5 CARA MENGHINDARI TERBENTUKNYA KERUTAN WAJAH SAAT TIDUR

Mungkin Anda tak menyadari selama ini kalau kebiasaan tidur ternyata berpotensi menyebabkan terbentuknya kerutan wajah. Tidur dengan posisi yang salah sampai pilihan bantal dan kain sarung bantal yang kurang tepat lama kelamaan dapat membentuk kerutan di wajah. Ubah kebiasaan tidur Anda dari sekarang untuk menghindari terbentuknya kerutan atau memperdalam kerutan yang sudah terbentuk.

Bagaimana Kerutan Wajah bisa Terbentuk saat Tidur?

 

Saat sedang tidur, terutama dengan posisi tidur menyamping atau tengkurap, kulit wajah Anda yang bersentuhan dengan bantal sering kali terlipat akibat tekanan. Lipatan ini lah yang kemudian membentuk garis-garis bekas lipatan yang berpotensi menjadi garis kerutan, apalagi jika Anda punya kebiasaan tidur dalam posisi yang sama secara terus-menerus.


Biasanya garis lipatan terbentuk di pipi, dahi, dan dagu. Saat usia masih muda dengan kulit wajah masih kenyal dan elastis, garis lipatan kulit ini akan kembali seperti semula. Namun bagi yang sudah berusia 40-an dengan kondisi kulit wajah yang tidak seelastis dan sekenyal saat masih muda, garis lipatan kulit ini lama kelamaan akan menjadi semakin dalam dan akhirnya membentuk kerutan. 


Hindari Terbentuknya Kerutan dengan Cara Ini

 

Sulit memang, mengubah kebiasaan tidur Anda selama ini, namun bukannya tak mungkin. Mulailah lakukan perubahan-perubahan berikut untuk mencegah garis lipatan membentuk kerutan wajah

 

Hindari tekanan di wajah dengan tidur dalam posisi telentang. Bagi Anda yang tidak terbiasa tidur dalam posisi ini, mungkin rasanya tidak nyaman dan kemudian tak sadar mengubah ke posisi tidur yang biasa Anda lakukan. Cobalah berlatih, pada akhirnya Anda pun akan terbiasa.

 

Untuk membiasakan tidur dalam posisi telentang, letakkan bantal di sisi kanan atau kiri tubuh. Ini akan membantu mencegah Anda tidur dalam posisi menyamping karena tertahan bantal. Anda juga bisa menggunakan travel pillow di leher untuk menjaga kepala tidak bergerak ke kiri atau ke kanan lalu menempel di bantal

 

Jika Anda merasa sangat tidak nyaman tidur telentang, siasati dengan menggunakan bantal kecantikan atau bantal anti-wrinkle. Bantal ini memiliki desain yang unik sehingga wajah tidak menempel ke bantal walau Anda tidur menyamping. 

 

Mengganti sarung bantal berbahan polyester dan katun dengan yang berbahan satin atau sutera juga menjadi cara untuk menghindari terbentuknya kerutan wajah. Tekstur kain satin dan sutera yang lembut dan licin dapat mengurangi kulit wajah terlipat saat menempel di bantal.

 

Lakukan rutinitas skincare pada malam hari, tentunya dengan rangkaian skincare khusus anti-aging yang mengatasi kerutan. Pilih produk-produk dengan kandungan bahan aktif yang dapat menstimulasi produksi kolagen di jaringan kulit seperti retinol, Vitamin C, dan peptide, serta dapat membantu melembapkan juga membuat kulit wajah lebih kenyal dan elastis seperti hyaluronic acid.


Perhatikan kembali kebiasaan tidur Anda dan lakukan penyesuaian dalam skincare routine untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di kulit wajah, sehingga Anda tampak lebih muda.

Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.

 

Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: