KULIT BEBAS MASALAH! INI SKINCARE ROUTINE YANG WAJIB DILAKUKAN SELAMA WFH

Hindari mengabaikan skincare routine Anda saat banyak beraktivitas di rumah agar kulit wajah tetap sehat dan bebas dari masalah.

Berlakunya pembatasan kegiatan saat pandemi ini membuat Anda lebih sering beraktivitas di dalam rumah, termasuk untuk WFH (work from home). Sebenarnya kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk lebih intensif dalam menerapkan skincare routine. Namun kenyataannya, jadwal kerja yang malah jadi lebih panjang saat WFH serta ditambah dengan kecemasan akibat pandemi malah membuat banyak orang cenderung mengabaikan perawatan kulit wajah.


Kulit Wajah Juga Terdampak Stres

 

Mungkin Anda berpikir karena lebih banyak beraktivitas di rumah, tidak apa-apa kalau skincare routine jadi lebih longgar karena toh, Anda lebih minim terpapar sinar matahari, polusi, dan kotoran dari lingkungan di luar rumah. Padahal, semua paparan itu bisa juga Anda dapatkan saat di dalam rumah. Karena itu, kulit wajah harus tetap dirawat secara rutin seperti yang biasa Anda lakukan saat banyak beraktivitas di luar rumah.


Faktor lain yang harus Anda perhatikan adalah kecemasan yang Anda alami akibat pandemi tak hanya berdampak ke mental, tapi juga ke kulit. Produksi hormon kortisol yang bertambah saat Anda stres berpengaruh ke kulit Anda, membuat kulit jadi lebih berminyak, mudah iritasi, serta muncul jerawat. Jika kulit wajah Anda sebelumnya sudah bermasalah, kecemasan ini berpotensi membuat masalah tersebut menjadi lebih parah. Dengan tetap melakukan skincare routine, potensi kulit bermasalah ini dapat Anda kurangi.


Lakukan Skincare Routine seperti Biasa

 

Pasti selama ini Anda telah memiliki rutinitas perawatan kulit wajah sendiri sesuai dengan jenis dan masalah kulit wajah Anda. Paling mendasar,skincare routine ditujukan untuk membersihkan, menyeimbangkan, melembapkan, dan melindungi kulit wajah. Anda dapat menambahkan langkah-langkah lain sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda.


Penggunaan skincare rutin pagi dan malam umumnya berbeda. Pada malam hari, produk perawatan kulit yang digunakan biasanya lebih banyak untuk memanfaatkan momen tidur, karena pada saat tidur, kulit melakukan rejuvenasi. Dengan tujuan ini, produk-produk perawatan kulit juga ada yang dibedakan untuk pemakaian pagi-siang hari dan malam hari.


Jika Anda masih cukup sering melakukan aktivitas di luar rumah, maka disarankan untuk menyesuaikan produk skincare yang selama ini sudah digunakan. Sebaiknya alihkan dulu ke produk-produk yang teksturnya ringan, lembut, mudah menyerap, dan aman bagi kulit. Ini dikarenakan penggunaan masker membuat kulit wajah jadi lebih rentan iritasi akibat gesekan kulit dengan masker. Selain itu, udara panas dan lembap yang terperangkap di bawa masker membuat bakteri penyebab jerawat tumbuh pesat, sehingga kulit jadi rentan berjerawat.


Langkah-Langkah Perawatan Kulit Wajah

 

Berikut ini langkah-langkah perawatan kulit wajah yang bisa Anda lakukan menggunakan produk-produk L'Orèal Paris Revitalift:

 

1. Pembersih wajah

  Langkah ini sangat penting untuk membersihkan kotoran, minyak, sisa makeup, dan hal-hal lain yang menempel di kulit wajah. Jika tidak dibersihkan, maka semua ini dapat memicu iritasi, menyumbat pori-pori, dan membuat muncul jerawat juga komedo.

  Jika Anda rutin menggunakan makeup, maka lakukan double cleansing pada malam hari untuk membersihkan wajah lebih intensif. Pertama, gunakan pembersih berbahan minyak yang efektif mengangkat sisa makeup dan sunscreen. Setelah itu, gunakan facial wash atau pembersih berbahan dasar air yang fokus membersihkan kulit wajah dari sisa pembersih makeup serta kotoran dan partikel polusi.

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris Micellar Water 3-in-1 dan L'Orèal Paris Revitalift Milky Cleansing Foam.

