Skin Care

Hiperpigmentasi: Penyebab, Ciri, dan Cara Mengatasi

Hiperpigmentasi adalah salah satu masalah kulit yang sering ditemui oleh banyak orang. Kondisi ini ditandai dengan penggelapan area kulit tertentu yang disebabkan oleh peningkatan produksi melanin. 

Hiperpigmentasi dan Jenisnya
Penyebab Hiperpigmentasi Wajah
Ciri-ciri Hiperpigmentasi Wajah
Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Wajah

Pada artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan lengkap tentang hiperpigmentasi, jenis-jenisnya, penyebabnya, ciri-ciri, cara mengatasinya, serta rekomendasi produk dari L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% Melasyl™ + Niacinamide + Glycolic Acid yang efektif dalam mengurangi produksi melanin yang berlebihan.

Hiperpigmentasi dan Jenisnya 

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana kulit mengalami penggelapan yang tidak merata akibat produksi melanin yang berlebihan. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. Produksi melanin yang berlebihan dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti paparan sinar UV, inflamasi, atau perubahan hormon. Jenis-jenis hiperpigmentasi antara lain: 

  • Melasma 

Jenis hiperpigmentasi ini biasa terjadi pada wanita hamil atau yang mengonsumsi pil KB, melasma ditandai dengan bercak cokelat yang muncul di wajah. 

  • Lentigo 

Bercak cokelat kecil yang muncul akibat penuaan atau paparan sinar matahari berlebihan, sering disebut sebagai age spots atau liver spots. 

  • Hiperpigmentasi Post-Inflamasi 

Jenis hiperpigmentasi ini muncul setelah luka atau inflamasi pada kulit, seperti jerawat atau eczema, sembuh dan meninggalkan bekas gelap.

Baca juga: 5 PENYEBAB FLEK HITAM DI WAJAH DAN CARA MENGATASINYA

 

Penyebab Hiperpigmentasi Wajah 

Penyebab hiperpigmentasi wajah sangat beragam dan bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal. Berikut adalah beberapa penyebab utama: 

  • Paparan Sinar UV

     Sinar matahari merangsang produksi melanin sebagai mekanisme pertahanan kulit. Paparan yang berlebihan tanpa perlindungan dapat menyebabkan hiperpigmentasi. 
  • Perubahan Hormon

     Perubahan hormon, terutama pada wanita hamil atau yang mengonsumsi pil KB, dapat memicu produksi melanin yang berlebihan. 
  • Inflamasi Kulit 

     Luka atau inflamasi pada kulit seperti jerawat yang parah dapat meninggalkan bekas gelap setelah sembuh. 
  • Faktor Genetik

     Berikutnya, penyebab hiperpigmentasi bisa terjadi karena adanya faktor genetik atau keturunan dari orang tua. 
  • Penggunaan Produk Kosmetik yang Tidak Tepat

     Produk yang mengandung bahan keras atau yang tidak cocok dengan jenis kulit bisa menyebabkan iritasi dan hiperpigmentasi.

 

Ciri-ciri Hiperpigmentasi Wajah 

Ciri-ciri hiperpigmentasi wajah bervariasi tergantung pada jenis dan penyebabnya. Namun, ada beberapa tanda umum yang bisa kamu perhatikan: 

  • Bercak Gelap

     Area kulit yang lebih gelap dari sekitarnya, sering kali berbentuk tidak beraturan. 
  • Perubahan Warna Kulit yang Tidak Merata

     Warna kulit menjadi tidak rata, dengan adanya area yang lebih gelap. 
  • Noda yang Bertahan Lama

     Bercak gelap yang tidak hilang meskipun telah menggunakan berbagai perawatan kulit. 
  • Terasa Kasar atau Bersisik

     Area yang hiperpigmentasi kadang terasa lebih kasar dibandingkan kulit di sekitarnya.

 

5 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Wajah 

Untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit wajah, ada beberapa cara yang bisa kamu coba: 

1. Menggunakan Sunscreen 

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan rutin menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi. 

