RAMBUT RONTOK PADA WANITA, INI PENYEBAB UMUM DAN TIPS PENCEGAHANNYA

Wanita memang secara alami selalu teliti dalam merawat penampilan; mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, semua dirawat dan diperhatikan kondisinya. Rambut yang kurang terawat sampai mengalami kerontokan, tentu akan menjadi masalah. Mengetahui penyebab umum rambut rontok pada wanita dapat membantu mencegah terjadinya kondisi ini serta mengetahui cara merawat rambut yang tepat agar lebih indah, sehat, dan tidak rontok.

Penyebab Wanita Mengalami Rambut Rontok

Begitu berharganya rambut bagi wanita, sehingga penampilan rambut merupakan ekspresi diri dan gaya pribadinya. Akan amat disayangkan bila rambut kehilangan keindahan alaminya, mengalami kerusakan lalu kerontokan. Penyebab rambut rontok pada wanita di antaranya:

  • Panas tinggi dari perangkat penata rambut.

Wanita terbiasa menggunakan berbagai alat yang menggunakan energi panas untuk menata rambut, misalnya pengering rambut, alat catok, pengikal atau pengeriting rambut, dan sebagainya. Panas yang dikeluarkan oleh alat-alat ini sangat tinggi, sehingga dapat merusak batang rambut bila digunakan terus menerus. Akibatnya, batang rambut bisa mengalami kerusakan, rapuh, lalu rambut patah dan rontok. 

  • Menyisir rambut secara berlebihan.

Beberapa pakar rambut merekomendasikan Anda untuk rutin menyisir rambut karena dapat membuat rambut lebih sehat dan subur. Selain memijat kulit kepala, menyisir rambut juga membantu mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala ke batang rambut sehingga rambut lembap alami. Hal ini ada benarnya; tapi yang jadi masalah adalah bila Anda menyisir rambut dengan sisir yang bergigi rapat dan menarik-narik rambut dengan cara yang kasar. Kalau begini, bukan rambut indah yang kita dapatkan, melainkan batang rambut yang patah dan mengakibatkan rambut rontok.

  • Kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan.

Sebagian orang senang mencabuti anak-anak rambut yang terasa kasar, mencabuti uban, menguncir rambut terlalu ketat, atau menarik-narik rambut saat sedang sakit kepala, stres, atau saat berpikir keras. Perlu disadari bahwa kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan trauma di akar dan batang rambut, karena akar rambut jadi melemah dan rambut rontok dengan mudah.

  • Salah pilih produk perawatan rambut.

Saat ini memang tersedia banyak sekali pilihan produk untuk merawat rambut dengan berbagai klaimnya. Sebagaimana produk perawatan kulit, Anda juga harus pilih produk yang sesuai dengan rambut. Produk yang tidak sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala dapat menyebabkan perawatannya tidak efektif. Masalah-masalah rambut dan kulit kepala dapat muncul, seperti ketombe, rambut lepek atau malah kering, rambut kusam, rapuh, kusut, bercabang, dan rontok.

Jumlah Rambut Rontok yang Wajar

Lalu apakah perlu untuk mengkhawatirkan setiap kerontokan rambut? Selama jumlah kerontokannya masih  sejumlah maksimal 100 helai per hari, hal ini termasuk wajar. Sebagaimana sel-sel tubuh lainnya, rambut pun mengalami regenerasi. Batang rambut yang sudah mencapai usia tertentu akan secara alami lepas dari kulit kepala, untuk kemudian digantikan dengan rambut yang baru.

Yang perlu dikhawatirkan adalah bila rambut rontok jumlahnya lebih dari 100 helai, terjadi pada batang rambut yang patah karena mengalami kerusakan, dan bahkan saat disisir dengan jari pun rambut mudah rontok. Anda perlu segera mendapatkan solusi agar rambut kembali sehat dan tumbuh subur.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan L’Oréal Paris Total Repair 5

Jangan tunda lagi bila rambut sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, seperti batang rambut yang terasa kasar, kaku, kering, ujungnya bercabang, dan mudah patah. Agar kerusakan ini tidak mengarah menjadi rambut rontok, Anda dapat menerapkan cara merawat rambut berikut ini menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5 yang kini hadir dengan formula baru untuk merawat rambut rusak Anda dengan optimal.

Formula baru L’Oréal Paris Total Repair 5 bekerja dengan Double Action: membantu memperbaiki batang rambut dari dalam dan melindungi permukaan batang rambut dari luar. Membantu memperbaiki 5 tanda kerusakan rambut, yaitu patah, kering, kusam, rapuh, dan bercabang. Diperkaya dengan bahan aktif LAK1000 yang mampu terserap hingga ke 10 lapisan batang rambut dan ceramide yang membantu memperbaiki kerusakan di batang rambut. Kini dilengkapi juga dengan repair concentrate KeratinXS yang menguatkan batang rambut dalam melawan kerusakan rambut.

  • Rutin keramas dengan shampo.

Jangan biarkan kotoran dan minyak penyumbat pori menumpuk di batang rambut dan kulit kepala. Dengan mencuci rambut dengan shampo secara rutin, misalnya dua hari sekali, kulit kepala dan rambut akan bersih, sehingga nutrisi dari produk perawatan rambut yang akan digunakan selanjutnya bisa terserap dengan baik oleh batang rambut dan akar rambut. 

Gunakan shampo yang dapat membantu memperbaiki kondisi rambut rusak agar terhindar dari rambut rontok, seperti L’Oréal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo. Bekerja memperbaiki 5 tanda kerusakan rambut dengan formula baru yang dilengkapi dengan 3% kandungan KeratinXS.     

  • Tambahkan kondisioner setelah mencuci rambut.

Agar batang rambut terasa lebih lembut dan sehat, berikan kondisioner secara merata. Kandungan nutrisi di dalam kondisioner dapat membantu memperbaiki kondisi batang rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok. L’Oréal Paris Total Repair 5 Restoring Conditioner dapat membantu melakukannya dengan kandungan nutrisi berupa LAK1000, ceramide, dan 10% kandungan KeratinXS. Rambut terasa lembut saat disentuh, tampak berkilau sehat, serta dapat terurai dari kekusutan dengan cepat. 

  • Rawat rambut dengan masker rambut.

Perawatan rambut yang satu ini mirip dengan kondisioner, namun memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, untuk perawatan lebih intensif. Cara pakainya tidak perlu setiap habis keramas, cukup 1-2 kali setiap minggu, untuk membuat batang rambut makin sehat dan tidak lagi mudah patah. 

Anda dapat mencoba L’Oréal Paris Total Repair 5 Filler Repairing Mask untuk membantu melawan tanda kerusakan rambut. Cukup aplikasikan di bagian ujung rambut, diamkan selama 15 menit, lalu bilas. 

  • Tambahkan perawatan intensif dengan treatment conditioner.

Jika kondisi rambut Anda suda rusak yang cukup parah, maka Anda dapat memperbaiki kondisi batang rambut secara lebih cepat dengan menggunakan treatment conditioner. Kondisioner ini memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibanding kondisioner biasa sehingga dapat menyehatkan rambut yang rusak parah dengan lebih baik dan mendalam. 

Untuk mendapatkan manfaat treatment conditioner, gunakan produk perawatan rambut terbaru L’Oréal Paris Total Repair 5 Rapid Reviver Treatment Conditioner. Kandungan nutrisi berupa LAK1000, ceramide, dan 17% kandungan KeratinXS membantu memberikan 3X nutrisi lebih banyak dan 2X kekuatan memperbaiki rambut  yang menunjukkan 5 tanda kerusakan rambut. Gunakan setelah rambut dicuci dengan shampo di bagian ujung rambut, diamkan selama satu menit, lalu bilas dengan air bersih. Rambut Anda menjadi lebih sehat serta sekuat rambut alami.

Cegah rambut rontok dengan merawat rambut rusak Anda dengan optimal menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5. Untuk mendapatkan L’Oréal Paris Total Repair 5 Rapid Reviver Treatment Conditioner, Anda bisa langsung membelinya secara online di website L’Oréal Indonesia atau official store L’Oréal Indonesia di marketplace/e-commerce, juga di berbagai gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Rapid Reviver
Caption