Hair Care YUK INTIP PERAWATAN RAMBUT SEHAT DENGAN ESSENTIAL OIL

Rambut adalah mahkota setiap wanita, karena itulah, rambut harus selalu dijaga kesehatannya agar indah dan berkilau. Banyak cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan rambut sehat, indah, dan berkilau sesuai idaman, bahkan, tak sedikit perempuan di Indonesia yang rela membayar mahal untuk melakukan perawatan ekstra di salon.

Sebenarnya Anda bisa merawat rambut tetap sehat dan indah di rumah saja. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengetahui jenis dan kondisi kesehatan rambut serta produk yang tepat untuk merawatnya.  

Ciri-ciri Rambut Sehat yang Perlu Diketahui

Rambut yang indah dan berkilau sudah pasti bersumber dari kesehatan kulit kepala dan batang rambut yang sehat. Berikut ini kondisi rambut ideal dan sehat yang perlu Anda ketahui: 

  • Tekstur Rambut dan Porositas

Rambut yang sehat dapat dilihat dari tingkat porositasnya, yakni ketika rambut disentuh terasa lembut dan tidak kering, terutama sesaat setelah keramas dan dikeringkan. Rambut berkilau alami dan tidak kusam merupakan ciri lainnya. Semakin sering Anda melakukan proses pewarnaan dan menggunakan alat styling tanpa melakukan perawatan extra nutrisi untuk rambut, semakin tinggi porositasnya. Rambut yang berkilai dan tidak kusut, menandakan tingkat porositasnya sangat rendah. Hal ini menandakan bahwa rambut mendapatkan nutrisi sepenuhnya baik dari dalam maupun luar. Minyak alami yang terdapat pada lapisan hipodermis terdalam kulit kepala, melapisi folicle hair atau kantung rambut dari bagian akar hingga ke ujung rambut, sehingga kelembapannya dapat terjaha dengan baik. Ini menandakan bahwa minyak alami di kulit kepala mampu mencapai kutikula rambut, sehingga rambut terjaga kelembapannya.

  • Pertumbuhan Rambut

Rambut normal akan tumbuh minimal 0,5-1 cm per bulan. Hal ini tergantung dari masing-masing kondisi kesehatan kulit kepala setiap orang. Rambut Anda masih tergolong sehat jika setiap helai rambut masih mengalami proses pertumbuhan ini. Jika rambut Anda mengalami pertumbuhan sepanjang ini, maka tergolong rambut yang sehat.

  • Memiliki elastisitas yang baik 

Jika rambut mudah patah dan rontok dapat dipastikan tingkat elastisitasnya berkurang. Penggunaan alat-alat styling, terpapar sinar matahari dan kelembapan udara serta pola atau kebiasan mengikat rambut dengan kencang dapat berpengaruh pada tingkat elastisitas rambut.

Anda dapat melakukan tes elastisitas rambut dengan cara diregangkan secara perlahan, jika rambut kembali ke posisi semula, maka tingkat elastisitasnya masih tergolong baik.

  • Mengalami kerontokan yang wajar

Sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar, selama jumlah kerontokan rambut yang dialami masih tergolong normal. Menurut sebuah penelitian di Aerica Academy of Dermatology Association (AAD), jumlah normal helai rambut yang rontok adalah 50-100 helai setiap harinya. Anda perlu melakukan perawatan extra, jika jumlah yang rontok lebih dari jumlah normal.

Cara Merawat Rambut Agar Sehat

Anda bisa menemukan berbagai jenis perawatan rambut yang ditawarkan oleh salon-salon kecantikan, mulai dari creambath hingga keratin treatment. Namun, Anda sebetulnya bisa mendapatkan rambut sehat dengan rutin melakukan perawatan mandiri dari rumah dengan beberapa cara berikut ini:

  • Cuci rambut secara teratur

Kebersihan rambut merupakan salah satu syarat utama untuk mendapatkan rambut sehat. Rambut yang kotor akan mudah mengalami berbagai masalah rambut dan kulit kepala, seperti gatal, ketombe, dan masalah kerontokan.  Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kebersihan rambut Anda dengan membersihkan rambut secara teratur. 

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tiap jenis rambut memiliki kurun waktu yang berbeda untuk keramas. Sebagai contoh, untuk rambut kering dianjurkan untuk tidak terlalu sering keramas agar rambut tidak semakin kering. 