2. Mengaplikasikan Produk dengan Bahan Aktif  

Produk yang mengandung bahan aktif seperti retinoid, vitamin C, atau asam glikolat dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Tapi, produk dengan bahan aktif Melasyl™ akan jauh lebih ampuh dibandingkan bahan aktif lainnya! Salah satunya adalah L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% Melasyl™ + Niacinamide + Glycolic Acid.  

3. Perawatan di Klinik  

Perawatan seperti laser, chemical peel, atau mikrodermabrasi bisa efektif dalam mengatasi hiperpigmentasi. 

4. Menghindari Produk yang Mengiritasi  

Hindari produk kosmetik yang dapat menyebabkan iritasi dan memperparah hiperpigmentasi. 

5. Menggunakan L’Oreal Paris Glycolic Bright MelasylTM serum 

Produk ini mengandung bahan aktif yang telah terbukti efektif dalam mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit dengan cepat. Melasyl™ merupakan bahan aktif yang sudah teruji secara klinis sebagai skincare brightening terbaik! 

Baca juga: Apa Itu Melasyl™? Cek Manfaat dan Rekomendasi Skincare Melasyl™ di Sini!

Rekomendasi Produk L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% Melasyl™ + Niacinamide + Glycolic Acid untuk Mengatasi Produksi Melanin yang Dapat Menyebabkan Hiperpigmentasi 

Produk L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% Melasyl™ + Niacinamide + Glycolic Acid adalah salah satu solusi efektif untuk mengatasi produksi melanin yang berlebihan dan hiperpigmentasi kulit wajah. Berikut adalah beberapa keunggulan produk ini: 

  • Mengandung Melasyl™

    Bahan aktif yang telah melalui penelitian selama 18 tahun, terbukti efektif dalam mengatasi berbagai jenis noda hitam. Bahkan bahan aktif ini juga lebih ampuh dibandingkan Niacinamide dan Vitamin C dalam mencerahkan dan menyamarkan noda hitam! 
  • Kombinasi Triple Threat Actives 

     Mengandung 8% Melasyl™, Glycolic, dan Niacinamide yang bekerja dari akar untuk memecah siklus noda hitam. 
  • Aman dan Lembut untuk Kulit

     Produk ini dirancang untuk semua jenis kulit dan usia, dengan hasil yang cepat dan signifikan tanpa menyebabkan iritasi. 

Produk L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% Melasyl™ + Niacinamide + Glycolic Acid tidak hanya membantu mengatasi hiperpigmentasi, tetapi juga memperbaiki tekstur dan warna kulit secara keseluruhan, menjadikannya lebih cerah dan bercahaya. 

Menggunakan produk L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% Melasyl™ + Niacinamide + Glycolic Acid secara rutin dan menjaga perlindungan kulit dari faktor eksternal, kamu bisa mengatasi hiperpigmentasi dan mendapatkan kulit yang lebih sehat dan merata. Jangan ragu untuk mencoba dan rasakan manfaatnya sendiri! 

Intinya, hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang umum namun bisa diatasi dengan perawatan yang tepat. Mengetahui penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasi hiperpigmentasi adalah langkah pertama menuju kulit yang lebih sehat dan cerah.  

Produk seperti Glyco Melasyl™ menawarkan solusi efektif untuk mengurangi produksi melanin dan memperbaiki hiperpigmentasi. Kamu bisa membeli L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% Melasyl™ + Niacinamide + Glycolic Acid di toko-toko kosmetik terdekat atau melalui toko online resmi L'Oréal Paris di e-commerce. Pastikan kamu membeli produk asli untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari solusi untuk masalah hiperpigmentasi wajah, ya! 

