Skin Care MASIH BINGUNG SOAL HIDRASI KULIT? INTIP INFORMASI LENGKAPNYA DISINI!

Kalau Anda masih mengira bahwa hidrasi kulit hanya dibutuhkan oleh kulit wajah yang berjenis kering saja, Anda salah besar. Semua jenis kulit membutuhkan hidrasi, terutama setelah memasuki usia 25 tahun saat kulit mulai menjadi kering dan tampak kusam akibat pertambahan usia. Pilihan produk perawatan wajah yang dapat menghidrasi kulit dengan optimal jadi kunci penting untuk menjaga agar kulit tetap tampak muda dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi

Ada perbedaan mendasar antara kulit kering dengan kulit yang mengalami dehidrasi. Kulit kering terjadi akibat kurangnya jumlah minyak alami di permukaan kulit, diakibatkan minimnya produksi minyak di kelenjar sebaceous. Jenis kulit kering biasanya didapatkan secara genetik, tapi bisa juga diakibatkan pengaruh non-genetik seperti pertambahan usia, perawatan kulit wajah yang kurang tepat, serta kondisi lingkungan seperti sering terpapar sinar matahari terik dan sering berada di ruangan ber-AC.   

Sementara itu, kulit dapat mengalami dehidrasi akibat kadar air yang tidak mencukupi di sel-sel kulit dan bisa dialami oleh jenis kulit apapun. Perawatan kulit wajah yang kurang tepat, gaya hidup yang tidak sehat, jarang minum air putih, pola makan yang tidak seimbang, serta kurang istirahat dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Jadi, meskipun kulit wajah Anda normal atau berminyak, bila tidak dirawat dengan baik dan mendapat asupan yang sehat, kulit bisa mengalami dehidrasi.

Secara produk pun, produk penghidrasi dan pelembap berbeda. Produk penghidrasi kulit biasanya mengandung bahan-bahan yang sifatnya humektan, cara kerjanya adalah menyerap air dari udara atau dari dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan air di dalam lapisan kulit serta di permukaan kulit. Sementara pelembap lebih mengarah kepada bahan-bahan yang berjenis oklusif yang melapisi permukaan kulit agar air dari dalam lapisan kulit tidak menguap, serta emolien yang mengisi retakan-retakan di permukaan kulit sehingga kulit terasa lembut dan halus saat disentuh. 

Apakah keduanya dapat digunakan bersamaan? Jawabannya adalah ya. Malah penggunaan produk penghidrasi, misalnya serum wajah, dan produk pelembap, misalnya krim pelembap pagi atau malam, disarankan untuk selalu digunakan berurutan dalam satu rutinitas perawatan kulit.

Manfaat Hidrasi Kulit

Hidrasi kulit adalah mencukupi kebutuhan air di kulit, baik di dalam lapisan kulit maupun di permukaan kulit. Dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah:

  • Kulit terasa lebih kenyal sehingga membuat garis-garis halus dan kerutan di wajah memudar.
  • Kulit terasa lebih segar dan bebas kusam.
  • Mengontrol produksi minyak agar tidak berlebih pada kulit yang berminyak.
  • Jerawat menjadi lebih jarang muncul karena produksi minyak tidak berlebihan. 
  • Kulit tak mudah mengalami rasa gatal dan iritasi.
  • Saat menggunakan produk makeup, foundation akan menempel lebih baik dan tidak akan mudah berubah menjadi lebih gelap setelah bercampur dengan minyak alami kulit yang berlebihan.

Tentu saja harus Anda pahami bahwa hidrasi kulit tidak hanya berupa asupan air saja. Jika kandungan air tidak ‘diikat’ di dalam lapisan kulit, maka air dengan mudah akan menguap lewat pori-pori. Bahkan setelah mandi saja, air dapat dengan mudah menguap akibat lapisan minyak alami kulit yang cenderung terkikis oleh pembersih wajah dan air. Untuk itu, perlu ada senyawa lain yang dapat mengikat air di kulit agar tidak cepat menguap dan hilang dari kulit, seperti hyaluronic acid

Hyaluronic Acid: Bahan Hidrasi Kulit Paling Populer Saat Ini

Hyaluronic acid sebenarnya merupakan senyawa gula yang diproduksi secara alami oleh tubuh manusia dan bisa ditemukan terutama di kulit, sendi, dan mata. Kehebatan dari hyaluronic acid adalah kemampuannya untuk dapat menahan 1.000 kali beratnya di air sehingga dapat menghindari kulit dengan optimal, serta mengikat air di kulit agar tidak mudah menguap lewat pori-pori.  

Sayangnya, produksi hyaluronic acid alami di tubuh mengalami penurunan seiring bertambah usia. Anda bisa merasakannya sendiri, antara lain tekstur kulit yang mulai mengendur, kulit tampak kusam, muncul garis-garis halus dan keriput, serta tanda-tanda lainnya. Jika tidak segera diatasi, maka kulit akan terus mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan masalah kulit bertambah parah. 

Anda perlu memastikan kulit wajah terhidrasi dengan baik karena memiliki kadar hyaluronic acid yang mencukupi. Kabar baiknya, menggunakan produk-produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid dapat menjadi cara menghidrasi kulit wajah. Namun Anda juga dapat mengonsumsi makanan kaya antioksidan, terutama dari buah dan sayuran segar, untuk merangsang tubuh terus memproduksi hyaluronic acid alaminya.

Krim Pelembap untuk Hidrasi Kulit dari L’Oréal Paris

Untuk kulit wajah yang terhidrasi dengan optimal, Anda bisa mendapatkannya dari rangkaian perawatan kulit dari L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid. Kini menghadirkan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream, pelembap untuk pagi hari yang memiliki konsentrasi hyaluronic acid tertinggi di dalam krim. Dengan kekuatan micro hyaluronic acid yang 50X lebih kecil, krim pelembap ini efektif membantu mengembalikan 99% hyaluronic acid alami yang hilang setiap harinya dari kulit wajah.

L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream dapat membantu menghidrasi kulit wajah secara intensif dan menguncinya di lapisan kulit, sehingga kulit kembali menjadi kenyal dan garis-garis halus yang disebabkan oleh ekspresi wajah pun berkurang. Gunakan secara teratur selama dua minggu, garis senyum dapat berkurang hingga 20% dan hidrasi kulit bertambah 27%.

Agar manfaat hidrasi kulit terasa sempurna, gunakan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream bersama produk-produk L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid lainnya:

  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua-Gel Wash

Pembersih wajah dalam bentuk gel yang membersihkan kulit wajah tanpa membuat kulit kering. Kandungan hyaluronic acid membantu membuat kulit menjadi kenyal. Kulit wajah menjadi bersih, segar, terhidrasi, dan tampak muda bercahaya.

  • L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

Hydrating serum dengan kandungan dua jenis hyaluronic acid, yaitu micro hyaluronic acid dan macro hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit wajah secara menyeluruh, baik di dalam lapisan kulit maupun di permukaan kulit. Wajah tampak 42% lebih muda seketika.

  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask

Lengkapi perawatan harian kulit wajah Anda dengan serum mask generasi terbaru. Cukup digunakan selama 15 menit, hidrasi kulit wajah akan menjadi optimal serta garis-garis halus tersamarkan. Gunakan secara rutin tiga kali dalam seminggu.

Untuk mendapatkan manfaat hidrasi kulit dari L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream, Anda bisa langsung mendapatkannya secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce, atau beli langsung di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.