2. Eksfoliasi

Merupakan langkah deep cleansing untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori-pori penyebab wajah terlihat kusam. Cukup lakukan 2-3 kali dalam seminggu menggunakan scrub atau eksfoliasi kimia.

 

3. Toner

 

  Untuk menyeimbangkan pH kulit wajah sekaligus menyegarkan kulit wajah setelah dibersihkan. 

 

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris Revitalift Aqua Milky Toner.

 

4. Essence

 

Manfaat utama dari langkah skincare routine ini adalah membantu mengembalikan kelembapan kulit wajah yang berkurang setelah dibersihkan, sekaligus mempersiapkan kulit wajah untuk menerima perawatan selanjutnya.

 

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence.

 

5. Krim mata

 

  Krim ini membantu merawat kulit di sekitar mata dengan cara melembapkan sekaligus melawan tanda-tanda penuaan dengan mengencangkan, menyamarkan garis-garis halus, serta mengatasi lingkaran hitam dan kantung mata. 

 

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris Revitalift Eye Cream.

 

6. Serum, ampul, booster

 

  Produk-produk ini membantu menutrisi kulit dan mengatasi masalah kulit wajah secara spesifik, misalnya untuk penuaan dini, hiperpigmentasi, melembapkan, dan lainnya. Karena berbentuk konsentrat, kandungan nutrisinya paling tinggi di antara produk skincare yang lain.

 

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum.

 

7. Sheet mask

 

  Langkah skincare routine selanjutnya adalah penggunaan sheet mask yang membantu menghidrasi kulit sekaligus memberi efek relaksasi bagi kulit wajah. Gunakan sheet mask tiga kali seminggu atau saat ada kebutuhan khusus.

 

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris Revitalift Pro-Youth Face Mask.

 

8. Moisturizer

 

  Tak hanya melembapkan wajah, tapi produk perawatan kulit ini juga membantu mengunci semua nutrisi yang diterima kulit wajah dari langkah-langkah skincare routine sebelumnya.

 

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris Revitalift Moisturizing Cream Day SPF 35 PA ++ dan L'Orèal Paris Revitalift Moisturizing Cream Night.

 

9. Sunscreen

 

  Penggunaan sunscreen pada pagi-siang hari penting untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV dari matahari yang berpotensi merusak kulit dan membuat kulit mengalami penuaan dini.

 

Rekomendasi produk: L'Orèal Paris UV Perfect Matte & Fresh.

 

 

Skincare Routine Membantu Mengurangi Stres

 

Jika tadi dijelaskan bahwa kecemasan dan stres bisa berpengaruh ke kondisi kulit wajah, maka Anda perlu pahami juga bahwa rutinitas perawatan wajah ternyata dapat membantu mengurangi stres yang umum muncul akibat pandemi. Melakukan kegiatan rutin sehari-hari seperti yang Anda biasa lakukan sebelum pandemi, termasuk melakukan rutinitas perawatan kulit, maka Anda seperti diajak grounding dan menjalani hal yang normal sehingga tidak cemas berlebihan.


Agar stres berkurang dan kulit wajah Anda bebas masalah, sesuaikan juga gaya hidup Anda dengan kondisi saat ini. Pastikan Anda banyak minum air putih karena terlalu sering terpapar AC di rumah saat WFH dapat membuat kulit wajah jadi dehidrasi dan kering. Pastikan juga Anda mencukupi asupan sayuran dan buah-buahan yang dibutuhkan tubuh, bisa juga menambahkan asupan suplemen vitamin dan mineral. Tidur yang cukup dan olahraga teratur juga akan membantu menjaga kondisi kulit sehingga bebas dari masalah.


Jadi, jangan lewatkan skincare routine Anda agar kulit wajah tetap sehat dan bebas masalah. Dapatkan semua produk-produk skincare dari L'Orèal Paris yang direkomendasikan di atas secara online di website L'Orèal Paris Indonesia atau official store L'Orèal Paris Indonesia di marketplace, serta di gerai L'Orèal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Kulit Bebas Masalah Ini Skincare Routine Yang Wajib Dilakukan Selama WFH
Skip the slider: Body Care Articles

Temukan Tips & Trik Lainnya

Buat kulit kamu happy!

Skip the slider: Full Range

Improve look kamu!

Beri perawatan lebih untuk penampilanmu!