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/hiperpigmentasi-dan-cara-mengatasinya" }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "Thing", "subjectOf": { "@type": "ItemList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/5-cara-mencerahkan-kulit-wajah-secara-alami", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/5 cara mencerahkan kulit wajah secara alami", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-18T11.04.18+00:00", "dateModified": "2023-10-18T11.05.22+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Tinggal di negara tropis, terik matahari berisiko membuat kulit menjadi kusam, terutama di area wajah. Tak heran, banyak wanita Indonesia terus berusaha menemukan cara mencerahkan kulit wajah, kalau bisa secara alami." } }, { "@type":"ListItem", "position": 2, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/cara-mencerahkan-wajah-dan-merawatnya-dengan-sheet-mask", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/cara mencerahkan wajah dan merawatnya dengan sheet mask", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-20T17.12.59+00:00", "dateModified": "2023-10-20T17.13.34+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Dalam beberapa tahun terakhir, sheet mask telah menjadi andalan para wanita di dunia sebagai cara mencerahkan wajah dan melembapkan kulit dengan instan^. Cukup memakai sheet mask 15-20 menit saja lalu dilanjutkan dengan memijat wajah untuk penyerapan sisa serum, kulit wajah yang kusam langsung terlihat cerah dan berkilau juga terasa lembap dan lembut. " } }, { "@type":"ListItem", "position": 3, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/3-manfaat-masker-untuk-mencerahkan-wajah-kusam", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/3 manfaat masker untuk mencerahkan wajah kusam", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-11-20T03.41.54+00:00", "dateModified": "2023-11-20T03.42.32+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat wajah terlihat kusam, langsung gunakan saja masker untuk mencerahkan wajah kusam dan dapatkan berbagai manfaatnya." } }, { "@type":"ListItem", "position": 4, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/selain-mencerahkan-ini-5-manfaat-niacinamide-lainnya", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/selain mencerahkan ini 5 manfaat niacinamide lainnya", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2022-06-21T09.50.32+00:00", "dateModified": "2023-10-19T04.14.52+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Inovasi di dunia kecantikan dan perawatan kulit tak pernah berhenti. Pada setiap masa, selalu ada bahan-bahan aktif yang menjadi tren karena terbukti efektivitasnya dalam merawat kulit wajah. Sejak tahun lalu, niacinamide menjadi salah satunya. Berbagai manfaat niacinamide yang memberi hasil nyata saat dijadikan kandungan produk perawatan kulit wajah membuatnya menjadi bahan aktif favorit yang banyak dicari." } }, { "@type":"ListItem", "position": 5, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/selain-mencerahkan-ini-5-manfaat-niacinamide-lainnya", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/selain mencerahkan ini 5 manfaat niacinamide lainnya", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2021-11-01T12.07.11+00:00", "dateModified": "2022-01-06T15.00.48+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Inovasi di dunia kecantikan dan perawatan kulit tak pernah berhenti. Pada setiap masa, selalu ada bahan-bahan aktif yang menjadi tren karena terbukti efektivitasnya dalam merawat kulit wajah. Sejak tahun lalu, niacinamide menjadi salah satunya. Berbagai manfaat niacinamide yang memberi hasil nyata saat dijadikan kandungan produk perawatan kulit wajah membuatnya menjadi bahan aktif favorit yang banyak dicari." } }, { "@type":"ListItem", "position": 6, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/rahasia-skincare-untuk-mencerahkan-wajah", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/rahasia skincare untuk mencerahkan wajah", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-20T18.02.02+00:00", "dateModified": "2023-10-20T18.03.04+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat kulit wajah terlihat kusam, wajar jika Anda merasa kurang percaya diri. Untungnya, membuat wajah tampak cerah bisa dilakukan dengan cepat menggunakan produk skincare mencerahkan wajah. Masukkan perawatan ini dalam ritual harian kecantikan Anda setiap hari untuk hasil yang optimal, diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Lantas, seperti apa cara kerja skincare mencerahkan wajah dan menghilangkan kusam?" } } ] } }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "item": { "@id": "/", "name": "Home" } } , { "@type":"ListItem", "position": 2, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine", "name": "Beauty Magazine" } } , { "@type":"ListItem", "position": 3, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/skin-care", "name": "Beauty Magazine Skin Care" } } , { "@type":"ListItem", "position": 4, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/hiperpigmentasi-dan-cara-mengatasinya", "name": "beauty magazine/hiperpigmentasi dan cara mengatasinya" } } ] }