TIPS MEMILIH PEMBERSIH WAJAH SESUAI JENIS DAN PERMASALAHAN KULIT

Dalam rutinitas perawatan wajah, membersihkan kulit wajah menjadi langkah awal yang wajib untuk dilakukan. Tanpa kulit wajah yang bersih optimal, maka produk-produk perawatan wajah lainnya tidak dapat menyerap ke dalam kulit dan melaksanakan ‘tugas’-nya. Selain itu, masalah-masalah kulit akan muncul akibat segala jenis kotoran yang menempel di kulit. Pembersih wajah yang tepat akan membantu Anda membersihkan semua kotoran tersebut. Karena itu, jangan sampai salah memilih produk pembersih yang sesuai jenis dan permasalahan kulit.

Pentingnya Memilih Pembersih Wajah yang Tepat

Memilih produk perawatan kulit wajah memang tak semudah membalik telapak tangan, termasuk pembersih wajah. Mungkin Anda harus melakukan beberapa kali trial and error sampai akhirnya menemukan sabun wajah yang tepat untuk jenis kulit wajah Anda dan permasalahannya. Kerja menjadi bertambah berat karena berbagai faktor seperti usia, perubahan hormon, cuaca, dan gaya hidup, dapat membuat jenis kulit wajah Anda berubah menjadi lebih berminyak, lebih kering, atau lebih sensitif.

Sayangnya, banyak orang yang masih menganggap remeh pembersih wajah karena memiliki fungsi yang mendasar sekali dan kandungan bahan aktifnya tidak setinggi serum ataupun pelembab. Akibatnya, produk pembersih yang dipilih kadang asal saja, yang penting wajah jadi bersih. Padahal, sembarang membersihkan wajah bisa membuat kulit terasa sangat kering dan seperti ditarik. Serum wajah yang mahal juga tidak bisa menyerap dengan baik jika kulit wajah tidak bersih optimal karena kotoran yang menempel menghalangi penyerapan bahan aktif.

Karena itu, luangkan waktu Anda untuk memilih pembersih wajah yang berkualitas serta sesuai dengan jenis dan masalah kulit wajah Anda. Produk pembersih yang berkualitas memiliki formula yang lembut sehingga tidak membuat kulit terasa tertarik dan kering kesat setelah digunakan, serta tidak membuat iritasi. Kulit yang kering dan terasa kesat menandakan bahwa kelembapan alami kulit wajah ikut terangkat saat wajah dibersihkan, dan bisa jadi skin barrier ikut terpengaruh sehingga fungsinya sebagai pelindung kulit menjadi tidak maksimal.

Memilih Produk Pembersih yang Sesuai Jenis Kulit Wajah

Secara mendasar, manfaat membersihkan wajah adalah menyingkirkan debu, keringat, minyak, sebum, bakteri, sisa make up, dan kotoran lainnya dari permukaan kulit wajah. Untuk melakukannya, Anda butuh produk pembersih khusus untuk wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Hindari menggunakan sabun badan untuk membersihkan wajah, karena bahan-bahan yang terkandung di sabun untuk kulit badan biasanya lebih keras dibanding untuk kulit wajah.

  • Kulit kering

Agar kulit wajah tidak bertambah kering, maka produk pembersih harus dapat membersihkan kotoran yang menempel tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit wajah. Untuk itu, pilihan pembersih wajah dalam bentuk krim dan milk sangatlah tepat karena menjaga kelembapan kulit wajah saat membersihkannya. Hindari pembersih jenis foam karena cenderung membuat kulit wajah menjadi kering setelah dibersihkan. Pilih yang mengandung bahan seperti coconut oil, avocado oil, squalane, lactic acid, glycerin, hyaluronic acid, ceramide, dan Vitamin E.

  • Kulit berminyak

Produksi minyak berlebih di kulit wajah yang berminyak membuatnya membutuhkan produk pembersih wajah yang lebih intens membersihkan kotoran yang menempel tapi tanpa membuat kulit kering. Produk dalam bentuk foam dan gel menjadi pilihan facial wash untuk kulit berminyak yang pas. Pilih yang mengandung bahan-bahan seperti tea tree, salicylic acid, glycolic acid, dan niacinamide karena dapat membantu berbagai masalah yang sering dihadapi oleh kulit berminyak, seperti jerawat, pori-pori tersumbat, dan minyak berlebih. 

  • Kulit normal

Pemilik kulit wajah normal biasanya tidak mempunyai masalah kulit wajah yang berarti, karena itu sebenarnya bisa menggunakan produk pembersih bentuk apa saja asalkan memiliki formula yang lembut dan tidak membuat kulit kering. Menggunakan pembersih dengan kandungan Vitamin C dan ekstrak buah-buahan seperti pepaya atau nanas dapat memberi manfaat lebih bagi kulit wajah normal. 

  • Kulit kombinasi

Kombinasi kulit yang berminyak di T-zone dan kering di daerah pipi memang membingungkan untuk memilih produk pembersih wajah yang tepat. Pilih produk pembersih dalam bentuk foam atau gel yang lembut. Kandungan bahan-bahan yang menghidrasi jadi pilihan terbaik untuk kulit kombinasi, seperti hyaluronic acid, glycerin, glycerol, dan lidah buaya. Jika berjerawat di daerah T-zone, maka Anda dapat menggunakan pembersih dengan kandungan salicylic acid yang tidak membuat kulit kering.

Pembersih Wajah yang Menjawab Permasalahan Kulit

Jenis kulit wajah memang menjadi faktor utama dalam memilih produk pembersih kulit. Namun Anda juga bisa menemukan manfaat lain yang membantu menjawab permasalahan kulit, misalnya kulit kusam, kulit belang, munculnya noda hitam, dan penuaan dini seperti munculnya garis-garis halus dan kerutan. Macam-macam pembersih wajah memiliki manfaat ini, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

L’Oréal Paris White Perfect Extraordinary Whip, misalnya, yang membantu membersihkan kulit wajah secara mendalam dan memberi manfaat mencerahkan. Kandungan sea salt membantu membersihkan kulit wajah sampai ke pori-pori secara mendalam dan membantu mencegah timbulnya jerawat karena bersifat antibakteri. Sementara itu, kandungan bergamot extract membantu proses pembaruan sel-sel kulit wajah, mencerahkan kulit, dan meratakan warna kulit. 

Pembersih wajah ini memiliki tekstur berupa krim lembut yang ringan dan bebas minyak sehingga membuat kulit wajah terasa halus, lembut, nyaman, dan tidak lengket. Tidak mengandung SLS (sodium lauryl sulfate) sehingga tidak membuat kulit wajah kering dan terasa seperti tertarik. L’Oréal Paris White Perfect Extraordinary Whip cocok untuk semua jenis kulit, tapi tidak disarankan untuk kulit wajah sensitif. 

Gunakan L’Oréal Paris White Perfect Extraordinary Whip untuk membersihkan wajah dua kali sehari sebagai langkah awal dari rutinitas perawatan wajah pada pagi hari dan malam hari, juga saat kulit wajah sangat berkeringat misalnya setelah berolahraga. Jika ingin menggunakannya untuk double cleansing, maka produk pembersih ini digunakan sebagai pembersih kedua.

Memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit memang butuh waktu, tapi dengan tips di atas, Anda sudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Jika L’Oréal Paris White Perfect Extraordinary Whip dirasa dapat menjawab kebutuhan kulit wajah, maka Anda bisa mendapatkannya secara online di website resmi L'Oréal Paris Indonesia maupun di official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce. Anda bisa juga membelinya secara langsung di gerai-gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.