TIPS MENGETAHUI KONDISI SKIN BARRIER DAN CARA MENJAGANYA

Saat ini, perhatian terhadap kondisi kulit wajah semakin meningkat. Para beauty enthusiast semakin detail dalam memperhatikan kondisi kulit wajah untuk memastikan bahwa apa yang dilakukan untuk menjaga dan merawatnya sudah tepat. Salah satu bagian kulit yang mendapatkan banyak perhatian akhir-akhir ini adalah lapisan pelindung kulit atau yang sering disebut dengan skin barrier.

Kesadaran untuk menjaga kondisi lapisan pelindung kulit ini semakin meningkat karena jika kondisi lapisan ini tidak ideal dan rusak, maka kulit wajah tidak lagi memiliki pertahanan dan dengan mudah diserang berbagai agresor dari luar. Anda bisa mendapatkan pembahasan lebih detail tentang skin barrier di bawah ini.


Berbagai Fungsi Skin Barrier

 

Kulit manusia terdiri dari lapisan-lapisan dan setiap lapisan memiliki fungsi penting untuk melindungi tubuh. Lapisan kulit paling luar disebut dengan epidermis dan memiliki banyak tugas untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan mikroorganisme, agresor, dan paparan zat-zat lain yang berbahaya bagi tubuh. Epidermis memiliki lapisan terluar, yaitu stratum corneum atau sering disebut sebagai “brick and mortar” (batu bata dan adukan semen) karena bentuknya seperti dinding batu bata yang disusun menggunakan adukan semen. Inilah skin barrier Anda. 


Sebagai batu batanya, stratum corneum memiliki corneocytes, yaitu tumpukan sel-sel kulit mati yang keras dan anti-air, sementara adukan semen yang mengikat semua batu bata ini adalah campuran berbagai lipid. Di dalam corneocytes, Anda akan menemukan keratin dan NMF (natural moisturizing factors) yang merupakan pelembap alami kulit, sementara di adukan semen terdapat kolesterol, asam lemak, dan ceramides.


Fungsi utama dari lapisan terluar kulit ini adalah melindungi tubuh dari serangan berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh serta mempertahankan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tanpanya, segala zat berbahaya bisa masuk ke dalam tubuh lewat kulit dan mengacaukan tubuh. Tanpa lapisan pelindung ini pula, cairan dalam tubuh bisa lepas dan menguap, sehingga tubuh mengalami dehidrasi. Karena itulah, skin barrier sangatlah penting bagi kesehatan tubuh serta wajib dilindungi untuk memastikan tubuh berfungsi optimal, bukan hanya masalah kecantikan kulit saja.


Hal-Hal yang Dapat Membuat Skin Barrier Rusak

 

Penting untuk Anda ketahui bahwa skin barrier ini bisa rusak. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar. Ironisnya, manusia sendiri yang sering kali membuat kondisi lapisan pelindung kulit ini jadi melemah dan akhirnya rusak, karena tidak memiliki pengetahuan untuk menjaga dan merawatnya. Misalnya, menggosok kulit wajah terlalu keras dan kasar saat membersihkan wajah bisa membuat kondisi lapisan kulit ini melemah.


Beberapa hal yang dapat merusak kondisi lapisan pelindung kulit di antaranya adalah:

 

  • Lingkungan yang udaranya terlalu lembap atau terlalu kering.

  • Alergen, iritan, dan polutan.

  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari.

  • Sering terkena detergen atau sabun yang bersifat basa.

  • Paparan zat kimia yang terlalu keras.

  • Terlalu sering mencuci muka.

  • Eksfoliasi berlebihan.

  • Penggunaan steroid.

  • Stres.

  • Faktor genetik yang membuat kondisi kulit mengalami gangguan seperti dermatitis atopik dan psoriasis.


Saat lapisan pelindung kulit ini rusak, maka kulit wajah akan terlihat kering dan bersisik disebabkan oleh berkurangnya ceramides di adukan semen.  Perlindungan kulit wajah pun melemah sehingga kulit wajah menjadi lebih sensitif, mudah gatal, muncul jerawat, ruam, dan secara keseluruhan kulit wajah tampak kusam. Meningkatnya sensitivitas kulit wajah berakibat penggunaan produk perawatan kulit yang tadinya tak membawa masalah sekarang menjadi masalah. 


