PENJELASAN LENGKAP PERBEDAAN KULIT LEMBAB DAN BERMINYAK SERTA TIPS MENJAGANYA

Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, termasuk kulit berminyak. Anda keliru jika mengira kulit berminyak tidak perlu dilembabkan lagi. Kulit berminyak berbeda dengan kulit lembab; kulit berminyak merupakan tipe kulit sedangkan kulit yang lembab adalah kondisi kulit yang didapat karena pemberian hidrasi yang tepat. Bagaimana cara menjaga kulit berminyak tetap sehat dan terhidrasi? Simak penjelasan dan tips perawatannya berikut ini.

Beda Kulit Berminyak dan Kulit Lembab

Orang sering salah mengira minyak di kulit wajah sebagai bentuk hidrasi, padahal bukan. Hidrasi kulit adalah proses menyuplai air ke dalam lapisan kulit agar wajah lembab dan kenyal. Minyak alami diproduksi oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah untuk memberi manfaat oklusif, yaitu mencegah air di lapisan kulit menguap ke udara, juga sebagai emolien yang mengisi celah di antara sel-sel kulit wajah sehingga kulit wajah menjadi lembab dan lembut. Minyak alami ini juga membantu fungsi skin barrier

Pada kulit berminyak, kelenjar sebaceous memproduksi minyak secara berlebih sehingga kulit terlihat mengilap dan cenderung berjerawat. Berbeda dengan kulit lembab yang merupakan kondisi kulit dengan hidrasi yang cukup sehingga akan terasa kenyal dan segar. Kondisi ini sebenarnya secara alami dimiliki wajah apabila mendapat perawatan dan hidrasi yang cukup.

Menjaga agar kulit berminyak tetap lembab dan kenyal merupakan hal yang ideal. Anda mungkin merasa kalimat ini aneh didengar, karena jika memiliki kulit berminyak, Anda ingin melakukan perawatan untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Memiliki jenis kulit berminyak bukan berarti Anda menghindari penggunaan pelembab untuk wajah sama sekali. Sama seperti jenis kulit lain, untuk memberi kelembapan di kulit yang berminyak, Anda butuh pelembab dengan kandungan yang sesuai jenis kulit. 

Jika kulit berminyak dibiarkan dehidrasi malah akan menjadikannya semakin berminyak. Hal ini karena kelenjar sebaceous akan mendeteksi jika kulit kurang kelembaban sehingga otomatis memproduksi minyak lebih banyak. Karena itu, menggunakan pelembab untuk kulit berminyak malah akan membantu mengontrol produksi minyak di wajah agar tak berlebihan.

Perawatan yang Melembapkan Kulit Berminyak

Meskipun kulit Anda terlihat berminyak dan mengilap, bukan berarti kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, berusaha menghilangkan minyak di wajah malah akan menyebabkan hilangnya kelembapan. Jika kulit tidak terjaga kelembabannya, maka fungsi skin barrier bisa sangat terganggu. Dehidrasi berkepanjangan menyebabkan kulit wajah Anda berisiko lebih besar mengalami peradangan, infeksi, dan penuaan dini.

Langkah pertama untuk menjaga agar kulit lembab adalah dengan meningkatkan hidrasinya menggunakan produk-produk skin care yang bersifat hydrating, termasuk pelembab. Pemilihan produk pelembab untuk kulit berminyak perlu diperhatikan kandungannya. Pilihlah pelembab dengan tekstur yang ringan dan mudah menyerap sehingga tidak meninggalkan residu di kulit yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pelembab yang disarankan untuk jenis kulit berminyak adalah yang mengandung bahan-bahan humektan, yaitu bahan yang menjaga kelembapan kulit dengan menarik air dari lingkungan sekitarnya, termasuk udara dan tubuh, untuk memastikan kadar air di epidermis tercukupi. Bahan yang termasuk humektan adalah glycerin atau glycerol, hyaluronic acid, asam amino, sorbitol, urea, dan alpha hydroxy acid, yang semuanya cocok untuk kulit berminyak.

Langkah Perawatan Tepat Memberi Hasil Maksimal

Selain pemilihan produk skin care, cara Anda mengaplikasikannya juga penting untuk menjaga kulit lembab dan sehat. Skincare routine yang tepat memungkinkan kandungan dalam produk perawatan terserap dengan baik dan memberi hasil yang optimal. 

Untuk menjaga kulit berminyak tetap lembab, langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut. 

  1. Membersihkan wajah. Produk perawatan tidak ada artinya bila Anda tidak membersihkan wajah dengan baik. Karena itu, Anda perlu membersihkan kulit wajah secara teratur dan menggunakan pembersih yang sesuai kondisi kulit. Pilih pembersih wajah dengan kandungan pelembab yang sesuai namun ringan dan tidak meninggalkan residu sehingga kulit tetap bersih dan segar tanpa ada rasa seperti ditarik setelah membersihkan wajah.
  2. Aplikasi serum. Ini adalah langkah penting untuk menutrisi kulit wajah dengan bahan berkonsentrat tinggi yang dapat menghidrasi kulit. Pilih hydrating serum dengan kandungan bahan aktif yang menghidrasi dan cocok untuk kulit berminyak seperti hyaluronic acid untuk menjadikan kulit kenyal dan terhindar dari penuaan dini.
  3. Aplikasi pelembab. Setelah kulit mendapat nutrisi yang dibutuhkan dan terhidrasi dengan baik, kunci menggunakan pelembab untuk kulit berminyak agar air tidak menguap ke udara lewat pori-pori. Dengan demikian, kulit wajah Anda menjadi lembab, kenyal dan segar sepanjang hari.
  4. Gunakan masker wajah. Tiga kali seminggu, gunakan sheet mask dengan kandungan serum yang menghidrasi dan melembabkan kulit wajah dengan seketika. 

Hyaluronic Acid, Menghidrasi dan Menjaga Kelembaban Kulit Berminyak

Memilih kandungan bahan aktif di produk skin care untuk mendapatkan kulit lembab dan terhidrasi dengan baik memang perlu perhatian khusus. Produk perawatan dengan kandungan humektan seperti hyaluronic acid adalah pilihan yang tepat untuk kulit berminyak Anda. Hyaluronic acid dapat menarik air dan menahan 1.000 kali dari beratnya untuk menghidrasi kulit.

Hyaluronic acid ukuran mikro dapat menyerap jauh ke dalam lapisan epidermis kulit dan menarik air dari dalam tubuh untuk menghidrasi kulit. Sementara yang ukuran makro, molekulnya menghidrasi permukaan kulit dengan menarik air dari udara dan mengikatnya agar tidak mudah menguap. 

Produk skin care dengan kandungan hyaluronic acid seperti L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum bisa jadi pilihan Anda sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit lembab namun bebas minyak berlebih. Kandungan hyaluronic acid dalam serum menghidrasi kulit wajah tanpa menjadikan kulit berminyak karena formula yang ringan dan mudah diserap kulit. Wajah langsung terhidrasi sampai 42% dan tampak 42% lebih cerah seketika.

Lengkapi perawatan Anda dengan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask yang merupakan masker perawatan generasi terbaru dengan lembar masker dan serum hyaluronic acid yang terpisah. Teknologi Innovative Sheet Mask mampu menyerap 20X lebih banyak serum dan Clear Jelly Texture untuk masker wajah yang lebih lembab tahan lama. Hanya dengan pemakaian selama 15 menit, kulit wajah tampak lebih cerah hingga 39%, kulit lembap hingga 49%, dan garis halus tersamarkan hingga 23%.Maksimalkan perawatan untuk kulit lembab bebas minyak berlebih agar wajah segar dan sehat dengan rangkaian produk L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid yang bisa Anda dapatkan secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.