TIPS MENGGUNAKAN MATTE FOUNDATION UNTUK KULIT KERING

Dari sekian banyak produk foundation yang ada di pasaran, foundation dengan hasil akhir matte bisa dibilang paling banyak dicari oleh para perempuan untuk base makeup. Sayangnya, banyak yang menyangka bahwa matte foundation hanya diperuntukkan bagi pemilik kulit berminyak atau normal cenderung berminyak saja. Padahal, jika tahu trik yang tepat untuk aplikasinya, foundation jenis ini juga dapat dijadikan sebagai foundation untuk kulit kering.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering dan ingin menggunakan matte foundation sebagai base make up untuk kulit kering, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini. Selain itu, temukan pula rekomendasi produk foundation untuk kulit kering dengan hasil akhir matte yang bisa membuat hasil riasan menjadi flawless tanpa perlu takut make up menjadi cracking.

Apakah Matte Foundation Bisa untuk Kulit Wajah Kering?

Foundation yang sulit diratakan dan menempel di kulit merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pemilik kulit kering. Akibatnya, makeup pun akan tampak tidak sempurna karena foundation menjadi mudah bergeser dan tampak pecah-pecah atau cracking. Selain itu, karena foundation untuk kulit kering umumnya memiliki tekstur yang padat dan banyak mengandung minyak, wajah berpotensi untuk terlihat cakey

Ada berbagai alasan mengapa pemilik kulit wajah kering ingin menggunakan matte foundation. Ada pemilik kulit wajah kering yang sebenarnya kurang menyukai tampilan kulit yang dewy dan lebih menyukai hasil akhir yang matte. Selain itu, dibandingkan dengan foundation lainnya, matte foundation dikenal dengan memiliki kemampuan transferproof yang lebih baik. Ini membuat makeup tidak mudah menempel di masker.

Namun biasanya, pemilik kulit wajah kering berpikir dua kali untuk menggunakan foundation dengan hasil akhir matte. Selain karena khawatir foundation tidak dapat teraplikasi dengan sempurna di wajah, hasil akhir yang matte bisa jadi malah akan semakin menegaskan petak-petak kering serta garis-garis halus di wajah. Padahal sebenarnya, bisa saja matte foundation digunakan sebagai base makeup untuk kulit wajah yang kering. 

Tips Memakai Foundation untuk Kulit Kering

Kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi apabila Anda mengikuti tips memakai foundation berikut ini untuk mendapat hasil riasan yang flawless.

  • Pilih water-based foundation

Jika dilihat dari teksturnya, ada beberapa jenis foundation yang bisa Anda temukan di pasaran. Salah satunya adalah liquid foundation yang memiliki tekstur cair. Umumnya, liquid foundation merupakan water-based foundation sehingga terasa lebih ringan ketika diaplikasikan di wajah. Selain itu, kandungan liquid foundation yang berbasis air juga memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit sehingga cocok dijadikan sebagai foundation untuk kulit kering.

  • Pilih foundation yang sesuai dengan skin tone dan undertone

Selain tekstur foundation, Anda pun harus memperhatikan shade atau warna foundation yang akan digunakan agar makeup dapat terlihat flawless. Caranya adalah dengan memilih produk foundation untuk kulit kering yang sesuai dengan warna kulit atau skin tone, serta undertone Anda. Selain memberi hasil flawless, riasan wajah secara keseluruhan juga akan terlihat natural.

  • Lakukan skincare routine sebelum aplikasi makeup

Persiapkan kulit terlebih dahulu dengan melakukan skincare routine, paling tidak dengan penggunaan pembersih wajah, toner, pelembap, dan sunscreen (jika dibutuhkan). Cara ini akan memastikan kulit dalam kondisi lembap sebelum aplikasi makeup. Selain itu, kulit yang bersih dan lembap dapat membuat produk makeup menempel dengan sempurna, terutama foundation.  

  • Gunakan face primer dengan tekstur krim

Face primer bekerja dengan cara mengisi celah-celah di kulit lalu membentuk semacam lapisan di permukaan kulit. Penggunaan face primer dapat membantu menghaluskan tekstur kulit yang kasar, serta menyamarkan tampilan petak-petak kering dan garis-garis halus yang biasa terlihat di kulit kering. Untuk kulit wajah kering, pilihlah face primer dengan tekstur krim. Jenis primer ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit dibandingkan primer dengan tekstur losion atau gel. 

  • Aplikasikan foundation dengan jari tangan

Untuk mendapatkan hasil yang flawless, aplikasikan foundation untuk kulit kering menggunakan jari tangan daripada menggunakan makeup sponge atau foundation brush. Mengaplikasikan foundation di kulit kering dengan jari tangan akan mempermudah proses blending karena suhu tubuh dapat membantu foundation lebih diserap oleh kulit.

  • Hindari menggunakan loose powder untuk mengunci makeup

Langkah terakhir untuk membuat matte foundation untuk kulit kering tetap stay dan tahan lama adalah dengan melakukan set makeup. Untuk kulit kering, hindari set make up dengan menggunakan loose powder. Jauh lebih baik jika Anda menggunakan setting spray yang dilengkapi dengan kandungan pelembap untuk memastikan hidrasi pada kulit tetap terjaga.

Infallible 24H Matte Cover Foundation, Pilihan yang Tepat untuk Kulit Kering

Tak perlu bingung mencari matte foundation yang tepat, karena L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation merupakan pilihan sempurna sebagai foundation untuk kulit kering. Meskipun memiliki hasil akhir matte, foundation cair ini memiliki tekstur yang ringan serta breathable karena memiliki bahan dasar air. Ini juga yang membuat foundation matte ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah.

L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation dilengkapi dengan duo oil-control ingredients yang memastikan riasan wajah Anda tetap matte seharian dan tidak terganggu dengan kilap minyak. Formulanya juga waterproof, sweatproof, dan transferproof, sehingga dapat bertahan di kulit wajah lebih lama walau Anda berkeringat atau mengenakan masker.

Untuk pilihan shade, L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation hadir dengan 15 varian warna yang sesuai untuk berbagai skin tone perempuan Indonesia, mulai dari kulit terang, kuning langsat, sawo matang, dan gelap. Jadi, Anda bisa menemukan shade foundation yang tepat untuk skin tone dan undertone Anda dengan mudah.

Itulah beberapa tips penggunaan foundation untuk kulit kering yang dapat Anda coba. Bisa langsung Anda praktikkan saat menggunakan L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation yang memberi hasil akhir matte. Namun sebelumnya, dapatkan terlebih dahulu liquid foundation ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/ marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko kosmetik terdekat.