Skin Care ANDA HARUS TAHU! 12 BAHAN SKINCARE INI EFEKTIF MERAWAT DAN MENGATASI MASALAH KULIT WAJAH

Saat akan membeli produk skincare, mungkin Anda kewalahan melihat begitu banyak produk di pasaran yang menawarkan berbagai manfaat. Kebanyakan produk juga menuliskan berbagai kandungan bahan skincare di kemasannya, terutama bahan aktif yang populer dan diklaim dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah. Padahal Anda tidak tahu pasti apakah bahan tersebut benar efektif dalam memenuhi kebutuhan kulit wajah Anda atau tidak.

Untuk merawat kulit wajah, Anda tentu harus benar-benar tahu produk yang Anda gunakan termasuk kandungan bahan-bahan di dalamnya. Sebagai langkah awal, Anda dapat mempelajari dulu bahan-bahan yang umum terdapat dalam skincare, baru memilih yang mana yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah Anda. Berikut ini 12 bahan skincare yang populer dan dapat Anda pelajari manfaatnya, dengan urutan sesuai abjad.


1. Aloe Vera yang Menyejukkan Kulit

 

Beberapa tahun terakhir, aloe vera dalam bentuk gel sangat populer digunakan untuk melembapkan kulit, termasuk kulit wajah jenis apa pun. Namun sebenarnya, manfaat utama dari aloe vera adalah menyejukkan dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, aloe vera juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi iritasi, luka, dan mengurangi peradangan di kulit wajah.


2. Benzoyl Peroxide, Bahan Skincare untuk Mengatasi Jerawat

 

Kandungan skincare ini umum dijumpai di obat jerawat, baik sebagai bahan tunggal ataupun dikombinasikan dengan bahan lainnya. Benzoyl peroxide efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan membuka sumbatan pori-pori yang berpotensi menyebabkan jerawat. Selain obat jerawat, benzoyl peroxide juga bisa Anda temukan di produk skincare lainnya khusus kulit rentan berjerawat, seperti pembersih wajah dan krim pelembap.


3. Caffein untuk Perawatan Kulit Area Mata

 

Dari berbagai manfaat kafein untuk kulit, yang paling nyata terlihat adalah kemampuannya untuk merawat kulit area mata, mulai dari membantu mengurangi pembengkakan dan kantung mata, sampai ke membantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Secara keseluruhan, mata jadi tampak lebih segar. Kafein juga dapat membantu membuat kulit wajah menjadi lebih berenergi.


4. Ceramides yang Menjaga Kondisi Skin Barrier

 

Merupakan asam lemak yang diproduksi secara alami oleh tubuh, ceramides membantu memperbaiki skin barrier yang rusak dan menjaga kondisinya sehingga tidak mudah rusak akibat serangan agresor lingkungan. Bahan skincare ini juga membantu menjaga kelembapan di kulit wajah sehingga tidak mudah kering dan iritasi. 


5. Clay, Bahan Skincare untuk Detoksifikasi Kulit

 

Clay, atau tanah liat, sering digunakan sebagai masker, terutama bagi yang memiliki kulit wajah jenis berminyak. Manfaatnya yang paling menonjol adalah kemampuannya mendetoks kulit wajah dengan cara menyerap kotoran, partikel polusi, bakteri, dan minyak berlebih di kulit wajah sampai ke pori-pori. Ada juga beberapa jenis tanah liat yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, eczema, dan rosacea.


6. Glycolic Acid untuk Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

 

Termasuk alpha hydroxy acid (AHA) yang merupakan chemical exfoliator, manfaat utama dari glycolic acid adalah untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Glycolic acid bekerja dengan cara memutuskan ikatan antara lapisan sel-sel kulit mati di permukaan kulit dengan lapisan sel-sel baru di bawahnya, sehingga lapisan sel-sel kulit mati dapat dibersihkan dan sel-sel kulit baru dapat naik ke permukaan. Penggunaan AHA dalam produk skincare dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari, jadi jangan lupa aplikasikan sunscreen


7. Hyaluronic Acid, Andalan untuk Menghidrasi Kulit

 

Bahan skincare ini dikenal dengan kemampuannya menghidrasi dan melembapkan kulit wajah, baik di dalam lapisan kulit maupun di permukaan kulit. Hyaluronic acid ukuran molekul mikro yang terkandung di dalam serum dapat meresap masuk ke dalam lapisan kulit dan mengikat air untuk menjaga kadar air di dalam. Sementara hyaluronic acid dengan ukuran molekul makro dapat menarik air dari udara dan menghidrasi permukaan kulit wajah. 


8. Lactic Acid, Si Pelembap Kulit Kering dan Bersisik 

 

Seperti glycolic acid, lactic acid juga termasuk kelompok AHA yang digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan wajah, namun lactic acid lebih lembut daripada glycolic acid. Uniknya, lactic acid dapat meniru cara kulit menghidrasi dirinya sendiri, sehingga bahan skincare ini juga sering digunakan untuk membantu melembapkan kulit yang kering sekali dan bersisik. Lactic acid juga dapat membantu mendorong produksi serat kolagen alami, sehingga banyak digunakan untuk perawatan anti-aging.


9. Niacinamide untuk Mengurangi Peradangan

 

Secara keseluruhan, niacinamide membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Di permukaan kulit, niacinamide membantu mengurangi terjadinya peradangan, terutama di kulit yang rentan berjerawat dan eczema. Selain itu, kandungan ini juga dapat mendorong produksi ceramide dan membantu mencerahkan warna kulit. Sebagai antioksidan (Vitamin B3), niacinamide menjaga kulit dari efek stres oksidatif.


10. Retinol, Andal dalam Memudarkan Kerutan

 

Merupakan bahan skincare yang banyak dijumpai di produk-produk perawatan anti-aging, karena kemampuannya membantu menyamarkan kerutan dan garis-garis di wajah. Antioksidan ini merupakan turunan dari Vitamin A dan dapat mendorong produksi serat kolagen di jaringan kulit. Retinol juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang parah dan merawat kulit wajah yang rentan berjerawat.


11. Salicylic Acid Si Perawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

Selain AHA, Anda mungkin juga sering melihat kandungan beta hydroxy acid (BHA) di produk untuk eksfoliasi. Salicylic acid merupakan satu-satunya BHA, dan juga merupakan chemical exfoliator yang membantu mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih halus, warna kulit tampak merata, dan kulit lebih cerah. Salicylic acid diperuntukkan bagi kulit wajah cenderung berminyak serta berjerawat, karena dapat masuk ke dalam pori-pori untuk membersihkan minyak serta kotoran yang berpotensi menyebabkan jerawat.

 

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Salicylic Acid & Manfaat Bagi Kulit Wajah


12. Vitamin C, Antioksidan yang Memudarkan Noda Hitam

 

Viitamin C telah lama dikenal dapat membantu memudarkan noda hitam, meratakan warna kulit, dan mencerahkan kulit wajah dengan pemakaian rutin. Tak hanya itu; sebagai antioksidan, Vitamin C juga dapat membantu menetralkan efek buruk radikal bebas dari agresor lingkungan terhadap kulit, serta mendorong produksi serat kolagen di jaringan kulit. 

 

Setelah mengetahui lebih banyak tentang bahan skincare, Anda tak akan kebingungan dan kewalahan lagi dalam memilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda. Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.