Hair Care MITOS ATAU FAKTA: BENARKAH MANFAAT KOPI UNTUK RAMBUT RONTOK

Merawat rambut agar indah dan sehat memang tidak mudah, apalagi bila Anda mengalami masalah rambut rontok. Berbagai cara dicoba untuk mencegah rambut rontok, salah satunya adalah dengan keramas menggunakan campuran shampo dan kopi yang diklaim bermanfaat merawat rambut dan mencegah rambut rontok. Benarkah ada manfaat kopi untuk rambut, atau hal ini hanya sekedar mitos semata?

Berbagai Penyebab Rambut Rontok

Masalah kerontokan rambut bisa dialami oleh siapa saja, perbedaannya ada di seberapa parah kerontokan rambut yang terjadi. Bila rata-rata Anda kehilangan 100 helai per hari, kerontokan rambut yang Anda alami masih tergolong normal. Namun jika rambut Anda rontok lebih dari jumlah tersebut, Anda perlu segera mencari solusinya agar tidak berpotensi mengalami kebotakan.

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk beberapa hal berikut ini:

  • Ketidakseimbangan hormon

Dalam kasus kebotakan laki-laki, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Perempuan yang memiliki terlalu banyak DHT juga bisa mengalami kerontokan rambut. 

  • Stres

Stres dapat memicu masalah kulit kepala, mengganggu kebiasaan makan, dan mengacaukan sistem pencernaan, yang semua berkaitan dan berdampak negatif kepada rambut.

  • Kekurangan zat besi 

Salah satu penyebab paling umum kerontokan rambut pada perempuan adalah kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting untuk memproduksi protein sel rambut. 

  • Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan Vitamin B12 dapat mempengaruhi kesehatan sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda, termasuk ke kulit kepala. 

  • Penurunan berat badan

Penurunan berat badan yang dramatis, baik disengaja atau tidak disengaja, akan berakibat pada kesehatan rambut.

  • Usia

Jika Anda sedang atau akan memasuki masa menopause, perubahan pada tubuh Anda mungkin juga berpengaruh kepada rambut Anda. Rambut rontok menjadi lebih umum menjelang dan setelah menopause.

Manfaat Kopi untuk Rambut, Mitos atau Fakta?

Untuk mencegah rambut rontok, berbagai cara dilakukan agar tidak bertambah parah dan menuju ke kebotakan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial sebuah video perempuan yang keramas menggunakan kopi yang dicampur ke dalam shampo. Hal ini dilakukan untuk perawatan rambutnya, termasuk untuk mengatasi rambut rontok.

Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan antara kafein dan kerontokan rambut, dan hasilnya menyatakan bahwa benar ada manfaat kopi untuk rambut. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Membuat rambut kembali tumbuh

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) menemukan bahwa kopi secara langsung mengaktifkan sel-sel di folikel rambut dengan melepaskan molekul yang bersifat memerangi DHT. Hal ini membantu mengurangi rambut rontok dan membuat akar rambut Anda menjadi lebih kuat.

Penelitian ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut perempuan dan menemukan manfaat kopi untuk rambut perempuan. Karena kafein bersifat stimulan, kafein dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut yang dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat. Selain itu, kafein membantu memperpanjang durasi anagen, yaitu tahap pertumbuhan rambut.

  • Membuat tekstur rambut lebih lembut dan berkilau

Manfaat kopi untuk rambut juga dapat dirasakan oleh rambut Anda yang kusam, rapuh, dan kering. Kandungan flavonoid pada kopi bersifat antioksidan yang membantu mendorong terjadinya regenerasi rambut. Sementara kafein pada kopi bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan rambut sehingga menjadi lembut, berkilau, dan tidak mudah rontok akibat patah.

  • Mengeksfoliasi kulit kepala

Manfaat kopi untuk rambut lainnya adalah mengeksfoliasi kulit kepala. Anda dapat membuat scrub rambut dari bubuk kopi yang dapat digunakan untuk proses eksfoliasi. Scrub ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit kepala. Kandungan asam pada kopi juga dapat menyeimbangkan level pH pada rambut dan kulit kepala.

Cara Praktis dan Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat kopi untuk rambut ternyata bukan sekedar mitos. Namun ada hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan, yaitu efek samping kopi untuk rambut. Menggunakan kopi secara berlebihan untuk merawat rambut dan kulit kepala dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi iritasi. Selain itu, ternyata trik ini tidak memberi manfaat jika dilakukan terlalu sering dan dalam jangka waktu panjang.

