Make Up TIPS MAKE UP TAHAN LAMA UNTUK WISUDA DAN RIAS PENGANTIN

Ada momen-momen istimewa dalam hidup yang membuat Anda ingin tampil cantik dan membuat pangling, misalnya saja saat wisuda dan saat menikah. Sudah umum jika untuk momen-momen tersebut, seorang perempuan menggunakan jasa make up artist (MUA) untuk rias wisuda dan rias pengantin. Dana yang besar bukan masalah asalkan bisa tampil cantik dengan wajah yang flawless seharian.

Namun bagaimana jika Anda memiliki budget terbatas atau kurang merasa cocok dengan riasan dari MUA yang ada? Tak ada salahnya Anda untuk merias wajah sendiri, apalagi jika Anda pada dasarnya memang senang bereksperimen dengan make up. Dalam setahun terakhir, beberapa beauty vlogger memberi inspirasi dengan merias wajah mereka tanpa bantuan MUA untuk rias pengantin. Hasilnya membuat mereka tampil menawan di hari pernikahan. 

Jika Anda yakin untuk merias wajah sendiri untuk momen wisuda dan pernikahan, maka tips berikut ini dapat Anda terapkan untuk memastikan make up tahan lama dan hasilnya sempurna seperti yang Anda inginkan. 

Tips Anti Gagal untuk Rias Pengantin dan Wisuda

Terlepas dari masalah budget, ada alasan khusus kenapa beberapa perempuan memilih untuk merias wajahnya sendiri untuk momen-momen istimewa. Para perempuan ini merasa bahwa mereka lah yang paling mengenal kondisi wajah sendiri, sehingga paling paham cara meriasnya dengan tepat. Selain itu, sebagian perempuan juga merasa lebih nyaman jika mereka yang merias wajahnya sendiri dibandingkan orang lain. 

Walaupun demikian, ada baiknya Anda tetap menyiapkan diri agar segala sesuatu berjalan sempurna pada hari H. Anda bisa menerapkan tips berikut ini untuk memastikan riasan Anda tidak gagal.

  • Tentukan make up look dan pelajari cara kreasinya

Seperti apa tampilan yang Anda inginkan untuk acara wisuda atau pernikahan? Dari beberapa bulan sebelumnya, Anda bisa mencari inspirasi make up look dan mempelajari cara mengkreasikannya. Saat ini ada banyak tutorial make up look untuk rias pengantin dan wisuda di Youtube. Anda bisa mencari inspirasi yang paling sesuai dengan keinginan Anda, mempelajari cara-caranya, lalu bereksperimen dengan make up untuk mengkreasikannya.

Jika dirasa perlu, tak ada salahnya Anda melakukan kursus make up singkat untuk menambah pengetahuan dan memastikan cara aplikasi make up Anda sudah tepat.

  • Siapkan produk-produk make up khusus

Terutama untuk rias pengantin, Anda perlu mempersiapkan produk-produk make up yang khusus di tas tersendiri. Sebaiknya Anda memilih produk-produk make up yang berkualitas baik agar wajah Anda terlihat flawless pada hari H. Produk make up yang berkualitas baik akan menempel di kulit wajah dan tak mudah luntur, memiliki pigmentasi warna tinggi, serta mudah diratakan dan membaur di kulit saat diaplikasikan. Selain itu, pilih produk make up yang tahan lama (long wearing), waterproof, dan smudge-proof sehingga bisa tetap bertahan seharian pada hari H.

Jangan lupa untuk memilih warna-warna produk make up yang sesuai dengan skin tone, undertone, dan warna pakaian yang dikenakan pada saat wisuda atau pernikahan. Pertimbangkan pula jenis kulit dan kondisi kulit dalam memilih produk make up.

  • Lakukan uji coba

MUA biasanya akan melakukan tes atau uji coba rias pengantin sebelum hari pernikahan. Anda bisa meniru konsep ini saat memutuskan untuk merias wajah sendiri untuk wisuda atau pernikahan. Lakukan uji coba paling lambat tiga bulan sebelum hari H, sehingga jika hasilnya kurang memuaskan, Anda masih punya waktu untuk melakukan penyesuaian dan uji coba kembali.

Saat uji coba, kenakan pakaian dengan warna yang sama dengan pakaian yang akan Anda kenakan di hari H. Selain itu, minta bantuan teman atau pasangan untuk memfoto Anda dengan hasil riasan wajah, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Dengan demikian, Anda bisa melihat hasilnya sudah sesuai keinginan atau belum.

Inspirasi Make Up Natural untuk Rias Pengantin dan Wisuda

Untuk rias pengantin dan wisuda, mungkin Anda mengira bahwa make up look yang bold dengan warna-warna intens lah yang lebih cocok. Padahal, jika Anda ingin merias wajah sendiri, maka make up yang natural lebih disarankan karena lebih aman dan mengurangi risiko gagal. Menampilkan berbagai kelebihan Anda dengan make up natural akan membuat Anda terlihat cantik, baik sebagai pengantin perempuan ataupun wisudawati.

Untuk mendapatkan rias wajah yang tampak natural, dapat bertahan lama, dan memberi flawless make up look, Anda bisa menggunakan produk-produk makeup dari L’Oréal Paris yang direkomendasikan berikut ini. Ikuti langkah-langkah aplikasinya untuk mendapatkan hasil makeup look yang tampak natural dan menawan.

1. Face primer dan eye primer

Primer membantu kulit wajah menjadi kanvas yang siap dilukis dengan membuat lapisan di atas permukaan kulit, sehingga kulit wajah menjadi halus, tidak berminyak, dan produk makeup dapat diratakan serta dibaurkan dengan baik. Makeup mata juga terhindari creasing dan mencoreng. 

2. Liquid foundation

Pilih foundation cair yang bebas minyak agar dapat bertahan seharian dan foundation tidak bergeser. Pilih yang memberi hasil natural dan dapat bertahan lama seperti L’Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Foundation cair dengan high coverage ini memberi hasil akhir matte yang waterproof dan sweatproof hingga dapat bertahan sampai 24 jam.

3. Concealer

Anda biasanya sulit tidur pada malam sebelum hari H dan ini membuat area bawah mata menggelap. Aplikasikan concealer yang dapat menyamarkan area gelap tersebut serta noda gelap lainnya di kulit wajah. L’Oréal Paris Infallible More Than Concealer membantu mengatasi masalah ini dengan high coverage tapi tetap memberi hasil akhir natural yang dapat bertahan seharian.

4. Bedak

Anda bisa mengunci foundation dan concealer dengan mengaplikasikan bedak. Pilih L’Oréal Paris Infallible 24H Oil Killer High Coverage Powder yang memiliki high coverage dan memberi hasil akhir matte yang natural. Tekstur yang ringan membuat bedak ini dapat menyatu dengan kulit, membuat kulit tampak halus, dan wajah bebas minyak sampai 24 jam. Selain itu bedak dari Maybelline ini juga cocok dengan cuaca di Indonesia yang lembab karena memiliki teknologi waterproof, heat-proof, dan humidity-proof.

5. Make up mata

Sesuaikan kreasi makeup mata Anda dengan pakaian yang Anda kenakan serta tema acara, baik wisuda ataupun pernikahan. Untuk memastikan alis mata Anda tampak tebal alami dan rapi seharian, gunakan L’Oréal Paris Unbelievabrow Longlasting Brow Gel. Sedangkan untuk tampilan bulu mata yang bervolume, panjang, dan lentik tapi tetap terlihat halus serta tahan lama, Anda bisa menggunakan L’Oréal Paris Voluminous Lash Paradise Mascara.

6.Make up bibir

Lipstik biasanya menjadi langkah terakhir dari aplikasi make up. Seimbangkan tampilan keseluruhan make up dengan memilih warna lipstik yang cenderung nude jika make up mata bold. Sebaliknya, pilih warna lipstik yang bold jika Anda memilih warna make up mata yang cenderung kalem. Untuk make up bibirnya, L’Oréal Paris Rogue Signature Liquid Lipstick menjadi pilihan yang tepat untuk tampilan natural dan bold.

Selesai sudah kreasi make up natural untuk rias pengantin ataupun wisuda. Jangan lupa, semprotkan L’Oréal Paris Infallible Setting Spray yang membantu menjaga agar riasan tahan lama dan tetap flawless tanpa perlu touch up.

Anda bisa mendapatkan semua produk make up dari L’Oréal Paris yang direkomendasikan untuk rias pengantin dan wisuda ini secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris di e-commerce/marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko kosmetik terdekat.