BISA KOK, ANDA LAKUKAN SENDIRI TIGA CARA MENGENCANGKAN KULIT WAJAH INI!

Saat sedang bercermin, kulit wajah Anda terlihat tak lagi sekencang dulu. Kulit mulai mengendur dan turun, terutama di daerah pipi. Ini merupakan salah satu tanda penuaan kulit wajah yang disebabkan pertambahan usia. Cara mengencangkan kulit wajah yang memberi hasil instan adalah dengan melakukan prosedur di klinik kecantikan. Namun jika memilih cara yang lebih alami, Anda bisa melakukan tiga cara berikut ini.

Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Turun 

 

Seperti yang Anda ketahui, kulit manusia terdiri dari tiga lapisan. Di bawah lapisan epidermis, lapisan paling atas kulit, terdapat lapisan dermis yang empat kali lebih tebal dan padat daripada epidermis. Di lapisan kulit inilah terdapat serat elastin, kolagen, dan protein yang diproduksi alami oleh tubuh dan berfungsi untuk membentuk struktur kulit serta membuat kulit elastis.

 

Pertambahan usia membuat produksi kolagen melambat. Ini membuat kulit wajah tak lagi elastis, kenyal, dan kencang seperti sebelumnya; garis-garis dan kerutan pun bertambah dalam. Pertambahan usia juga menyebabkan lemak di lapisan terdalam kulit berkurang, menyebabkan adanya ruang kosong di bawah lapisan kulit. Perubahan ini juga memicu kulit wajah menjadi kendur dan turun.  

 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah di Rumah

 

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa cara mengencangkan kulit wajah hanya bisa dilakukan oleh ahlinya di klinik kecantikan. Padahal, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Hasilnya memang tidak instan, namun jika dilakukan secara rutin, kulit wajah yang lebih kenyal, elastis, dan kencang bisa Anda dapatkan. 

 

  1. Produk skincare yang mengandung hyaluronic acid.

Hyaluronic acid adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh dan terdapat di jaringan tubuh, terutama di kulit, persendian, dan mata. Di lapisan epidermis kulit, hyaluronic acid membantu menghidrasi dan mendorong proses pembaruan sel-sel kulit. Sementara di lapisan dermis, hyaluronic acid mengikat serat elastin dan kolagen kemudian mensintesis keduanya, sehingga membuat kulit wajah tampak halus dan kencang.


Pertambahan usia membuat produktivitas hyaluronic acid menurun drastis. Kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan kulit wajah menggunakan hyaluronic acid buatan, baik di serum, pelembap, dan sheet mask. Anda juga bisa memadukannya dengan bahan aktif lain yang membantu mendorong produksi kolagen, seperti retinol dan peptide.

 

2. Senam wajah.

 

Di wajah terdapat lebih dari 50 otot dan semua dapat berkurang kekencangannya karena faktor usia. Anda dapat melakukan senam wajah untuk mengencangkan otot-otot wajah sekaligus mendorong sirkulasi darah dan air agar lebih lancar serta mendorong proses sintesis alami hyaluronic acid di kulit wajah. Anda bisa mempelajari senam wajah di internet atau langsung dari ahlinya agar cara mengencangkan kulit wajah lebih efektif.

 

3. Pijatan di wajah.

 

Memijat wajah secara rutin dipercaya dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti kulit yang kendur, memudarkan garis-garis halus dan kerutan, serta membuat bentuk wajah kembali terdefinisi. Pijatan wajah juga membantu otot-otot wajah menjadi lebih relaks dan aliran darah menjadi lebih lancar. Anda bisa memijat wajah menggunakan tangan atau menggunakan alat seperti jade roller atau gua sha.  

Cara mengencangkan kulit wajah ini relatif mudah dan dapat Anda lakukan sendiri. Jadi, tak perlu keluar biaya besar untuk melakukan prosedur di klinik kecantikan yang lebih berisiko.

Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.

 

Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: