Bangun Tidur Rambut Ngembang Intip Tips Perawatannya Di Sini Min

BANGUN TIDUR RAMBUT NGEMBANG? INTIP TIPS PERAWATANNYA DI SINI!

Saat Anda bangun tidur lalu melihat sosok Anda di cermin, apa yang Anda lihat? Jika Anda punya masalah rambut ngembang, maka rambut Anda akan terlihat mengembang dengan helaian rambut kaku yang menjulur ke mana-mana. Mirip dengan surai singa! Tak perlu sedih. Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa mengatasi masalah rambut ini dengan mudah.

Penyebab Rambut Ngembang dan Pemicunya

Kebanyakan masalah rambut disebabkan oleh kutikel rambut, yaitu lapisan terluar batang rambut yang bentuknya seperti sisik, yang terangkat dan terbuka. Ini disebabkan batang rambut yang kering dan membutuhkan kelembapan, sehingga kutikel terbuka untuk menyerap air dari udara. Kondisi ini membuat rambut jadi mudah mengembang, kusut, dan masalah rambut lainnya. 

Namun kutikel rambut tak hanya terangkat dan terbuka karena kering; beberapa kondisi juga dapat memicu kutikel rambut terbuka dan berujung dengan rambut ngembang. Beberapa di antara adalah: 

  • Terlalu sering keramas. Keramas terlalu sering, terutama jika menggunakan shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut, dapat membuat lapisan pelembap alami rambut terkikis. Akibatnya, rambut jadi kering dan mudah mengembang.
  • Terlalu banyak terpapar bahan kimia yang keras. Pewarna rambut, air kolam renang yang mengandung klorin, dan air di rumah yang kualitasnya buruk dapat membuat kutikel rambut bereaksi.
  • Faktor cuaca. Kelembapan udara yang tinggi serta paparan sinar matahari yang terik dapat mempengaruhi kondisi rambut.  
  • Paparan panas tinggi dari alat-alat styling. Panas tinggi ini sebenarnya dapat “membakar” batang rambut, membuatnya kering dan rapuh.
  • Kurang nutrisi. Jika pola makan Anda tidak seimbang dan tidak sehat, tubuh Anda akan kekurangan nutrisi. Kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan rambut.
  • Sering bergesekan dengan benda lain. Sisir, handuk, ikat rambut, dan aksesoris rambut dapat menggesek kutikel rambut sehingga terangkat dan terbuka.

Mencegah Rambut Ngembang dengan Perawatan yang Tepat

Menghindari hal-hal yang menyebabkan kutikel terangkat dan terbuka di atas sebenarnya sudah merupakan cara agar rambut tidak ngembang. Namun selain itu, rambut Anda juga perlu dirawat dengan tepat agar Anda terhindar dari masalah rambut ngembang

Tips perawatan berikut ini bisa Anda terapkan untuk merawat rambut agar sehat, kuat, lembap, lembut, dan tidak mudah mengembang.

  • Keramas dengan air dingin. Menggunakan air hangat dan panas memang terasa nyaman, tapi efeknya buruk bagi rambut. Karena itu, selalu gunakan air dingin atau bersuhu ruang saat keramas.
  • Menggunakan treatment conditioner. Cara utama untuk mengatasi rambut kering dan mengembang adalah melembapkannya. Jika kondisioner biasa sudah tidak dapat melakukannya, maka Anda butuh treatment conditioner yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi.
  • Gunakan masker rambut. Seminggu 1-2 kali, gunakan masker rambut untuk melembapkan dan menutrisi rambut Anda dengan intensif.
  • Trim rambut secara rutin. Ujung-ujung rambut yang kering dan bercabang perlu dipotong secara rutin untuk mencegah keseluruhan batang rambut ikut pecah dan patah. Trim rambut 1-2 bulan sekali dapat membantu mencegah hal itu terjadi.
  • Hindari gesekan. Kurangi menyisir atau menyikat rambut, gunakan handuk dari microfiber yang memiliki daya serap tinggi untuk membantu mengeringkan rambut, serta mengganti sarung bantal dengan yang berbahan sutera atau satin.
  • Lindungi rambut dari panas tinggi. Jika tak terhindari Anda harus menggunakan alat-alat styling rambut, maka aplikasikan hair serum atau hair oil terlebih dahulu untuk melindungi helaian rambut dari panas tinggi.  
  • Perlakukan rambut dengan rambut. Hindari menguncir terlalu ketat, menyisir terlalu kasar sampai menarik rambut, serta menggaruk-garuk rambut serta kulit kepala saat keramas.
  • Lindungi rambut dari agresor lingkungan. Maksud dari agresor lingkungan di sini adalah sinar matahari terik, polusi, air laut dengan garam tinggi, dan lainnya. Selalu gunakan pelindung rambut jika beraktivitas di luar rumah pada siang hari. Jika berenang di laut, segera bilas rambut dengan air bersih begitu selesai berenang. 
  • Nutrisi rambut dari dalam. Memiliki pola makan seimbang dan kaya nutrisi dapat membantu tubuh Anda menjadi sehat, termasuk rambut. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal dua liter per hari. 

Rangkaian L’Oréal Paris Elseve Total Repair 5 untuk Perawatan Rambut Rusak

Rambut ngembang menjadi salah satu alasan kamu perlu melakukan perawatan ekstra. Sudah saatnya Anda beralih menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Elseve Total Repair 5 untuk merawat rambut rusak. Dengan kemampuan untuk mengatasi 5 masalah rambut, yaitu kasar, kaku, kering, ujungnya bercabang, dan mudah patah, rangkaian produk perawatan rambut ini akan dengan mudah mengatasi rambut Anda yang kaku dan mudah mengembang. 

Rangkaian L’Oréal Paris Elseve Total Repair 5 hadir dengan formula baru untuk merawat rambut Anda dengan optimal. Double Action akan membantu memperbaiki batang rambut dari dalam dan melindungi permukaan batang rambut dari luar. Sementara bahan aktif LAK1000 mampu terserap hingga ke 10 lapisan batang rambut, dan ceramide membantu memperbaiki kerusakan di batang rambut. Kini dilengkapi juga dengan repair concentrate KeratinXS yang menguatkan batang rambut dalam melawan kerusakan rambut.

Untuk perawatan rambut ngembang dan rusak, Anda bisa menggunakan produk-produk berikut:

  • L’Oréal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo. Dilengkapi dengan 3% kandungan KeratinXS untuk memperbaiki rambut rusak. Bisa juga digunakan sebagai shampo untuk rambut ngembang karena kandungan nutrisinya dapat membantu helaian rambut menjadi halus dan lembut.
  • L’Oréal Paris Total Repair 5 Rapid Reviver Treatment Conditioner. Kandungan nutrisi berupa LAK1000, ceramide, dan 17% kandungan KeratinXS membantu memberikan 3X nutrisi lebih banyak dan 2X kekuatan memperbaiki rambut yang rusak. Rambut Anda jadi sekuat dan sesehat rambut alami.
  • L’Oréal Paris Total Repair 5 Filler Repairing Mask. Masker rambut ini diperkaya dengan kandungan pro-keratin dan ceramide. Formula barunya membantu membuat helaian rambut menjadi lebih kuat, sehat, dan bercahaya. Gunakan digunakan 1-2 kali dalam seminggu sebelum keramas.

Dengan perawatan rutin menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Elseve Total Repair 5, termasuk L’Oréal Paris Elseve Total Repair 5 Rapid Reviver Treatment Conditioner, Anda akan terhindar dari masalah rambut ngembang dan rusak mulai dari rapuh hingga bercabang. Langsung saja dapatkan treatment conditioner ini secara online di website L’Oréal Indonesia atau official store L’Oréal Indonesia di marketplace/e-commerce, juga di berbagai gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.