar UVB dan UVA, dengan tingkat SPF minimal 30 dan PA minimal ++. Untuk perlindungan optimal, aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali. 


4. Tambahkan Perawatan Mingguan berupa Sheet Mask

 

Kondisi: Dimulai dari usia 20-an akhir, kulit wajah akan cenderung menjadi lebih kering dan mudah dehidrasi. Karena itu, menghidrasi dan melembapkan kulit wajah merupakan kunci dasar dari Perawatan wajah usia 30 tahun ke atas. Kulit wajah yang terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya akan menjadi lebih kenyal serta membantu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, secara keseluruhan, kondisi kulit wajah Anda menjadi lebih baik dan terasa lebih nyaman. 


Solusi: Jaga kelembapan kulit wajah dengan aplikasi krim pelembap pada pagi dan malam hari yang mengandung bahan aktif yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan perawatan berupa penggunaan sheet mask tiga kali dalam seminggu pada malam hari sebelum aplikasi pelembap. Sheet mask mengandung bahan aktif yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit wajah Anda secara instan. Pada saat bersamaan, penggunaan sheet mask selama 15-20 menit juga dapat membantu kulit wajah Anda lebih relaks dan terasa segar. 


5. Mengatasi Dampak Jerawat Dewasa

 

Kondisi: Anda pikir sudah bisa meninggalkan masalah jerawat, ternyata pada usia 30-an, jerawat tetap dapat muncul, baik karena pengaruh hormon sebelum menstruasi maupun karena kebersihan kulit wajah yang tak terjaga dengan baik. Jerawat dapat menyebabkan munculnya berbagai ketidaksempurnaan di kulit wajah, mulai dari kemerahan saat meradang, juga bekas luka, noda hitam, bahkan bopeng saat jerawat telah sembuh.


Solusi: Perawatan wajah usia 30 tahun ke atas dilakukan untuk mengobati jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Menjaga kebersihan wajah menggunakan produk pembersih yang tepat menjadi langkah dasar yang penting untuk mencegah munculnya jerawat. Jika Anda terbiasa memakai makeup, seminim apapun, terapkan double cleansing dengan membersihkan makeup terlebih dahulu menggunakan micellar water atau cleansing oil, baru kemudian dilanjutkan dengan membersihkan wajah dengan facial foam. Jangan lupa aplikasikan obat jerawat sebelum menggunakan pelembap. 


Begitu memasuki usia 30 tahun, sesuaikan skincare routine Anda dengan perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Wajah Anda akan tampak lebih muda lebih lama. 
Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.

 

Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: