PRAKTIS! INTIP TIPS RIASAN MATA DAN MAKEUP TAHAN LAMA SAAT PAKAI MASKER

Pemilik kulit berminyak kerap memiliki masalah pada saat makeup. Bagaimana makeup mampu melekat sempurna dan tahan lama? Simak selengkapnya pada artikel ini.

Kewajiban untuk memakai masker wajah saat Anda beraktivitas di luar selama pandemi covid-19 membuat para wanita ikut menyesuaikan dan menyiasati aplikasi makeup, karena separuh wajah tertutup oleh masker. Menggunakan makeup tahan lama jadi salah satu solusi agar hasil riasan tidak berpindah ke masker akibat gesekan atau luntur karena keringat dan minyak. 


Cara lain untuk menyalurkan keinginan untuk tampil menarik menggunakan makeup adalah dengan memfokuskan riasan ke area mata. Anda harus cerdas berkreasi agar riasan mata Anda bisa terlihat menonjol dan menarik perhatian. 


Sesuaikan Rutinitas Perawatan Kulit

 

Kunci agar makeup tahan lama seharian adalah kulit wajah yang sehat dan terawat. Namun saat memakai masker, kulit wajah yang tertutup masker cenderung jadi lebih mudah berkeringat dan memproduksi minyak berlebih karena masker menjebak udara panas dan lembap dari hasil pernapasan. Gesekan kulit wajah dengan masker juga memicu iritasi dan berpotensi menyebabkan munculnya jerawat. 


Mempertimbangkan kondisi ini, Anda harus menyesuaikan skincare routine agar lebih bersahabat dengan kulit wajah. Kurangi penggunaan produk-produk perawatan kulit yang cenderung keras dan berat untuk kulit, misalnya serum eksfoliasi dengan kandungan yang berpotensi membuat kulit iritasi atau krim pelembap wajah yang kental dan ‘berat’. Sebaiknya alihkan dulu ke penggunaan produk-produk perawatan yang teksturnya ringan, lembut, mudah menyerap, dan aman bagi kulit.


Pastikan produk-produk skincare punya waktu untuk menyerap dengan baik ke dalam kulit sebelum Anda mengaplikasikan makeup atau menggunakan masker. 


Pilih Produk Makeup yang ‘Mask Friendly’

 

Produk makeup yang ‘bersahabat’ dengan penggunaan masker maksudnya adalah makeup tahan lama yang memiliki formula transfer-proof sehingga tidak pindah dan menempel di masker, juga formula waterproof atau sweatproof sehingga tidak mudah luntur terkena keringat yang sering muncul di area yang tertutupi masker. 


Jika Anda terbiasa menggunakan foundation sebagai dasar riasan, maka kali ini pilih foundation cair yang berbahan dasar air dengan tekstur yang ringan namun punya daya tahan yang tinggi. Setelah pemakaian, tunggu 3-5 menit sampai foundation sudah meresap dengan sempurna, baru bubuhkan bedak untuk ‘mengunci’ foundation sekaligus berperan sebagai lapisan pelindung antara riasan dan masker.


Untuk foundation cair yang mask friendly, Anda bisa beralih ke L'Orèal Paris Infallible 24H Pro-Matte Foundation. Produk makeup tahan lama ini dapat bertahan hingga 24 jam pemakaian! Formulanya oil-free sehingga memberi hasil akhir matte dan kulit wajah bebas minyak sepanjang hari, cocok untuk semua jenis kulit. Walau memiliki tekstur seringan udara, namun coverage yang diberikan cukup tinggi untuk meratakan warna kulit.


Anda bebas khawatir foundation akan luntur, membuat kulit berminyak, membuat riasan cakey, berpindah ke masker, mengering, dan teroksidasi. L'Orèal Paris Infallible 24H Pro-Matte Foundation memiliki 7 shade yang cocok dengan warna kulit wanita Indonesia. 


Ekspresif lewat Makeup Mata

 

Area mata merupakan satu-satunya bagian di wajah yang terlihat sehingga dapat diaplikasikan makeup. Anda bisa memanfaatkan keinginan untuk berekspresi lewat makeup mata. Mungkin tak perlu yang bold dan dramatis, namun dapat dibuat lebih playful dengan penggunaan tone warna yang match dengan warna-warna di masker Anda. Jangan lupa, gunakan makeup tahan lamauntuk riasan Anda agar dapat bertahan seharian.


Ikuti tips makeup berikut ini untuk mendapatkan riasan mata yang ekspresif:

 

1. Aplikasikan eye primer di kelopak mata.

  Eye primer membantu menghaluskan tekstur kulit kelopak mata, sehingga makeup tahan lama dan menempel sempurna, tak mudah pudar, dan tak menggumpal di lipatan kulit (creasing).

 

2. Bentuk dan isi alis.

  Tujuannya agar alis mata terlihat lebih tebal dan berisi. Anda bisa mengikuti tren alis terkini yaitu feather brow yang membuat alis terlihat bervolume dan berisi dengan cara menyikat alis ke arah atas menggunakan spoolie.

 

3. Ekspresikan warna lewat eyeshadow

  Di sini Anda bisa berkreasi dan bermain warna sesuai keinginan. Jika ingin terlihat natural, pilih warna-warna kecokelatan yang netral, sementara jika ingin terlihat lebih segar, pilih warna pink dan turunannya. Ingin tampil lebih fun? Pilih satu warna pastel lalu kreasikan untuk mendapatkan efek wash out di kelopak mata.

 

4. Bingkai mata dengan eyeliner

  Jika warna eyeshadow Anda sudah cukup menonjol, cukup aplikasikan eyeliner tipis persis di garis bulu mata bagian atas. Namun jika pilihan warna eyeshadow cenderung netral, Anda bisa berkreasi membentuk winged eyeliner untuk memberi tampilan berbeda. Pilih eyeliner waterproof agar tidak mudah luntur dan mencoreng.

 

5. Beri efek dramatis di bulu mata.

  Bulu mata yang terlihat lentik, panjang, dan bervolume membuat mata terlihat lebih besar dan ‘terbuka’. Agar praktis, pilih maskara yang dapat memberi ketiga manfaat itu secara bersamaan dalam sekali aplikasi. Sebelum aplikasi maskara, lebih dulu jepit bulu mata selama 15 detik agar bulu mata lebih terangkat. Kemudian, pulaskan maskara dengan gerakan zig-zag dari bagian akar bulu mata ke arah atas.

  Untuk mendapatkan bulu mata yang panjang, bervolume, lentik, dan sehalus bulu, Anda bisa menggunakan L'Orèal Paris Voluminous Lash Paradise. Maskara ini memiliki ultra creamy balmy formula dan dilengkapi sikat dengan ultra sensorial fiber yang membantu bulu mata Anda terlihat panjang, bervolume, dan lentik. Produk makeup tahan lama ini memiliki formula waterproof sehingga dapat bertahan seharian. 


Hati-Hati Muncul Maskne!

 

Penggunaan masker wajah juga dapat memicu munculnya masalah kulit berupa iritasi dan jerawat yang populer dengan sebutan maskne. Masalah kulit ini muncul di area wajah yang sering terjadi gesekan antara masker dan kulit wajah sehingga kulit jadi iritasi. Jika dibiarkan, kulit yang teriritasi ini berpotensi terpapar bakteri sehingga kemudian muncul jerawat.


Maskne juga kemungkinan muncul karena bernapas dan berbicara membuat kondisi area wajah di bawah masker jadi lebih panas dan lembap, sehingga bakteri penyebab jerawat dapat tumbuh subur di area tersebut. Dengan produksi keringat dan minyak berlebih, bakteri ini leluasa menempel di kulit wajah dan menyebabkan munculnya jerawat.


Untuk mencegah maskne, Anda sangat disarankan untuk disiplin membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari, terutama jika menggunakan makeup yang berpotensi menyumbat pori-pori. Terapkan teknik double cleansing agarmakeup tahan lama dan kotoran terangkat sehingga wajah bersih maksimal. Selain itu, lakukan eksfoliasi ringan 2-3 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat.


Semua makeup tahan lama dari L'Orèal Paris bisa Anda peroleh secara online di website L'Orèal Paris Indonesia atau official store L'Orèal Paris Indonesia di marketplace, serta di gerai L'Orèal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Praktis Intip Tips Riasan Mata Dan Makeup Tahan Lama Saat Pakai Masker
Skip the slider: Body Care Articles

Temukan Tips & Trik Lainnya

Buat kulit kamu happy!

Skip the slider: Full Range

Improve look kamu!

Beri perawatan lebih untuk penampilanmu!