FAKTOR PENYEBAB KULIT KERING YANG JARANG DIKETAHUI

Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa jenis kulit wajah ditentukan secara genetik. Jadi jika kulit wajah Anda berjenis kering, maka salah satu dari orang tua juga saudara kandung Anda juga memiliki jenis kulit wajah yang kering. Namun secara sementara, jenis kulit wajah dapat berubah karena faktor-faktor tertentu. Penyebab kulit kering misalnya, bisa berupa dehidrasi, usia, dan rusaknya skin barrier. Mengetahui jenis kulit wajah Anda serta kondisinya dengan mendalam dapat membantu untuk menentukan perawatan yang tepat.

Seperti Apa Kulit Wajah yang Kering?

Untuk kulit wajah yang berjenis kering secara genetik, mungkin Anda terbiasa dengan kondisi kulit wajah yang seperti tidak memiliki minyak alami. Penyebab kulit kering ini adalah produksi minyak alami yang hanya sedikit di kelenjar sebaceous. Selain itu, kulit kering juga tampak halus dengan pori-pori yang tampak samar karena sedikit sekali minyak yang mengisi pori-pori. Jenis kulit ini juga jarang berjerawat karena hampir tidak ada minyak di wajah yang berpotensi menyumbat pori-pori serta menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Karena produksi minyak yang hanya sedikit di kulit, maka kulit wajah Anda nyaris tidak memiliki pelembap alami. Anda akan sering merasakan kulit wajah seperti tertarik, ketat, dan kadang-kadang terasa gatal. Walau kulit terlihat halus, tapi saat disentuh, kulit akan terasa kasar bahkan bersisik. Kulit kering yang tidak terawat dengan baik juga membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih awal, terutama garis-garis halus dan kerutan. Secara keseluruhan, kulit wajah juga cenderung tampak kusam dan tidak segar. 

Selain Genetik, Ini Penyebab Kulit Kering Lainnya

Penyebab utama Anda memiliki jenis kulit wajah yang kering adalah genetik. Kondisi ini tak dapat diubah, tapi kulit wajah dapat Anda rawat dengan baik sehingga kondisinya tetap sehat dan tidak muncul masalah. Selain genetik, ada juga yang faktor-faktor lain yang menjadi penyebab kulit kering. Berikut beberapa penyebab kulit kering dan cara mengatasinya.

  • Dehidrasi

Ketika kebutuhan air di kulit tidak terpenuhi dengan baik, maka sel-sel kulit akan mengalami dehidrasi. Padahal, salah satu kunci kulit yang lembap adalah hidrasi yang baik. Jika kadar air dalam kulit terjaga, maka kulit wajah akan menjadi lebih lembap, kenyal, dan awet muda. Sebaliknya, jika kulit mengalami dehidrasi, maka kulit wajah akan menjadi kering, tampak kusam, mudah meradang, dan wajah Anda tampak menua.

Di antara penyebab kulit kering dan dehidrasi adalah gaya hidup yang tidak sehat. Rutin mengonsumsi minuman beralkohol, terlalu banyak mengonsumsi kafein, merokok, dan kurang tidur dapat menjadi penyebab kulit yang dehidrasi. Asupan cairan tubuh yang tidak mencukupi, baik dari air putih maupun dari konsumsi sayuran dan buah-buahan, juga akan memicu dehidrasi. Mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, menghentikan kebiasaan buruk, minum air putih yang cukup, serta pola makan yang sehat menjadi solusi untuk kulit yang dehidrasi.

  • Skin barrier yang rusak

Salah satu tanda bahwa skin barrier di kulit wajah Anda rusak adalah kulit yang kering. Saat skin barrier rusak, kulit wajah Anda kehilangan kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kandungan air di kulit dengan mudah menguap ke udara. Selain itu, agresor lingkungan seperti sinar UV dari matahari, partikel polusi, dan radikal bebas akan dengan mudah memapar kulit wajah, membuat kulit iritasi, meradang, bahkan infeksi. 

