Skin Care JENIS PENCUCI MUKA UNTUK SETIAP JENIS KULIT

Membersihkan muka adalah dasar dari skincare routine yang Anda lakukan setiap hari, baik pagi maupun malam. Tanpa kulit muka yang bersih dari kotoran, sisa makeup, dan minyak berlebih yang menempel di kulit wajah, maka aplikasi produk-produk skin care menjadi sia-sia karena tidak dapat menyerap ke dalam lapisan kulit. Sama seperti produk skin care lainnya, pilihan produk pencuci muka haruslah sesuai dengan jenis dan kondisi kulit muka Anda agar memberi hasil optimal.

Produk Pencuci Muka yang Sesuai Jenis Kulit

 

Beda jenis kulit membutuhkan pembersih yang berbeda pula, baik dari formula, bahan, maupun teksturnya. Walaupun demikian, ada satu aturan dalam memilih face wash yang bagus, yaitu memiliki formula yang lembut bagi kulit, dapat larut dalam air, serta tidak mengandung bahan-bahan yang membuat kulit kering.


Berikut rekomendasi pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda:

 

  • Kulit normal

Jenis kulit ini umumnya tidak memiliki masalah yang berarti, kecuali sesekali berjerawat. Produksi minyak di kulit muka seimbang, warna kulit merata, dan kulit juga cenderung lembap. Kulit muka tampak mengilap tapi tidak berlebihan. 

Kulit normal tidak membutuhkan pembersih dengan formula dan tekstur khusus. Namun pastikan formulanya ringan dan lembut sehingga tidak menyumbat pori-pori dan kulit muka tetap lembap setelah selesai dibersihkan.


Ditandai dengan produksi minyak berlebih di kulit, muka tampak mengilap, pori-pori tampak besar, serta rentan berkomedo dan berjerawat. Produksi minyak berlebih juga dapat membuat kulit tampak kusam.

Untuk kulit yang berminyak, pembersih yang direkomendasikan adalah yang memiliki tekstur gel atau foam serta memiliki formula yang dapat membersihkan minyak tanpa membuat kulit iritasi. Pembersih untuk kulit berminyak umumnya memiliki kandungan bahan anti-bakteri dan dapat membersihkan pori-pori secara mendalam.


Pemilik kulit kering biasanya merasakan kulit yang mudah gatal, terasa tertarik dan ketat, memiliki tekstur yang kasar serta bersisik. Kulit kering cenderung terlihat kusam dan tidak bercahaya. Kondisi ini diakibatkan minimnya produksi minyak di kulit muka. 

Pencuci muka yang disarankan untuk kulit kering adalah yang dapat membersihkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami di kulit dan merusak skin barrier, serta menghidrasi kulit. Hindari produk pembersih dalam bentuk foam dan pilih yang berbentuk krim atau gel yang melembapkan. 


  • Kulit kombinasi

Jenis kulit ini unik karena berminyak di daerah T (dahi, hidung, dan dagu) serta kering di daerah pipi. Ini membuat munculnya komedo di daerah hidung, sementara kulit daerah pipi terlihat merah-merah atau mengelupas.

Dengan kondisinya, mencari pembersih untuk kulit kombinasi memang tricky. Pilih pembersih dengan formula yang seimbang antara membersihkan dan menghidrasi kulit muka. Pembersih untuk kulit kombinasi biasanya memiliki tekstur gel atau foam yang lembut. 


Pembersih Lembut dengan Kandungan Hyaluronic Acid

 

Untuk Anda pemilik kulit jenis normal, kering, dan kombinasi, kini telah hadir produk pencuci muka terbaru dari L’Oréal Paris yaitu REVITALIFT Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser. Pembersih muka ini memiliki tekstur gel yang lembut sehingga dapat membantu membersihkan kulit muka tanpa membuatnya kering. Tak hanya itu, formulanya juga mengandung hyaluronic acid yang efektif untuk menghidrasi kulit. Selain bersih, segar, dan terhidrasi penuh REVITALIFT Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser juga akan membuat kulit terlihat plumpy dan bercahaya.


Ikuti cara penggunaan REVITALIFT Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser saat membersihkan wajah pagi dan malam hari:

  1. Basahi kulit muka dengan air bersuhu ruang.

  2. Keluarkan gel pencuci muka secukupnya dari kemasan (sekitar 1-1,5 cm) ke telapak tangan, ratakan di kedua telapak tangan.

  3. Usapkan gel di seluruh muka sampai merata. Pastikan mengenai garis batas rambut, daerah rahang bawah, dan bagian bawah telinga. Setelah itu, gunakan jari-jari untuk memijat muka dengan lembut selama 30-60 detik.

  4. Bilas dengan air bersuhu ruang sampai bersih, lalu keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk.


Hindari Kesalahan-kesalahan Berkaitan dengan Mencuci Muka

 

Begitu simpelnya proses mencuci muka, sampai banyak yang tidak mengetahui kalau aktivitas ini juga memiliki aturan-aturan yang sebaiknya tidak dilanggar. Akibatnya, hasil yang Anda harapkan dari perawatan kulit wajah ini tidak optimal. Sering kali Anda akhirnya malah menyalahkan produk pencuci muka padahal sebenarnya lebih kepada penggunaannya yang kurang tepat. Karena itu, coba hindari berbagai kesalahan berikut ini; berlaku untuk semua jenis kulit muka.


  • Tidak mencuci tangan terlebih dahulu

Kesalahan ini sering kali dilakukan oleh banyak orang karena berpikir tangan akan ikut tercuci saat terkena krim atau gel pencuci muka. Padahal tidak begitu. Jika tangan masih kotor saat mencuci muka, maka bakteri atau kuman yang ada di telapak tangan, di sela-sela jari atau di balik kuku dapat berpindah ke wajah dan membuat masalah seperti jerawat.


  • Tidak membersihkan sisa makeup dan sunscreen sebelumnya

Mencuci muka dan membersihkan makeup merupakan dua aktivitas yang berbeda; produk-produknya pun memiliki formula yang berbeda. Umumnya produk pembersih makeup memiliki campuran minyak karena efektif membersihkan sisa makeup dan sunscreen, terutama jika bersifat waterproof. Untuk mendapatkan muka yang bersih optimal, selalu bersihkan sisa makeup dan sunscreen terlebih dahulu, baru kemudian mencuci muka.


  • Mencuci muka terlalu sering

Mencuci muka terlalu sering tidak berarti muka lebih bersih terawat. Hal ini malah dapat membuat kulit muka kehilangan lapisan minyak alaminya dan membuat kelembapan kulit hilang. Jika Anda masih bingung sebaiknya cuci muka berapa kali sehari, cukup dua kali sehari pada pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur, serta saat kulit muka sangat kotor atau setelah berolahraga yang mengeluarkan banyak keringat.


  • Membilas muka menggunakan air panas

Terlalu sering membilas dengan air panas saat mencuci muka akan merusak skin barrier di muka karena minyak alami kulit ikut terbilas dan ikatan protein di skin barrier rusak. Akibatnya, kulit jadi rentan iritasi dan dapat memicu masalah kulit. 

 

Setelah paham tentang cara memilih produk pencuci muka yang sesuai jenis kulit, Anda tentu tak mau sembarang lagi memilihnya. Jika merasa REVITALIFT Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser merupakan pembersih yang tepat bagi Anda, langsung saja beli secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Resize HACLEANSER Pembersih Wajah Tanpa Membuat Kering Min
Caption