Make Up ENGGAK SUSAH KOK, INI TIPS MEMILIH FOUNDATION UNTUK KULIT BERJERAWAT YANG SENSITIF

Bagi pemilik kulit rentan berjerawat, penggunaan foundation terkadang menjadi sangat tricky. Di satu sisi, produk complexion ini dapat membantu menutupi permasalahan kulit seperti jerawat. Di sisi yang lain, menutupi jerawat dengan foundation dapat membuat jerawat meradang. Memilih produk foundation menjadi kuncinya; pilihan foundation untuk kulit berjerawat akan membuat Anda terhindar dari masalah ini.

Tips Memilih Foundation untuk Kulit Berjerawat

 

Saat kulit wajah rentan berjerawat, apalagi jika kulit Anda juga sensitif, maka memilih produk foundation aman untuk jerawat menjadi keharusan. Untuk mendapatkan produk foundation untuk kulit berjerawat yang tepat, tentunya Anda harus lebih cermat dalam meneliti formula produk. Berikut ini beberapa tips memilih foundation  yang dapat Anda ikuti.


  • Pilih foundation yang non-comedogenic

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam foundation memiliki sifat comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori sehingga sangat tidak dianjurkan untuk digunakan oleh para pemilik kulit rentan berjerawat. Karena itulah, Anda perlu mencari produk foundation yang non-comedogenic. Biasanya keterangan ini tercantum di kemasan produk sehingga tak sulit mencarinya.


  • Pilih foundation dengan formula berbasis air

Foundation yang memiliki tekstur padat seperti stick foundation dan juga cream foundation juga tidak dianjurkan bagi pemilik kulit rentan berjerawat. Pasalnya, tekstur kedua jenis produk complexion tersebut tidak bersifat breathable sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit. Hasilnya, jerawat pun akan lebih mudah muncul di kulit wajah.


Dalam memilih foundation untuk kulit berjerawat, maka sebaiknya Anda memilih produk dengan formula berbasis air. Selain memiliki tekstur yang ringan ketika diaplikasikan serta meminimalisir risiko menyumbat pori-pori, foundation ringan untuk kulit berjerawat dengan formula berbasis air tentunya juga lebih nyaman digunakan sebagai riasan wajah seharian. Karena memiliki tekstur yang ringan serta breathable, produk foundation jenis ini juga bisa digunakan oleh para pemilik kulit berjerawat yang sensitif sehingga kulit tidak mudah teriritasi.


  • Gunakan foundation dengan hasil akhir natural matte

Pada umumnya, para pemilik kulit rentan berjerawat memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi, dan sensitif. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk foundation untuk kulit berjerawat dengan hasil akhir matte. Pasalnya, foundation dengan hasil akhir matte telah dilengkapi dengan formula oil control, bahkan memiliki ketahanan yang baik terhadap keringat karena bersifat sweat-proof.


Foundation yang memiliki kemampuan oil control akan membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah sehingga tidak berlebihan. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan  menjadi tempat bakteri penyebab jerawat berkembang biak. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat di wajah.


  • Pilih foundation dengan kandungan pencegah jerawat

Hal lain yang perlu diperhatikan saat akan membeli foundation untuk kulit berjerawat adalah kandungan bahannya yang dapat membantu mencegah jerawat. Beberapa foundation untuk kulit berjerawat biasanya menambahkan kandungan anti-acne seperti salicylic acid.


Namun, jika kesulitan menemukan foundation dengan kandungan tersebut, Anda bisa memilih produk foundation yang mengandung dimethicone. Kandungan bahan tersebut dipercaya memiliki kemampuan untuk menyerap minyak berlebih dan meminimalkan tampilan pori-pori yang besar di kulit wajah. Selain itu, kandungan tersebut juga diklaim mampu mengurangi kemerahan dan iritasi kulit yang diakibatkan oleh jerawat.


Tips Aplikasi Makeup dan Foundation untuk Kulit Berjerawat 

 

 

  • Hindari penggunaan foundation yang terlalu tebal

Untuk menyamarkan tampilan noda bekas jerawat atau jerawat yang meradang, banyak yang mengaplikasikan foundation yang tebal untuk menutupinya. Padahal, menggunakan foundation yang terlalu tebal dapat membuat kulit menjadi terasa berat serta bisa membuat pori-pori menjadi lebih mudah tersumbat.


Untuk menghindari aplikasi foundation yang terlalu tebal, Anda bisa memilih foundation cair yang memiliki coverage medium-tinggi. Dengan pemakaian yang sesuai ketentuan, noda bekas jerawat serta jerawat yang meradang akan tertutupi dengan sempurna. Karena memiliki tekstur ringan, maka dapat memberikan hasil yang natural.


  • Gunakan aplikator yang bersih

Tak hanya pilihan produk yang tepat, Anda juga perlu memastikan jika aplikator yang digunakan untuk mengaplikasikan produk makeup berada dalam keadaan bersih. Perlengkapan merias wajah yang kotor dan jarang dibersihkan dapat menjadi tempat bakteri penyebab jerawat berkembang biak, lalu berpindah ke kulit wajah saat digunakan.


Sebagai tips tambahan, jika menginginkan hasil riasan yang flawless dan foundation merata sempurna, Anda dapat mengaplikasikan foundation dengan cara tap motion. Mengaplikasikan foundation dengan cara swapping hanya akan membuat foundation bergeser sehingga hasilnya menjadi lebih mudah cakey.


  • Hindari menggunakan face powder dan blush on dengan shimmer

Produk makeup seperti face powder dan blush on dengan shimmer dapat membuat tekstur jerawat lebih menonjol. Pilihlah face powder dan blush on yang memiliki hasil akhir matte agar riasan wajah tetap terlihat flawless. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin menggunakan highlighter. Untuk acara-acara khusus, Anda dapat menggunakan highlighter dengan shimmer tapi aplikasikan secara tipis saja.


Pilihan Foundation yang Tepat untuk Kulit Berjerawat 

 

L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation bisa menjadi pilihan foundation untuk kulit berjerawat yang sempurna, termasuk untuk kulit berjerawat yang sensitif. Formula duo oil-control ingredients di dalamnya membantu mengontrol minyak berlebih, menyerap minyak secara instan, dan menjaga tampilan makeup tetap matte seharian. Walaupun berbasis air dan memiliki tekstur yang ringan, Anda tidak perlu meragukan kemampuan L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation dalam menutupi berbagai ketidaksempurnaan di wajah karena memiliki coverage medium-tinggi.


L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation juga dilengkapi dengan formula sweatproof, waterproof, dan juga transferproof, sehingga produk foundation ini dapat bertahan seharian, tidak mudah luntur saat terkena keringat, dan tidak mudah berpindah saat menggunakan masker. Tak perlu khawatir menemukan shade yang sesuai dengan warna kulit Anda karena foundation cair ini tersedia dalam 10 varian shade yang sesuai dengan warna kulit perempuan Indonesia yang beragam.


Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memilih L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation sebagai pilihan foundation untuk kulit berjerawat yang sensitif. Apabila Anda tertarik memiliki foundation yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak ini, Anda bisa membelinya di situs resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce. Anda juga bisa mendapatkan produk ini di gerai L'Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik di kota Anda.

Resize Oapmakfinfailliblemattecoverflatlay17dmiimagenanocta Min
Caption