YUK KENALAN BERBAGAI WARNA LIPSTIK YANG SESUAI SKINTONE DAN TIPE BIBIR

Bagi perempuan, berbicara tentang lipstik tentunya tidak akan pernah ada habisnya. Produk kecantikan yang satu ini tak hanya bisa membuat wajah tampak lebih cerah dan segar, namun warna lipstik yang tepat juga bisa memberikan statement di penampilan Anda. Bahkan, tak jarang lipstik juga dapat menjadi signature look bagi seseorang. Karena itulah, sangat penting untuk memilih produk serta warna lipstik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Memperingati Lipstick Day atau Hari Lipstik yang jatuh pada tanggal 29 Juli setiap tahunnya, para perempuan didorong untuk tampil cantik dengan menggunakan warna lipstik terbaiknya. Jika Anda ingin mengetahui beberapa fun facts seputar lipstik, berikut ulasan selengkapnya terkait Lipstick Day serta rekomendasi warna lipstik yang cocok sesuai karakteristik Anda.

Asal Usul Perayaan Hari Lipstik 

Sebelum mengetahui warna lipstik yang sesuai untuk Anda, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa sampai ada perayaan untuk hari lipstik, ya? Sejarah lipstik dalam dunia kecantikan sendiri sebenarnya telah dimulai sejak zaman Mesir kuno. Namun, di awal abad ke 20 atau lebih tepatnya sejak tahun 1920-an, lipstik mulai populer di kalangan wanita berkat adanya revolusi industri, serta kemajuan industri perfilman dan fotografi di masa itu. Semenjak itu, tren warna lipstik terus mengalami perkembangan hingga di masa modern seperti sekarang ini. 

Lipstick Day sendiri disebut-sebut berawal dari gagasan para beauty blogger, beauty influencer, serta para pemilik brand kecantikan dunia pada tahun 2006. Barulah di tahun 2016, Huda Kattan, seorang beauty influencer dan pebisnis wanita asal Amerika Serikat, menjadi pendiri dan inisiator utama atas diresmikannya Lipstick Day untuk dirayakan setiap tanggal 29 Juli. Walau Hari Lipstik tidak sama dengan hari nasional lainnya, namun perayaan tersebut selalu disambut meriah oleh perempuan di berbagai belahan dunia dan digunakan sebagai waktu yang tepat untuk berekspresi tanpa batas melalui warna-warni lipstik.

Warna Lipstik yang Sesuai dengan Skintone

Sama halnya seperti warna produk complexion makeup, memilih warna lipstik pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah satu kunci hasil akhir riasan yang sempurna adalah memilih lipstik dengan warna yang sesuai dengan skintone Anda. Jika salah memilih warna, bisa-bisa wajah akan menjadi pucat atau justru terlihat kusam.

  • Warna lipstik untuk kulit kuning langsat

Bagi Anda yang memiliki warna kulit terang atau kuning langsat, sebetulnya Anda bisa menggunakan lipstik dengan warna apa saja. Namun, penampilan Anda bisa semakin terlihat stunning dengan lipstik warna vibrant, karena dapat memberikan tampilan wajah yang lebih hangat dan berseri. Misalnya saja warna ungu magenta seperti shade 838 Berry Cherie dari L'Oréal Paris Infallible Ultra Matte Les Macarons. Selain itu, Anda juga bisa mencoba shade 128 I Decide dengan warna light pink, atau 113 I Don’t yang memiliki warna merah dengan color hint oranye dari lipstik cair L'Oréal Paris Rouge Signature.

Namun jika Anda ingin mengenakan lipstik berwarna nude, maka pilihlah lipstik dengan color hint berwarna hangat, misalnya L'Oréal Paris Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick shade 354 Nudist dengan warna nude brown. Atau warna nude pink yang terdapat dalam shade Relentless dari koleksi L'Oréal Paris Brilliant Signature.

  • Warna lipstik untuk kulit sawo matang

Bagi para pemilik warna kulit sawo matang, Anda bisa menjatuhkan pilihan kepada lipstik dengan warna yang terang, contohnya warna rose pink seperti shade 213 Lincoln Rose dari L'Oréal Paris Color Riche Matte. Atau warna merah yang bisa Anda temukan di L'Oréal Paris Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick shade 368 Matador. Kedua warna tersebut bisa membuat tampilan kulit wajah yang lebih segar dan cerah.

Sementara itu, pemilik warna kulit sawo matang perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan lipstik berwarna nude agar tidak membuat penampilan tampak pucat. Sebagai rekomendasi, Anda dapat memilih lipstik nude dengan sentuhan warna pink atau peach seperti yang shade Nude Allud dan Statement Nude dari L'Oréal Paris Infallible Pro-Matte Gloss.

  • Warna lipstik untuk kulit gelap 

Ragam warna kulit wanita Indonesia selanjutnya adalah warna kulit gelap. Para pemilik warna kulit ini sangat cocok untuk mengenakan lipstik warna bold. Salah satu contohnya adalah L'Oréal Paris Rouge Signature shade 103 I Enjoy dengan warna deep berry dengan hint warna merah, atau shade I Discovered yang memiliki warna deep purple.

Sedangkan untuk lipstik nude, Anda bisa mencari warna nude dengan sentuhan oranye atau magenta. Untuk rekomendasi, Anda bisa memilih L'Oréal Paris Color Riche Matte shade Flutter Me Nude, atau shade Petal Poison dari L'Oréal Paris Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick. Selain itu, Anda juga bisa memulaskan lip gloss di tahap akhir untuk lebih menonjolkan warna dari lipstik nude yang dikenakan.

Warna Lipstik yang Sesuai dengan Tipe Bibir

Setiap wanita tentunya memiliki tipe atau bentuk bibir yang berbeda. Sayangnya, tak sedikit wanita yang merasa kurang percaya diri dengan tipe bibirnya. Tak perlu khawatir. Dengan menemukan warna lipstik yang tepat, maka Anda pun bisa menyempurnakan penampilan bibir Anda.

  • Bibir hitam: Warna bibir hitam akan tertutup sempurna jika menggunakan lipstik dengan warna-warna yang vibrant. Meskipun begitu, para pemilik bibir hitam juga bisa memakai lipstik dengan warna soft maupun nude, asalkan memilih produk lipstik dengan intensitas warna yang tinggi seperti L'Oréal Paris Rouge Signature.

  • Bibir tipis: Apabila Anda memiliki tipe bibir yang tipis, jenis lipstik dengan hasil akhir glossy atau velvet matte seperti L'Oréal Paris Brilliant Signature serta L'Oréal Paris Infallible Pro-Matte Gloss dapat membuat tampilan bibir yang bervolume sekaligus plumpy. Selain itu, lipstik dengan warna terang juga bisa menciptakan kesan bibir yang lebih berisi.

  • Bibir tebal: Bagi pemilik bibir tebal bisa berkreasi dengan dua warna untuk membuat tampilan two-tone lips atau ombre lips. Mencampurkan lipstik warna nude atau soft dengan lipstik berwarna terang dapat membuat bibir yang tebal pun terlihat lebih ramping. Atau, Anda juga bisa mengenakan lipstik warna bold untuk menciptakan kesan seksi.

Saatnya Anda tampil cantik menawan di International Lipstick Day dengan warna lipstik favorit dari koleksi produk pewarna bibir andalan dari L'Oréal Paris. Anda bisa mendapatkan semuanya secara online di website resmi L'Oréal Paris Indonesia  maupun di official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce. Anda bisa juga membelinya secara langsung di gerai-gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.