Cara Menjaga dan Memperkuat Skin Barrier

 

Mengingat fungsinya, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga lapisan pelindung kulit ini. Cara menjaga skin barrier yang tepat bukanlah dengan menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang terlalu banyak dan sampai berlapis-lapis, karena tindakan ini malah dapat melemahkan lapisan pelindung kulit. Kandungan alkohol dan bahan-bahan kandungan produk perawatan kulit wajah yang cenderung keras akan membuat lapisan pelembap alami kulit rontok dan kulit wajah pun akhirnya rusak. 


Untuk mendapatkan skin barrier yang sehat dan kuat, Anda perlu memilih produk-produk perawatan kulit wajah yang memiliki bahan kandungan yang tepat, salah satunya adalah niacinamide. Sebagai salah satu bentuk dari Vitamin B3, niacinamide berperan penting untuk menjaga kondisi kulit secara keseluruhan serta menjadikan kulit sehat, kuat, dan awet muda. Niacinamide juga lembut di kulit sehingga dapat digunakan oleh kulit wajah yang sensitif dan mudah mengalami peradangan.


Niacinamide adalah salah satu bahan aktif yang dapat memperkuat dan memperbaiki skin barrier Anda, karena niacinamide dapat meningkatkan produksi ceramides, salah satu bahan penting yang terdapat di adukan semen. Menggunakan produk-produk perawatan kulit wajah yang mengandung niacinamide dalam kadar yang tepat dapat membantu merawat lapisan pelindung kulit.


Produk yang disarankan untuk Anda gunakan adalah sunscreen yang mengandung niacinamide. Paparan sinar UV dari matahari yang berlebihan dapat sangat merusak lapisan pelindung kulit. Dengan memilih sunscreen yang memiliki kandungan niacinamide, Anda akan mendapatkan fungsi ganda, yaitu perlindungan dari sinar UV serta perbaikan dan perawatan lapisan pelindung kulit.  Selain itu, niacinamide membantu mencerahkan kulit wajah, melembapkannya, dan meredakan peradangan serta iritasi.


Memperkuat Skin Barrier dengan Sunscreen Niacinamide

 

Agar lapisan pelindung kulit tetap sehat dan kuat, Anda perlu menggunakan sunscreen setiap pagi walaupun Anda tidak beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa menggunakan produk sunscreen wajah terbaru dari L’ORÉAL PARIS yang mengandung niacinamide, yaitu L’ORÉAL PARIS Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear. Sunscreen ini mengandung bahan aktif berupa brightening niacinamide yang membantu mencerahkan kulit wajah seketika hingga 84%. Kandungan niacinamide ini juga akan membuat skin barrier terjaga kondisinya tetap sehat dan kuat.


Sunscreen L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear memiliki spektrum luas SPF 50+ dan PA ++++ serta membantu mencegah kulit wajah tampak 5 tahun lebih tua dan menjaganya dari tampilan garis halus, noda hitam, dan kulit tampak kusam. Tak hanya itu, sunscreen ini juga melindungi kulit wajah dari partikel polusi PM 2,5 yang berpotensi menyebabkan penuaan kulit. Formulanya tidak meninggalkan residu putih, tidak lengket, dan tidak membuat kulit wajah mengilap sehingga nyaman untuk digunakan.


Untuk perlindungan kulit wajah sehari-hari, gunakan L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear sebanyak dua jari lalu aplikasikan dengan merata di seluruh kulit wajah dan leher. Jika Anda beraktivitas di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung, maka aplikasikan ulang sunscreen ini setiap dua jam sekali. 

 

Selalu gunakan L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear untuk membantu menjaga skin barrier Anda. Dapatkan sunscreen ini secara online di official store L’ORÉAL PARIS Indonesia di marketplace, serta di gerai L’ORÉAL PARIS di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: