TIPS TERBAIK MEMILIH SERUM UNTUK KULIT KERING DAN CARA MENGGUNAKANNYA

Apapun jenis kulit wajah Anda, merawatnya dengan produk-produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah merupakan sebuah keharusan. Jika tidak, maka hasil yang diberikan tidaklah optimal. Karena itu, pemilihan produk-produk skincare harus dilakukan dengan seksama, misalnya memilih serum untuk kulit kering. Jika pilihan serum Anda tepat, maka hasilnya adalah kulit wajah yang terhidrasi, terjaga kelembapannya, dan kenyal.

Perawatan yang Efektif untuk Kulit Kering 

Untuk merawat kulit wajah yang kering, produk perawatan yang Anda gunakan tak hanya harus menjaga kelembapan kulit tapi juga harus menghidrasi. Hidrasi dibutuhkan untuk memastikan kadar air di dalam lapisan dan di permukaan kulit tercukupi agar wajah lembap dan kenyal. Setelah kulit wajah terhidrasi dengan baik, maka harus dijaga agar kandungan air di kulit ini tidak menguap ke udara dan tetap “terkunci” di kulit.   

Banyak orang mengira bahwa penggunaan pelembap untuk merawat kulit kering sudah cukup, padahal belum. Anda membutuhkan serangkaian produk perawatan wajah yang khusus ditujukan untuk merawat kulit kering, termasuk serum untuk kulit kering. Secara mendasar, produk-produk ini yang harus Anda miliki untuk merawat kulit kering:

  • Pembersih wajah. Pilih dalam bentuk krim, milk, atau gel karena dapat membantu membersihkan kulit wajah tanpa mengikis minyak alami kulit dan merusak skin barrier.
  • Toner. Pilih jenis hydrating toner untuk membantu menghidrasi dan melembapkan kulit wajah yang menjadi sedikit kering setelah dibersihkan. Kulit menjadi siap untuk menerima perawatan selanjutnya.
  • Serum. Produk perawatan ini pada dasarnya bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah. Namun kini dengan semakin banyak jenis serum, Anda bisa spesifik memilih hydrating serum sebagai serum untuk kulit kering. Kandungan bahan-bahannya yang dalam bentuk konsentrat membantu menghidrasi kulit wajah Anda dengan intensif.
  • Pelembap. Produk ini fokus bekerja di permukaan kulit wajah, yaitu untuk menjaga agar kandungan serum terkunci di lapisan kulit dan tidak menguap, serta untuk membantu memperbaiki skin barrier yang rusak. Gunakan pelembap yang berbeda untuk pagi dan malam hari karena masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. 
  • Face oil. Penggunaan face oil dianggap seperti pelembap kedua untuk membantu merawat kulit yang kering. Ada yang mencampurkan face oil dengan krim pelembapnya, tapi ada juga yang menggunakannya setelah pelembap pada malam hari. Pilih face oil yang sesuai untuk kulit kering, seperti jojoba, rosehip seed, marula, argan, rose, dan squalane.
  • Sunscreen. Bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dari matahari. Untuk negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, gunakan sunscreen dengan kadar perlindungan minimal SPF30 dan PA+++. Aplikasikan ulang setiap dua jam sekali untuk perlindungan optimal.

Sebagai perawatan mingguan, Anda bisa menambahkan penggunaan eksfoliator dan serum mask.  Eksfoliator membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit penyebab kulit wajah terlihat kusam, sementara serum mask memberi hidrasi yang intensif bagi kulit wajah.  Gunakan eksfoliator khusus untuk kulit kering 1-2 kali seminggu, sementara serum mask digunakan tiga kali seminggu.

Perhatikan Ini saat Memilih Serum untuk Kulit Kering

Di antara semua produk perawatan kulit wajah, serum merupakan produk yang merawat kulit paling intensif. Hal ini dikarenakan serum memiliki kandungan bahan aktif yang spesifik merawat jenis kulit atau mengatasi masalah kulit tertentu; bentuknya konsentrat sehingga kadarnya lebih tinggi jika dibandingkan produk perawatan kulit wajah lainnya.

Cara memilih serum yang tepat adalah dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Manfaatnya. Ada banyak jenis serum di pasaran yang menawarkan berbagai manfaat. Untuk kulit wajah yang kering, Anda bisa mencari hydrating serum, moisturizing serum, antioxidant serum, atau skin barrier serum yang dapat membantu merawat kulit kering.
  • Kandungan bahan aktifnya. Dari begitu banyak bahan aktif dalam perawatan kulit, ada yang biasa digunakan sebagai kandungan serum untuk kulit kering. Hyaluronic acid masih menjadi bahan aktif favorit untuk kulit kering karena kemampuannya untuk menghidrasi kulit. Anda juga bisa memilih bahan-bahan ini untuk merawat kulit kering: glycerin, ceramide, squalane, peptide, Vitamin C, Vitamin E, dan lactic acid.
  • Tujuan dari perawatan kulit. Selain untuk menghidrasi dan melembapkan kulit kering, Anda juga bisa menambahkan tujuan lain saat merawat kulit wajah. Misalnya, Anda juga ingin memiliki kulit wajah yang cerah bersinar, maka Anda bisa menggunakan serum untuk kulit kering dan flek hitam. Untuk memastikan manfaat tersebut Anda dapatkan, maka pelajari kandungan bahan aktif yang sesuai dengan keinginan tersebut.

Serum untuk Kulit Kering yang Menghidrasi dengan Optimal

Manfaat serum yang optimal dalam menghidrasi kulit wajah bisa Anda dapatkan di L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum. Serum ini mengandung konsentrasi dari dua jenis hyaluronic acid dengan total 1,5%. Secara klinis, jumlah ini terbukti merupakan dosis yang tepat agar dapat memberi manfaat serum yang optimal.

  • 0,5% macro hyaluronic acid yang bermanfaat untuk menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif karena dapat mengikat air sampai 1000 kali beratnya.
  • 1% micro hyaluronic acid yang dapat terserap lebih dalam ke lapisan epidermis kulit untuk membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit kenyal, halus, dan bercahaya. 

Keunggulan lain dari L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum adalah teksturnya yang ringan sehingga mudah terserap kulit wajah. Serum ini juga tidak mengandung paraben dan fragrance, serta bersifat non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori. Dengan pemakaian selama seminggu, serum untuk kulit kering ini dapat membantu kulit wajah Anda terhidrasi dengan baik, lembap optimal, kenyal, serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

Tips Penggunaan L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

Ada yang sudah mengaplikasikan serum wajah dengan benar, tapi ada juga yang belum. Bagi yang ingin memastikan aplikasi serumnya sudah benar, bisa cek tips berikut ini: 

  • Aplikasikan serum setelah penggunaan toner atau essence, dan sebelum pelembap.
  • Tak perlu menunggu toner atau essence menyerap sampai kering di kulit, Anda bisa langsung mengaplikasikan serum di wajah. Serum untuk kulit kering malah disarankan diaplikasikan di kulit yang agak basah. 
  • Umumnya serum wajah memiliki tekstur yang cair tapi sedikit kental. Jadi Anda hanya butuh sekitar 3-4 tetes untuk aplikasi di seluruh wajah.
  • Cara aplikasinya adalah sebagai berikut: Teteskan serum secukupnya ke telapak tangan, lalu ratakan di kedu telapak tangan. Setelahnya, segera tepuk-tepukan pelan telapak tangan di kulit wajah, bisa juga dengan menekan lembut telapak tangan di kedua pipi, dahi, rahang, dan lainnya.
  • Jika Anda ingin mengaplikasikan dua produk serum dalam satu rutinitas perawatan (layering), maka aplikasikan yang teksturnya lebih cair terlebih dahulu, kemudian baru yang teksturnya lebih kental.
  • Selain di kulit wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan serum di kulit leher agar leher mendapatkan manfaat yang sama.

Kulit Kenyal dan Tampak Cerah dengan Rangkaian L’Oréal Paris Hyaluronic Acid 

Untuk mendapatkan kulit kenyal dan tampak cerah yang optimal Anda bisa menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Hyaluronic Acid lainnya. Optimalkan kulit kenyal dan tampak bercahaya dengan skincare routine yang dimulai sabun wajah yang digunakan pagi dan malam hari serta perawatan ekstra dengan masker setiap satu hingga dua kali seminggu.

Berikut rangkaian produk L’Oréal Paris Hyaluronic Acid yang membantu kulit kembali kenyal, tampak lebih muda, dan bercahaya:

  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Aqua Gel Cleanser . Pembersih wajah bertekstur gel yang ringan dan tidak membuat kulit terasa kencang yang tertarik setelah penggunaan. Hyaluronic Acid-nya juga dapat mengunci kelembapan alami serta membuat wajah tampak muda bercahaya.
  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream. Kunci kelembapan kulit wajah, mengembalikan kekenyalan kulit, dan mengurangi garis-garis halus dengan teknologi micro hyaluron yang dapat menyerap lebih dalam untuk kelembapan yang lebih tahan lama.
  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Freshmix Mask. Lawan tanda penuaan dini dengan masker yang mengandung formula konsentrasi Hyaluronic Acid yang tinggi. Teknologi Innovative Sheet Mask-nya juga mampu menyerap 20x lebih banyak serum dan Clear Jelly Texture menjaga kelembapan lebih lama. 

Tak sulit menerapkan tips tersebut untuk menggunakan L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum. Anda pun bisa mendapatkan serum untuk kulit kering ini dengan mudah. Anda bisa membelinya secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.