Jika Anda mengalami masalah rambut rontok dan merasa perawatan menggunakan kopi untuk rambut rontok bukan untuk Anda, coba terapkan cara perawatan rambut berikut ini:

  • Keramas 2 kali seminggu

Rambut memang terlihat lebih bervolume setelah keramas, tapi tidak berarti Anda keramas setiap hari atau bahkan dua kali sehari. Terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami rambut, membuat rambut lebih kering dan mudah rontok akibat patah. 

Anda sebaiknya keramas 2-3 kali saja dalam seminggu, atau saat rambut dan kulit kepala benar-benar kotor. Setelah rambut dan kulit kepala dibersihkan menggunakan shampo kemudian dibilas sampai bersih, usapkan kondisioner di sepanjang batang rambut untuk membantu melembapkan dan disarankan menggunakan kondisioner yang juga dapat merawat kesehatan kulit kepala. Karena rambut yang sehat dan tidak mudah rontok berawal dari kulit kepala yang sehat dan bersih terawat. Diamkan sebentar, lalu bilas kondisioner dari rambut hingga bersih. 

  • Menggunakan produk khusus rambut rontok

Agar perawatan rambut Anda efektif, pilihlah rangkaian produk perawatan rambut yang khusus diformulasikan untuk rambut rontok, termasuk rontok karena patah. Pastikan bahan aktif dan formula yang terdapat di dalamnya benar-benar dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok Anda.  

Anda bisa mencoba rangkaian L’Oréal Paris Fall Resist 3x Anti Hairfall Shampoo dan L’Oréal Paris Fall Resist 3X Conditioner yang membantu mengurangi rambut yang rontok dan rapuh hingga 97%. Rangkaian shampo dan kondisioner ini memiliki formula Fall Resist 3X yang merawat rambut dengan tiga aksi, yaitu:

  • Menutrisi kulit kepala dan akar rambut.
  • Mengurangi rambut patah.
  • Membantu memperkuat batang dan ujung rambut.

L’Oréal Paris Fall Resist 3X Anti Hairfall Shampoo dan L’Oréal Paris Fall Resist 3X Conditioner juga mengandung Arginine Protein, yang merupakan salah satu asam amino yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Formula dan kandungan shampo dan kondisioner ini sangat cocok untuk masalah rambut yang paling sering dialami oleh masyarakat di Indonesia. 

Untuk membuat hasil yang lebih maksimal, gunakan perawatan masker rambut. L’Oreal Paris Fall Resist 3X dengan Arginine Protein yang bantu lawan rontok dapat digunakan 2x seminggu pada bagian kulit kepala hingga ke ujung rambut. Agar kesehatan kulit kepala dan batang rambut dapat ternutrisi dengan sempurna. 

  • Memperlakukan rambut dengan tepat

Tanpa disadari, kerontokan rambut terjadi karena kebiasaan sehari-hari Anda. Saat menyisir rambut misalnya, hindari menyisir sambil menarik rambut terlalu kuat. Jangan terlalu sering menyisir rambut, pilihlah jenis sisir yang juga sesuai dengan tipe rambut Anda. Hindari Menggosok rambut dengan handuk setelah keramas, cukup tepuk secara lembut, dan pilihlah jenis handuk material microfiber.  

Penggunaan alat penata rambut dengan panas tinggi seperti pengering, pelurus, pengeriting rambut juga berkontribusi pada kerontokan akibat rambut patah. Batasi penggunaan alat-alat ini sebisa mungkin dan sebelum penggunaannya, oleskan hair serum atau hair oil terlebih dahulu di batang rambut untuk melindunginya dari panas tinggi.

Walau kopi memiliki khasiat untuk mengurangi masalah kerontokan, tetapi jika Anda memiliki jenis kulit kepala yang sensitif dan mengalami kerontokan yang parah, disarankan untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda menggunakan produk-produk yang memang dipercayakan kepada ahlinya, seperti L’Oréal Paris Fall Resist 3X Anti Hairfall Shampoo dan L’Oréal Paris Fall Resist 3X Conditioner. Anda bisa mendapatkan kedua produk ini secara online di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris di e-commerce/ marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko kosmetik terdekat.