BOSAN DENGAN WARNA RAMBUT ASH? COBA PILIHAN WARNA RAMBUT ASH UNTUK TAMPIL LEBIH SEGAR DAN UNIK

Beberapa tahun terakhir, tone warna rambut ash selalu menjadi tren. Anda tentu ingat dengan tren mewarnai keseluruhan rambut dengan warna abu-abu perak dan platinum blonde. Nah, kedua warna ini tergolong dalam ash tone. Ada pula warna rambut ash brown, yaitu warna rambut cokelat keabu-abuan, yang telah menjadi favorit banyak orang sejak tahun 2020. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan tone warna ash dan bagaimana Anda bisa mendapatkannya untuk tampilan rambut yang trendi? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Tone Warna Rambut Ash dan Brass

 

Mungkin selama ini Anda lebih cenderung mengenal warna-warna rambut dibandingkan tone warna rambut. Ada dua tone warna rambut yang saling berlawanan, yaitu ash dan brass. Informasi tentang keduanya bisa Anda baca di bawah ini.

 

  • Tone warna ash 

Adalah tone warna rambut dengan pigmentasi dominan biru sehingga memberi tampilan warna rambut yang “dingin”. Warna rambut alami dengan tone warna ash adalah abu-abu, hitam pekat, dan platinum blonde. Sementara warna-warna tambahan yang masuk dalam tone warna ash adalah biru, hijau, dan ungu. Tone warna rambut ash cocok untuk Anda yang kulitnya memiliki cool undertone


Hair colorist biasanya menggunakan pewarna rambut ash untuk menetralkan warna rambut alami dengan brass tone, misalnya dengan menjadi highlight. Namun Anda bisa menggunakan warna rambut ash untuk mewarnai keseluruhan rambut, misalnya warna ash grey dengan warna rambut abu-abu perak. Anda juga bisa menggunakan dua warna dengan ash tone untuk warna rambut Anda untuk kreasi yang unik, misalnya warna ash green yang menggunakan warna rambut hijau sebagai warna rambut keseluruhan dan abu-abu sebagai highlight.


  • Tone warna brass

Berbeda dari ash yang “dingin”, tone warna brass memiliki pigmentasi warna hangat yaitu merah, oranye, atau keemasan. Karena itu, rambut warna brass juga cocok dengan Anda yang memiliki kulit dengan warm undertone. Warna rambut yang termasuk tone warna brass adalah chocolate brown, auburn, copper, bronze, dan golden. Kebanyakan warna-warna ini langsung dijadikan warna keseluruhan rambut. 


Jika Anda memiliki rambut dengan tone warna brass lalu melakukan proses bleaching untuk mewarnai rambut lebih terang, maka jangan kaget jika warna rambut Anda tiba-tiba berubah setelah 1-2 minggu setelah prosedur pewarnaan. Umum terjadi jika rambut yang diwarnai pirang kemudian berubah menjadi kuning, sementara rambut cokelat gelap yang diwarnai menjadi cokelat terang kemudian berubah menjadi merah atau oranye. Hal ini terjadi akibat proses bleaching yang kurang sempurna. Walau membuat kesal, namun proses ini dapat diatasi di salon. 


Pilihan Warna Rambut Ash dari L’ORÉAL Parisian Ash Cool Collection

 

Jika Anda ingin mencoba macam-macam warna rambut ash yang trendi ini, sekarang L’ORÉAL Paris hadir dengan Parisian Ash Cool Collection dari pewarna rambut L’ORÉAL Excellence Fashion. Koleksi ini terinspirasi dari warna rambut perempuan-perempuan Paris yang terlihat menawan dan trendi dengan tone warna rambut ash, dan ingin membuatnya dapat digunakan oleh para perempuan di Asia yang memiliki warna rambut gelap yang cocok dengan tone warna rambut ini.


Di Indonesia, L’ORÉAL Excellence Fashion Parisian Ash Cool Collection memiliki enam varian warna intens yang bervariasi mulai dari warna cokelat dengan sentuhan beige, warna cokelat dan hitam keabu-abuan, sampai ke warna ash blonde. Keenam varian warna tersebut adalah 6.1 Beige Medium Brown, 7.1 Beige Light Brown, 7.17 Matt Ash, 8.11 Midnight Ash, 9.11 Silver Ash, dan 10.11 Crystal Ash.


L’ORÉAL Excellence Fashion dilengkapi dengan Hi-Shine Complex yang membantu warna rambut bertahan lebih lama. Pewarna rambut ini juga mengandung Triple Care Formula berupa ceramide (melembutkan dan melindungi rambut), pro-keratin (menguatkan rambut), dan kolagen (memperbaiki rambut secara mendalam). 


Warna Ash Brown, Tetap Populer Tahun 2021

Salah satu tren rambut pada tahun 2021 adalah warna cokelat dengan cool undertone. Karena itulah, warna rambut ash brown tetap populer pada tahun ini setelah tahun lalu juga menjadi warna rambut pilihan banyak orang sesuai tren warna rambut brunette. Alasan yang membuat warna ash brown sangat disukai adalah karena warna ini tak memantulkan banyak cahaya, sehingga garis batas warna rambut akibat tumbuhnya rambut menjadi tidak terlalu terlihat. 


Tak hanyawarna rambut ash brown yang klasik, warna rambut coklat ash lainnya juga ikut populer terutama yang melibatkan warna perak atau yang memiliki tampilan smoky. Anda bisa mengikuti tren rambut ini dengan menggunakan L’ORÉAL Excellence Fashion Parisian Ash Cool Collection dengan varian 6.1 Beige Medium Brown, 7.1 Beige Light Brown, 7.17 Matt Ash, dan 9.11 Silver Ash


Mewarnai Sendiri Rambut menggunakan L’ORÉAL Excellence Fashion

 

Mungkin saat ini Anda sudah sangat ingin sekali ke salon untuk mencoba warna rambut baru, namun kondisi pandemi membuat Anda masih ragu untuk melakukannya. Tak perlu risau, karena Anda bisa mewarnai rambut sendiri di rumah menggunakan L’ORÉAL Excellence Fashion. Caranya sangat mudah dan tak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya. Selain itu, warna yang dihasilkan juga intens dan pigmented, seperti mewarnai rambut di salon. 


Secara garis besar, inilah langkah-langkah mewarnai rambut sendiri di rumah menggunakan L’ORÉAL Excellence Fashion. Anda bisa membacanya di lembar instruksi di dalam boks pewarna rambut untuk mendapatkan informasi lebih detail. Sebagai gambaran, Anda dapat melihat cara Eva Longoria menutupi uban di rambutnya menggunakan L’ORÉAL Excellence Crème di sini

 

  • Melindungi. Aplikasikan pre-coloring serum pada batang hingga ujung rambut.

  • Campur dan warnai. Masukkan krim pewarna ke dalam botol krim developer, kocok botol agar tercampur merata. Ganti tutup botol dengan sisir lalu aplikasikan campuran ini di rambut secara merata. Tunggu sampai 30 menit, lalu bilas. 

  • Kondisioner. Aplikasikan kondisioner dan tunggu sampai 2 menit. Bilas rambut hingga air bilasan terlihat bening dan bersih.


Menyenangkan bukan bereksperimen mewarnai rambut dengan warna rambut ash yang trendi? Anda bisa mendapatkan pewarna rambut L’ORÉAL Excellence Fashion Parisian Ash Cool Collection secara online di website L’ORÉAL Indonesia atau official store L’ORÉAL Indonesia di marketplace, serta di gerai L’ORÉAL di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.