101 KULIT KOMBINASI: CARA ENGETAHUI DAN TIPS PERAWATAN

Merawat kulit kombinasi bisa menjadi tantangan tersendiri. Bagian yang membingungkan adalah memilih produk dan langkah perawatan yang tepat untuk kulit wajah Anda. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tidak tepat, maka kulit wajah Anda berpotensi untuk muncul masalah. Misalnya, bagian wajah yang kering menjadi lebih kering, sementara bagian yang berminyak menjadi semakin berminyak. Karena itu, Anda harus terlebih dahulu memahami produk serta langkah perawatan kulit apa yang cocok untuk jenis kulit ini.

Cara Mengenali Kulit Kombinasi

 

Sebelum mencari cara tepat dalam perawatan kulit kombinasi, Anda perlu tahu ciri-cirinya terlebih dahulu. Kulit kombinasi adalah kulit wajah yang berminyak hanya di T-zone (dahi, hidung, dan dagu) dan kering di bagian wajah lainnya. Untuk lebih pastinya, berikut cara mengetahui jika kulit wajah Anda berjenis kombinasi.

 

  • Setelah Anda selesai mencuci wajah, tunggu sekitar 20 menit lalu perhatikan kulit wajah. Anda akan melihat minyak di bagian tertentu dari wajah dan kering di bagian lain.

  • Saat Anda menggunakan pelembap biasa, daerah sekitar pipi terasa nyaman, namun T-zone Anda terlihat berminyak dan terasa licin saat disentuh.

  • Saat diperhatikan dengan seksama, pori-pori di hidung Anda terlihat lebih besar daripada pori-pori di pipi dan rahang.

  • Kulit wajah Anda dapat berjerawat dan kering mengelupas pada saat yang bersamaan.

  • Saat cuaca panas, T-Zone Anda cenderung tampak mengilap lebih cepat dari biasanya menjelang tengah hari. Sedangkan saat cuaca cenderung dingin, kulit sekitar rahang dan pipi terasa sangat kering dan tidak nyaman.


Menjaga Keseimbangan Kulit Kombinasi dengan Menghidrasinya 

 

Pada tipe kulit kombinasi, kunci untuk mendapatkan wajah sehat adalah dengan menjaga keseimbangannya. Karena itu, Anda perlu memastikan kulit terhidrasi dengan baik sehingga kondisi kulit tetap lembap. Pentingnya menjaga hidrasi kulit pada kulit wajah jenis kombinasi adalah membantu menyeimbangkan kondisi kulit sehingga baik area yang berminyak maupun kering tetap nyaman dan sehat. 


Untuk menjaga hidrasi kulit kombinasi Anda, kandungan bahan aktif seperti hyaluronic acid merupakan pilihan yang tepat. Hyaluronic acid merupakan kandungan pelembap yang bersifat humektan, sehingga dapat menarik molekul-molekul air dari udara atau dari dalam tubuh untuk memastikan kadar air di lapisan epidermis dan permukaan kulit terjaga agar kulit tetap lembap. Karena manfaatnya ini, hyaluronic acid cocok digunakan untuk kulit kering, berminyak, bahkan kulit sensitif.


Hyaluronic acid ukuran mikro, molekulnya dapat menyerap jauh ke dalam lapisan epidermis kulit dan menarik air dari dalam tubuh untuk menghidrasi kulit. Sementara yang ukuran makro, molekulnya menghidrasi permukaan kulit dengan menarik air dari udara dan mengikatnya agar tidak mudah menguap. Hyaluronic acid dapat menahan sampai 1.000 kali beratnya dalam air. Tambahkan produk dengan kandungan hyaluronic acid di rangkaian perawatan kulit wajah untuk menjaga keseimbangan dan kelembapan kulit. 


Langkah Perawatan dengan Produk Terbaik

 

Merawat kulit kombinasi memang cukup membingungkan, tapi bukannya tidak mungkin merawat kulit kering dan berminyak menggunakan produk yang sama. Untuk tahu perawatan kulit kombinasi seperti apa, ini langkah-langkah perawatan yang bisa Anda terapkan:


  • Membersihkan secara menyeluruh

 

Rutinitas perawatan kulit Anda harus dimulai dengan pembersih yang ringan, lembut, dan larut dalam air. Ada baiknya jika Anda memilih produk yang memiliki tekstur ringan serta mengandung bahan aktif yang menghidrasi dan melembapkan. L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser diperkaya dengan hyaluronic acid, yang dapat menjadikan kulit terasa elastis dan kenyal. Dengan busa lembut dan halus yang dapat membersihkan pori dan membersihkan kotoran secara menyeluruh. 