Penggunaan produk-produk skincare yang tepat dapat membantu memperbaiki skin barrier yang rusak yang merupakan penyebab kulit kering. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa beberapa varian face oil dari tumbuhan dapat membantu memperbaiki skin barrier dan mencegah kulit wajah kehilangan kelembapannya. Selain itu, penggunaan produk skin care dengan kandungan bahan-bahan yang sama dengan yang terdapat dalam skin barrier dapat membantu memperbaiki dan menguatkan skin barrier, seperti ceramide dan NMF (natural moisturizing factors).

  • Pertambahan usia

Saat usia bertambah, kulit cenderung menjadi lebih kering karena berkurangnya produksi minyak. Ini akan semakin terasa saat usia 40 tahun ke atas, apalagi saat mendekati menopause. Bagi perempuan, berkurangnya produksi minyak erat hubungannya dengan perubahan hormon yang terjadi menjelang menopause.

Proses ini berlangsung secara alami dan tidak dapat dicegah, tapi dapat ditunda dengan penggunaan produk-produk skin care khusus anti-aging. Formula produk-produk ini biasanya membantu menghidrasi kulit, menjaga kelembapan, serta mengatasi masalah penuaan kulit seperti kerutan, noda hitam, dan kulit yang kendur.  

Rangkaian Skin Care untuk Kulit Kering dari L’Oréal Paris

Penggunaan produk-produk skin care merupakan cara mengatasi penyebab kulit kering yang efektif, tentunya yang khusus untuk merawat kulit kering karena memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. 

Anda dapat mencoba rangkaian produk L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid yang cocok untuk merawat kulit wajah kering, termasuk solusi dari penyebab kulit kering dan keriput di usia muda. Semua produk di rangkaian ini mengandung macro hyaluronic acid yang menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif, serta micro hyaluronic acid yang dapat terserap lebih dalam ke lapisan epidermis untuk membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit kenyal, halus, dan bercahaya.

Rangkaian Skin Care untuk Kulit Kering dari L’Oréal Paris

Penggunaan produk-produk skin care merupakan cara mengatasi penyebab kulit kering yang efektif, tentunya yang khusus untuk merawat kulit kering karena memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. 

Anda dapat mencoba rangkaian produk L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid yang cocok untuk merawat kulit wajah kering, termasuk solusi dari penyebab kulit kering dan keriput di usia muda. Semua produk di rangkaian ini mengandung macro hyaluronic acid yang menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif, serta micro hyaluronic acid yang dapat terserap lebih dalam ke lapisan epidermis untuk membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit kenyal, halus, dan bercahaya.

  1. L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua Gel Wash. Membantu membersihkan wajah tanpa membuat kulit wajah terasa kering, serta membantu membuat kulit wajah terasa segar, terhidrasi, kenyal, dan tampak muda bercahaya berkat kandungan hyaluronic acid.
  2. L'Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum. Hydrating serum ini mengandung konsentrasi 0,5% macro hyaluronic acid dan 1% micro hyaluronic acid yang membantu menghidrasi kulit wajah secara instan sampai 42% dan membuat kulit wajah 42% lebih cerah seketika. Tersedia dalam kemasan ukuran 30 ml dan 15 ml.
  3. L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask. Masker wajah ini berupa lembaran sheet mask yang terbuat dari algae extract dan serum hyaluronic acid yang dikemas terpisah. Dengan pemakaian 15 menit saja, kulit wajah tampak lebih cerah hingga 39%, lebih lembap 49%, dan garis halus tersamarkan hingga 23%. Setelah pemakaian selama satu minggu, kulit wajah tampak lebih muda, cerah, dan terasa kenyal. Gunakan tiga kali seminggu sebagai pelengkap perawatan harian.
  4. L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream. Krim pelembap ini membantu menghidrasi kulit wajah secara intens dan menguncinya di lapisan kulit, sehingga kulit kembali menjadi kenyal dan garis-garis halus yang disebabkan oleh ekspresi wajah pun berkurang. Dengan penggunaan teratur selama dua minggu, garis senyum berkurang 20% dan hidrasi kulit bertambah 27%.

Jadikan rangkaian produk L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid untuk mengatasi berbagai penyebab kulit kering. Anda bisa mendapatkannya secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

REVITALIFT HA SERUM
Caption