INI TIPS AGAR WAJAH LEMBAB DAN KENYAL DI USIA 30-AN

Saat usia menginjak angka 30, sudah saatnya lebih intensif dalam merawat kulit wajah, karena seiring berjalannya waktu, kondisi kulit wajah mulai menurun, termasuk kelembaban dan kekenyalannya. Tanda kulit wajah yang sehat dan terawat adalah terhidrasi dengan baik, terjaga kelembabannya, kenyal saat disentuh, serta tampak cerah dan bercahaya. Anda memerlukan langkah-langkah tepat dalam skin care routine pada pagi dan malam hari agar wajah lembab dan kenyal.

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal

Kondisi kulit sehat, kenyal, dan lembab sering digunakan di masyarakat untuk mendeskripsikan kondisi kulit wajah yang ideal. Namun sebenarnya, tidak banyak orang yang benar-benar tahu seperti apa seharusnya kulit yang ideal itu.

Kulit merupakan organ terluas tubuh. Kulit yang sehat bisa dilihat dari tekstur, tingkat kekenyalan, dan kelembabannya. Kulit yang mendapatkan cukup hidrasi akan terasa lebih segar dan lembab sehingga kulit kenyal dan elastis, teksturnya menjadi lembut, dan tampak bercahaya. Selain itu, kulit juga tampak cerah dan memiliki warna yang merata. Perlu Anda pahami bahwa cerah bukanlah kulit menjadi putih, tapi menjadi lebih terang seperti warna kulit bagian dalam tangan Anda. 

Masalahnya, saat usia memasuki 20-an, produksi kolagen dan elastin, dua protein esensial yang bertanggung jawab untuk menjaga struktur kulit tetap kuat dan utuh, di kulit mulai menurun. Semakin lama, hal ini menyebabkan kulit menjadi kendur serta terjadinya penuaan dini dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Anda juga akan merasakan bahwa kelembapan kulit berkurang karena produksi hyaluronic acid di kulit juga menurun, sehingga kadar air di lapisan kulit ikut menurun.

Pentingnya Menjaga Hidrasi Kulit

Kulit yang terhidrasi adalah kunci agar wajah lembab dan kenyal. Kulit juga bisa mengalami dehidrasi dikarenakan oleh tubuh tidak menyimpan cukup banyak air yang bisa diikat oleh kulit. Ini mengakibatkan kelembapan dan kekenyalan kulit wajah menurun drastis, sehingga kulit menjadi kasar, kusam, dan garis-garis halus serta kerutan terlihat nyata. Dehidrasi disebabkan oleh banyak faktor seperti cuaca, lingkungan, pola makan, merokok, serta konsumsi kafein dan alkohol berlebih, yang semuanya dapat mengakibatkan berkurangnya kadar air di dalam kulit. 

Kulit Anda membutuhkan nutrisi yang tepat, baik dari luar maupun dari dalam, agar terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya. Apapun jenis kulit wajah Anda, menjaganya agar tetap terhidrasi sangat penting agar kulit kenyal dan sehat sepanjang hari. 

Untuk perawatan dari luar, Anda bisa menggunakan produk skin care dengan kandungan bahan humektan yang dapat menarik air dari lingkungan dan mengikatnya di kulit, seperti hyaluronic acid, glycerin atau glycerol, asam amino, dan aloe vera. Sedangkan perawatan dari dalam agar wajah lembab dan kenyal adalah dengan mencukupi kebutuhan air tubuh sebanyak dua liter per hari dan mengosumsi makanan yang kaya nutrisi.

Kandungan Bahan Terbaik agar Wajah Lembab dan Kenyal

Hyaluronic Acid merupakan kandungan yang diperlukan kulit wajah untuk menghidrasi kulit sekaligus menjaga kelembapan kulit. Di dalam tubuh, hyaluronic acid tak hanya dibutuhkan oleh kulit wajah, tapi juga untuk menghidrasi persendian dan mata. Selain menghidrasi kulit, hyaluronic acid juga berperan penting untuk merangsang produksi kolagen yang merupakan elemen penting dalam mempertahankan kekencangan kulit Anda.

Hyaluronic Acid merupakan bahan humektan, sehingga dapat menarik air dari lingkungan, termasuk udara dan dari dalam tubuh, untuk memastikan kadar air di lapisan epidermis kulit tetap terjaga agar wajah lembab dan kenyal. Sayangnya, semakin usia menua, produksi hyaluronic acid alami di tubuh akan berkurang. Akibatnya, kelembapan dan kekenyalan kulit menurun serta kulit wajah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.

Rangkaian Perawatan agar Wajah Lembab dan Kenyal

Agar kulit wajah kenyal dan kencang serta sehat, Anda perlu skin care routine yang tepat pada pagi dan malam hari. Rutinitas harian ini sangat berpengaruh dalam mempertahankan kelembapan dan kekenyalan kulit wajah. Selain itu, lakukan juga perawatan tambahan yang dilakukan secara berkala, yaitu eksfoliasi untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit sebanyak dua kali dalam seminggu, serta penggunaan sheet mask untuk menghidrasi dan melembabkan kulit secara intens sebanyak tiga kali seminggu.

Pemilihan produk pembersih wajah juga penting. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan membersihkan kulit dengan lembut agar wajah lembab dan kenyal tanpa rasa seperti tertarik setelahnya. Pilihlah pembersih wajah dengan kandungan bahan yang dapat membersihkan dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alami kulit, serta dapat menghidrasi kulit wajah. Pastikan juga Anda melakukan double cleansing apabila menggunakan makeup

Setelah kulit bersih, Anda bisa aplikasikan hydrating serum seperti L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum. Mengandung konsentrasi 0,5% macro hyaluronic acid dan 1% micro hyaluronic acid yang menyerap lebih dalam sehingga lebih melembapkan dan membuat kulit kenyal lebih lama. Hasilnya adalah kulit wajah yang terhidrasi secara instan sampai 42% dan tampak 42% lebih cerah seketika. Dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Tersedia dalam kemasan ukuran 30 ml dan 15 ml.

Langkah selanjutnya adalah penggunaan pelembap. Jangan lupa untuk membedakan pelembab untuk digunakan pada pagi dan malam hari, karena keduanya memiliki fungsi dan formula yang berbeda. Untuk pagi hari, lanjutkan dengan aplikasi sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar UV dari matahari. Untuk iklim tropis Indonesia, pastikan sunscreen Anda memiliki minimal SPF 30 dan PA +++. 

Untuk penggunaan sheet mask sebagai perawatan berkala agar agar wajah lembab dan kenyal, Anda bisa mencoba L'Oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask. Masker wajah ini berupa lembaran sheet mask yang terbuat dari algae extract dan serum hyaluronic acid yang dikemas terpisah. Dengan pemakaian 15 menit saja, kulit wajah tampak lebih cerah hingga 39%, lebih lembap 49%, dan garis halus tersamarkan hingga 23%. Setelah pemakaian selama satu minggu, kulit wajah tampak lebih muda, cerah, dan terasa kenyal. 

Langkah-langkah perawatan kulit agar wajah lembab dan kenyal menggunakan produk dengan kandungan hyaluronic acid ini bisa dijadikan referensi untuk skin care routine Anda pada usia 30-an. Dapatkan rangkaian produk L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.