PERHATIKAN KANDUNGAN INI SAAT MEMILIH SKIN CARE UNTUK KULIT KERING

Merawat kulit wajah dengan produk-produk skin care yang sesuai dengan jenis kulit merupakan suatu keharusan, begitu pula jika Anda memiliki jenis kulit wajah yang kering. Jika Anda kenal dan paham kondisi kulit Anda, maka Anda akan lebih cermat memilih produk skin care untuk kulit kering dengan kandungan bahan-bahan yang merawat kulit kering. Hindari memilih produk skin care hanya berdasarkan rekomendasi teman atau para beauty influencer tanpa paham benar jenis dan kondisi kulit wajah, karena hasilnya menjadi tidak optimal.

Ciri-ciri Kulit Wajah Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit wajah yang hanya sedikit memproduksi minyak alami di kelenjar sebum. Kulit kering tampak halus dengan pori-pori tampak samar karena sedikit sekali minyak yang mengisi pori-pori. Jenis kulit ini juga jarang berjerawat karena hampir tidak ada minyak di wajah yang menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Kulit manusia butuh minyak alami untuk menjaga agar kulit tetap lembap dan membentuk skin barrier yang melindungi kulit dari agresor lingkungan. Karena minyak alami yang diproduksi oleh kulit sedikit, tak heran jika kulit kering terasa tertarik, bersisik, dan sering kali terasa gatal. Walau terlihat halus, namun saat disentuh, kulit akan terasa kasar. Dengan bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan akan muncul lebih cepat di kulit yang kering. Selain itu, kulit kering cenderung terlihat kusam dan tidak glowing karena nyaris tidak memiliki minyak alami di kulit. 

Cara merawat kulit kering yang utama adalah menggunakan produk-produk skin care untuk kulit kering untuk membantu menjaga kelembapan dan kesegarannya. Produk skin care yang khusus diformulasikan untuk kulit kering akan membantu melembapkan kulit sekaligus mencegah berkurangnya kadar air di kulit dengan memperkuat skin barrier

Beda Manfaat Menghidrasi dan Melembapkan

Cara memilih produk skin care yang paling tepat adalah dengan melihat kandungan bahan-bahannya. Bahan-bahan skin care untuk kulit kering umumnya memberi manfaat menghidrasi dan melembapkan. 

Menghidrasi di sini adalah menyuplai air di kulit. Bahan yang menghidrasi biasanya merupakan humektan, yaitu bahan yang dapat menarik molekul-molekul air dari udara atau dari dalam tubuh untuk menyuplai air ke kulit. Berbeda dari menghidrasi, melembapkan adalah menjaga agar air yang ada di dalam lapisan kulit tidak menguap ke udara lewat pori-pori (dikenal dengan istilah trans-epidermal water loss) dengan membentuk lapisan di permukaan kulit. Ini adalah manfaat yang diberikan oleh bahan-bahan oklusif yang bekerja ‘mengunci’ air di kulit.

Produk skin care untuk kulit kering yang memberi manfaat menghidrasi dan melembapkan biasanya adalah krim pelembap dan sheet mask. Namun ada juga produk skin care yang hanya menghidrasi, biasanya dalam bentuk hydrating toner dan hydrating serum. Sedangkan produk yang hanya melembapkan biasanya berupa krim pelembap dan face oil

Kandungan Bahan-Bahan Terbaik di Produk Skin Care untuk Kulit Kering

Setelah paham tentang bedanya bahan yang memberi manfaat menghidrasi dan melembapkan, tips memilih skin care untuk kulit kering adalah memastikan bahan-bahan ini ada di produk skin care untuk kulit kering yang Anda gunakan. Beberapa jenis bahan tersebut di antaranya adalah:

  • Hyaluronic acid

Bahan produk skin care ini sangat populer beberapa tahun terakhir ini, terutama karena kemampuannya menghidrasi kulit. Hyaluronic acid sebenarnya diproduksi oleh tubuh, namun jumlah semakin berkurang saat usia bertambah. Berupa humektan, hyaluronic acid dapat menahan beban sampai 1.000 kali beratnya sendiri di air. Kemampuannya membuat kandungan skin care untuk kulit kering ini andal untuk menghidrasi lapisan kulit dan permukaan kulit. 

  • Glycerin

Glycerin merupakan humektan dan emolien, yaitu bahan yang mengisi celah dan retakan di permukaan kulit sehingga kulit terasa lembut dan lembap. Karena manfaatnya ini, glycerin terdapat di hampir semua produk skin care, hair care, dan makeup, sehingga menjadi bahan pelembap yang paling umum digunakan di dunia kecantikan. Jika dulu glycerin terbuat dari hewan dan fosil, maka sekarang glycerin sudah terbuat dari tumbuhan. 

  • Ceramides

Merupakan asam lemak yang merupakan bagian dari stratum corneum atau yang biasa disebut dengan skin barrier. Ceramides berperan seperti lem yang mengikat sel-sel kulit sehingga skin barrier berfungsi optimal. Kulit yang kering dan super kering biasanya memiliki skin barrier yang tidak berfungsi optimal bahkan rusak, karena itu dibutuhkan produk skin care untuk kulit kering yang mengandung ceramides untuk memperbaikinya. 

  • Petrolatum

Lebih dikenal dalam bentuk petroleum jelly. Bahan skin care ini bersifat oklusif yang sangat efektif mencegah trans-epidermal water loss sampai 98 persen. Namun teksturnya yang berat dan berminyak cenderung menyumbat pori-pori, sehingga tidak cocok digunakan oleh kulit yang berminyak. Namun untuk kulit kering dan kulit kering sekali, petrolatum sangat membantu untuk menjaga kelembapannya, terutama saat kulit pecah-pecah dan iritasi.

Produk Skin Care untuk Kulit Kering dari L’Oréal Paris

Untuk merawat kulit wajah yang kering, L’Oréal Paris hadir dengan rangkaian produk dengan kandungan hyaluronic acid dalam jumlah yang tepat untuk memberi manfaat menghidrasi dan melembapkan secara optimal. Sertakan kedua produk ini dalam skincare routine Anda. 

  • L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

Hydrating serum ini mengandung dua jenis hyaluronic acid dalam satu formula yang dapat membantu menghidrasi kulit secara optimal, yaitu Macro hyaluronic acid yang bermanfaat untuk menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif, serta Micro hyaluronic acid yang dapat terserap lebih dalam ke lapisan epidermis untuk membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit kenyal, halus, dan bercahaya. Kulit wajah juga jadi +42% lebih cerah seketika. Kini tersedia dalam ukuran 30 ml dan 15 ml. 

  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask

Merupakan masker generasi terbaru dengan lembar masker dan serum hyaluronic acid dengan konsentrasi tinggi yang terpisah, sehingga serum terjaga kesegarannya sampai saat diaktivasikan. Sheet mask-nya terbuat dari algae extract dan yang dapat menyerap 20X lebih banyak serum untuk menghidrasi dan melembapkan kulit wajah secara optimal. Dengan pemakaian 15 menit saja, kulit wajah tampak lebih cerah hingga 39%, lebih lembap 49%, dan garis halus tersamarkan hingga 23%. Setelah pemakaian selama satu minggu, kulit wajah tampak lebih muda, cerah, dan terasa kenyal.

Setelah mengetahui kandungan produk skin care untuk kulit kering yang tepat, Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid. Dapatkan produk-produk Revitalift secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.