Jika Anda menggunakan make up, maka terlebih dahulu Anda harus membersihkan sisa make up menggunakan L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water. Dilengkapi dengan 5X deep cleansing power untuk mengangkat 5 tipe kotoran penyumbat pori, yaitu partikel polusi (PM 2,5), sisa make up, debu, sebum, dan minyak. Anda bisa menggunakan micellar water ini sendiri atau sebagai pembersih pertama saat melakukan double cleansing.


  • Mengembalikan hidrasi alami kulit

 

Setelah kulit wajah bersih optimal, Anda bisa mulai menghidrasi kulit wajah dengan toner atau essence. Produk yang tepat untuk kulit kombinasi harus mengandung bahan aktif yang menghidrasi sehingga kulit tetap lembap dan tidak berminyak pada saat bersamaan.


Revitalift Crystal Micro Essence adalah produk essence favorit dari L’Oréal Paris untuk membantu kulit wajah tampak sebening kristal. Micronized technology ditambah dengan tekstur ringan membuat esens ini cepat menyerap hingga 10 lapisan dan melembapkannya.


Setelah itu, lanjutkan langkah perawatan dengan penggunaan serum yang memiliki kemampuan menghidrasi kulit wajah, yaitu L’Oréal Paris Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum.  Formulanya mengandung konsentrasi tinggi hyaluronic acid ukuran mikro dan makro, sehingga dengan pemakaian rutin, kulit wajah menjadi lebih lembap, kenyal, dan tampak lebih muda.


  • Jaga kelembapan kulit kombinasi dan beri proteksi

 

Kulit yang telah mendapatkan hidrasi harus dijaga agar kadar hidrasinya tak berkurang sehingga kulit tetap lembap. Untuk itu, Anda bisa menggunakan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream yang memiliki kandungan micro hyaluronic acid 50X lebih kecil untuk menghidrasi kulit dengan optimal agar kulit lembap bertahan lebih lama. Formulanya tidak lengket dan terasa nyaman sehingga cocok dijadikan sebagai moisturizer untuk kulit kombinasi.


Tutup rutinitas perawatan wajah pagi hari dengan aplikasi L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector – Bright & Clear. Sunscreen dengan kadar perlindungan optimal SPF 50+ PA++++ ini dilengkapi dengan Brightening Niacinamide untuk kulit tampak cerah seketika dan terlindungi dari sinar UV. Dengan menjaga kelembapan dan memberi proteksi pada kulit akan memastikan kulit tetap sehat dan terjaga keseimbangannya.


Tambahkan Perawatan Berkala

 

Selain melakukan rutinitas perawatan kulit sehari-hari, Anda juga perlu menambahkan perawatan berkala yang dilakukan 2-3 kali seminggu sesuai kebutuhan kulit kombinasi. Salah satunya adalah eksfoliasi. Untuk kulit kombinasi, eksfoliator BHA yang lembut adalah pilihan yang tepat karena dapat menghaluskan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan sampai ke pori-pori, mengontrol produksi minyak, dan menjaga kulit wajah tetap sehat. Lakukan eksfoliasi seminggu dua kali untuk hasil yang optimal.


Perawatan berkala lainnya yang juga penting untuk kulit wajah kombinasi adalah masker wajah. L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Fresh Mix Mask bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kulit kombinasi. Masker wajah generasi terbaru ini membantu melawan tanda penuaan dini dengan konsentrasi tertinggi hyaluronic acid dan kesegaran saat serum masker dipakai. Sheet mask ini mampu menghidrasi secara maksimal dan menyehatkan kulit wajah Anda. 

 

Melakukan perawatan dengan produk yang tepat menjadikan kulit kombinasi Anda tetap lembap dan sehat. Temukan rangkaian produk L’Oréal  Paris Revitalift yang direkomendasikan di atas secara online di website  L’Oréal Paris Indonesia atau di official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.