Umumnya disarankan 2 hari sekali untuk keramas, agar kadar minyak di kulit kepala tetap berada pada level yang normal serta tidak membuat rambut kering.

  • Menggunakan sisir yang tepat 

Merawat rambut tidak hanya sebatas memilih produk perawatan yang tepat, tetapi juga memilih jenis alat tata rambut yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan jenis rambut Anda, misalnya saja memilih jenis sisir yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari detangle brush atau paddle brush untuk merapikan rambut usai keramas, hingga sisir yang digunakan untuk keburuhan styling rambut (sisir ekor atau sisir sasak, round brush, dan lainnya). Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih sisir yang tepat sesuai dengan tipe dan kebutuhan rambut Anda.

  • Menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan kondisi rambut 

Untuk mendapatkan bahan-bahan yang memberi manfaat yang tepat bagi rambut, maka pahami kondisi rambut Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan produk perawatan rambut. Jika tidak sesuai dengan kondisi rambut, bisa jadi produk perawatan tersebut tidak memberi hasil yang optimal karena “salah sasaran”. Selain itu, baca benar-benar produk yang akan Anda gunakan sebelum membeli. Perhatikan label ingredients jika tidak ada komposisi yang berbahaya untuk kulit kepala dan rambut Anda. Shampo dengan anti paraben dan silicone misalnya, sangat baik digunakan untuk semua jenis rambut serta dapat menjaga kesehatan kilau rambut.

Kandungan Essential Oil yang Bermanfaat untuk Rambut

Saat ini, produk perawatan yang diperkaya dengan kandungan essential oil banyak menjadi pilihan untuk merawat rambut agar sehat dan tampak indah. Tentu saja, varian essential oil-nya harus sesuai dengan kondisi rambut agar Anda mendapatkan manfaat yang optimal. 

Berikut ini beberapa kandungan essential oil yang baik untuk memelihara kesehatan rambut:

  • Rose flower oil

Terbuat dari ekstrak bunga mawar yang dikenal kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga ketahanan warna rambut dari proses oksidasi terutama untuk jenis rambut yang diwarnai, selain itu juga memberikan nutrisi bagi rambut sehingga bisa menjaga kemilau dan kehalusan tekstur rambut kita. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari essential oil mawar ini, Anda bisa menggunakan rangkaian produk L'Oréal Paris Extraordinary Oil Shine Premium Shampoo dan Conditioner.

Produk shampo dan kondisioner premium ini diperkaya dengan 100% French rose essential oil yang kaya akan vitamin C dan E. Serta bebas silicone, yang membuat rambut berkilau serta mencegah rambut bercabang. Jika rambut Anda telah melalui proses pewarnaan, kandungan antioksidan dalam rangkaian produk ini dapat melawan oksidasi untuk mencegah pudarnya warna rambut serta melindungi rambut dari efek buruk sinar UV. Rambut 154% lebih berkilau bahkan pada pemakaian pertama!

  • Cedarwood oil

Cedarwood oil menjadi jenis essential oil premium lainnya yang membantu merawat untuk tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Minyak ini dapat digunakan untuk mencegah rambut frizzy dan membantu untuk menutrisi kutikula rambut.

Dengan manfaat yang dimiliki, maka L'Oréal Paris pun menghadirkan berbagai manfaat cedarwood oil di dalam L'Oréal Paris Extraordinary Oil Sleek Premium Shampoo dan Conditioner. Keduanya diperkaya dengan 100% French amber cedarwood oil yang bermanfaat untuk memperbaiki kutikula rambut yang rusak sehingga rambut kembali menjadi lembut, halus, kuat, dan berkilau. Shampo dan conditioner ini juga sudah bebas kandungan silicone sehingga sangat aman digunakan untuk kesehatan batang rambut Anda.

Pastikan untuk menggunakan rangkaian produk perawatan rambut dengan kandungan essential oil premium dan bebas silicone yakni L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Shampoo and L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Conditioner yang sesuai kondisi rambut Anda, sehingga impian memiliki rambut sehat dan indah pun menjadi nyata. Anda bisa mendapatkan rangkaian produk ini secara online di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris di e-commerce/marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko produk kecantikan terdekat.